Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LOGIKA DAN PEMROGRAMAN KOMPUTER Wayan Nata Septiadi, ST MATLAB.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LOGIKA DAN PEMROGRAMAN KOMPUTER Wayan Nata Septiadi, ST MATLAB."— Transcript presentasi:

1 LOGIKA DAN PEMROGRAMAN KOMPUTER Wayan Nata Septiadi, ST MATLAB

2 Copyright  by The MathWorks, Inc. 2 MATLAB and HDF-EOS RUANG KERJA MATLAB LOGIKA & PEMROGRAMAN KOMPUTER

3 Copyright  by The MathWorks, Inc. 3 MATLAB and HDF-EOS RUANG KERJA MATLAB  MATLAB membuat beberapa jendela pada monitor  Jendela Commad merupakan tempat interaksi utama MATLAB  MATLAB mengingat perintah-perintah yang diberikan dan nilai-nilai dari variabel yang dibuat  Perintah dan variabel itu dikatakan tinggal dalam Ruang Kerja MATLAB, dan dapat dipanggil kapanpun dikehendaki  Contoh: untuk mencek nilai tape, satu-satunya yang dikerjakan adalah dengan mengetih kata itu LOGIKA & PEMROGRAMAN KOMPUTER

4 Copyright  by The MathWorks, Inc. 4 MATLAB and HDF-EOS RUANG KERJA MATLAB LOGIKA & PEMROGRAMAN KOMPUTER  Perintah who akan menampilkan daftar variabel- variabel yang telah digunakan  Untuk menampilkan perintah sebelumnya gunakan panah atas (  ) atau bawah (  ) >> who Your variables are: ans erasers pads cost items tape >> tape tape = 2

5 Copyright  by The MathWorks, Inc. 5 MATLAB and HDF-EOS KONSTANTA DAN VARIABEL LOGIKA & PEMROGRAMAN KOMPUTER Aturan Penamaan Variabel Catatan dan Contoh Nama variabel dibedakan antara huruf kecil dan huruf kapital Items, items, itEms dan ITEMS semuanya adalah variabel yang berbeda Panjang maksimal nama variabel adalah 31 karakter dan karakter setelah karakter ke-31 diabaikan konstantakesetimbanganuapdanc air Nama variabel harus diawali dengan huruf, diikuti dengan sembarang bilangan, huruf, atau garis bawah. Karakter-karakter tanda baca tidak diperbolehkan karena banyak di antaranya mempunyai arti tersendiri dalam MATLAB Konstanta_kesetimbangan_uap_c air_233 A_1 _ba_ta_tsa

6 Copyright  by The MathWorks, Inc. 6 MATLAB and HDF-EOS LOGIKA & PEMROGRAMAN KOMPUTER VARIABEL KHUSUS Variabel Khusus Nilai ans Untuk hasil apapun pi Perbandingan antara keliling lingkaran dengan garis tengahnya eps Bilangan terkecil sedemikian rupa sehingga bila ditambahkan pada satu, menghasilkan bilangan lebih besar dari satu pada suatu komputer flops Jumlah operasi floating point inf Tak berhingga, misalnya 1/0 Nan atau nan Bukan suatu bilangan, misalnya 0/0 i dan j i=j=  -1 nargin Jumlah argumen input suatu fungsi nargout Jumlah argumen output suatu fungsi realmin Bilangan real positif terkecil yang dapat digunakan realmax Bilangan real positif terbesar yang dapat digunakan

7 Copyright  by The MathWorks, Inc. 7 MATLAB and HDF-EOS LOGIKA & PEMROGRAMAN KOMPUTER  Jika telah membuat beberapa variabel, mungkin ingin mengubah nilai dari suatu variabel, misal: erasers=4 menjadi =6  Nilai items jika dipanggil kembali tidak berubah, tapi jika dilakukan perhitungan kembali, akan berubah  Saat MATLAB melakukan perhitungan, ia mengerjakannya dengan nilai-nilai yang diketahuinya pada saat suatu perhitungan dikerjakan.  Harus dihindari pendefinisian kembali variabel-variabel kecuali jika benar- benar perlu  Untuk menghapus variabel gunakan perintah clear >> erasers=4; >> pads=6; >> tape=2; >> items=erasers+pads+tape items = 12 >> erasers=6; >> items items = 12 >> items=erasers+pads+tape items = 14 PERUBAHAN NIALI VARIABEL

8 Copyright  by The MathWorks, Inc. 8 MATLAB and HDF-EOS Komentar dan Tanda Baca LOGIKA & PEMROGRAMAN KOMPUTER  Semua teks sesudah tanda persen (%) dianggap sebagai pernyataan komentar dan tidak dilakukan perhitungan apapun  Komentar diperlukan untuk memudahkan kita berkomunikasi dengan apa yang kita tulis >> erasers=6 % Jumlah penghapus erasers = 6

9 Copyright  by The MathWorks, Inc. 9 MATLAB and HDF-EOS Ragam Cara Penulisan LOGIKA & PEMROGRAMAN KOMPUTER  Beberapa perintah dapat diletakkan pada baris yang sama dengan dipisahkan oleh koma atau titik koma  Tanda koma memberitahu MATLAB untuk menampilkan hasil, titik koma mencegah penampilan hasil  Deretan tiga titik (…) memberitahu MATLAB bahwa lanjutan pernyataan terdapat di baris berikutnya  Pelanjutan pernyataan tersebut terjadi jika deretan tiga titik terdapat di antara nama variabel atau operator, artinya, nama variabel tidak dapat dipisah menjadi dua baris  Untuk menginterupsi MATLAB setiap saat dengan menekan Ctrl-C >> erasers=4, pads=6; tape=2 erasers = 4 tape = 2 >> average_cost=cost/... items average_cost = e+003

10 Copyright  by The MathWorks, Inc. 10 MATLAB and HDF-EOS Bilangan Kompleks  Salah satu kehebatan MATLAB adalah bahwa ia tidak memerlukan penanganan khusus untuk bilangan kompleks  Bilangan kompleks disimpan dalam beberapa cara  Penghentian dengan i atau j hanya berlaku bagi konstanta numerik (2i atau 2j), bukan untuk ekspresi (sin(.5)i tidak dikenal, harus ditulis sin(.5)*i) >> c1=1-2i % huruf i menunjukkan bagian imajiner c1 = i >> c1-2j % j menunjukkan hal yang sama ans = i >> c2=3*(2-sqrt(-1)*3) c2 = i >> c4=+sin(.5)*i c4 = i LOGIKA & PEMROGRAMAN KOMPUTER

11 Copyright  by The MathWorks, Inc. 11 MATLAB and HDF-EOS Operasi Matematika pada Bilangan Kompleks LOGIKA & PEMROGRAMAN KOMPUTER  Ditulis dengan cara yang sama seperti menulis operasi pada bilangan real  Operasi pada bilangan kompleks akan menghasilkan bilangan kompleks  Perintah real dan imag digunakan untuk mengambil bagian real saja atau imajiner saja >> c6=(c3+c4)/c5 c6 = i >> c7=i^3 c7 = i >> realc6=real(c6) realc6 = 0 >> imagc6=imag(c6) imagc6 =

12 Copyright  by The MathWorks, Inc. 12 MATLAB and HDF-EOS Bentuk Polar dan Reactangular LOGIKA & PEMROGRAMAN KOMPUTER  Perhatikan identitas Euler (dibaca Oiler) yang menghubungkan bentuk polar bilangan kompleks ke bentuk reactangular-nya: M   M. e j  = a + bi dengan bentuk polar diberikan oleh besarnya M dan sudut , sedangkan pada bentuk rectangular diberikan dengan a + bi.

13 Copyright  by The MathWorks, Inc. 13 MATLAB and HDF-EOS Bentuk Polar dan Reactangular  Hubungan antara bentuk-bentuk itu adalah M =  (a 2 + b 2 )  = tan -1 (b/a) a = M.cos  b = M. sin  >> c1=1-2i c1 = i >> mag_c1=abs(c1) mag_c1 = >> deg_c1=angle(c1)*180/pi deg_c1 = LOGIKA & PEMROGRAMAN KOMPUTER

14 Copyright  by The MathWorks, Inc. 14 MATLAB and HDF-EOS Bidang S  Bilangan kompleks: s = a ± bi s1 = a + bi s2 = a - bi  M imajiner s1 s2 real LOGIKA & PEMROGRAMAN KOMPUTER

15 Copyright  by The MathWorks, Inc. 15 MATLAB and HDF-EOS Funsi Umum Matematika Fungsi-fungsi Umum abs(x) Harga mutlak atau besarnya bilangan kompleks acos(x) Invers cosinus acosh(x) Invers cosinus hiperbolik angle(x) Sudut suatu bilangan kompleks pada empat kuadran ceil(x) Pembulatan ke arah plus tak berhingga conj(x) Konjugat bilangan kompleks exp(x) Eksponensial: e x fix(x) Pembulatan ke arah nol LOGIKA & PEMROGRAMAN KOMPUTER

16 Copyright  by The MathWorks, Inc. 16 MATLAB and HDF-EOS Fungsi Umum Matematika LOGIKA & PEMROGRAMAN KOMPUTER floor(x) Pembulatan ke arah minus tak berhingga gcd(x) Faktor persekutuan terbesar bilangan bulat x dan y lcm(x) Faktor persekutuan terkecil bilangan bulat x dan y log(x) Logaritma natural (ln) log10(x) Logaritma biasa rem(x) Sisa pembagian; rem(x,y) menghasilkan sisa pembagian x/y round(x) Pembulatan ke arah bilangan bulat terdekat sign(x) Menghasilkan tanda dari argumen: sign(1.2)=1, sign(- 23.1)=-1, sign(0)=0

17 Copyright  by The MathWorks, Inc. 17 MATLAB and HDF-EOS Contoh >> 4*atan(1) % suatu cara untuk mendekati pi ans = >> help atan2 % untuk menampilkan help fungsi atan2 ATAN2 Four quadrant inverse tangent. ATAN2(Y,X) is the four quadrant arctangent of the real parts of the elements of X and Y. -pi <= ATAN2(Y,X) <= pi. See also ATAN. >> 180/pi*atan(-2/3) % atan2 menggunakan informasi tanda vektor ans = >> 180/pi*atan2(-2,-3) % 180/pi mengkonversi sudut ke derajat ans = >> y=rem(25,6) % 25/6 memiliki sisa pembagian 1 y = 1 LOGIKA & PEMROGRAMAN KOMPUTER

18 Copyright  by The MathWorks, Inc. 18 MATLAB and HDF-EOS Contoh : D H  h  Berapa tinggi gedung?  Tinggi bangunan adalah h+H, dengan H adalah tinggi sisi segitiga di hadapan pengamat Tangen dari sudut  : tan (  ) = H/D  H = D.tan (  )  Tinggi bangunan = h + D.tan(  ) LOGIKA & PEMROGRAMAN KOMPUTER

19 Copyright  by The MathWorks, Inc. 19 MATLAB and HDF-EOS MATLAB untuk Estimasi Tinggi Bangunan  Jika h = 2 m, D = 50 m, dan  = 60 o >> h = 2; D = 50; thetha = 60; >> Tinggi_bangunan = h+D*tan(thetha*pi/180) Tinggi_bangunan = ??? LOGIKA & PEMROGRAMAN KOMPUTER

20 Copyright  by The MathWorks, Inc. 20 MATLAB and HDF-EOS MATLAB untuk Peluruhan Radioaktif  Setelah satu kali waktu paruh atau 140 hari, tertinggallah 10*.5 = 5 gr. Setelah 2 kali waktu paruh atau 280 hari, tertinggal 5*.5 = 10*.5*.5 = 10*(.5) 2  250 hari berapa kali waktu paruh? 250/140  Rumus untuk jumlah yang tertinggal = jumlah semula*(0.5) waktu/waktu paruh >> semula=10; waktu_paruh=140; waktu=250; >> Jumlah_tertinggal=semula*0.5^(waktu/waktu_paruh) Jumlah_tertinggal = LOGIKA & PEMROGRAMAN KOMPUTER Contoh :

21 Copyright  by The MathWorks, Inc. 21 MATLAB and HDF-EOS Perhitungan kecepatan aliran >> volumetricrate_h=72; D=0.1; >> volumetricrate_s=volumetricrate_h/3600; >> area=pi*D^2/4; >> velocity=volumetricrate_s/area velocity = 2.55  Air pendingin mengalir sebanyak 72 m 3 per jam melalui pipa berdiameter 0.1m. Berapa kecepatan aliran (dalam m/s) air pendingin itu? LOGIKA & PEMROGRAMAN KOMPUTER Contoh :

22 Copyright  by The MathWorks, Inc. 22 MATLAB and HDF-EOS Perhitungan Tekanan  Sebatang balok besi mempunyai ukuran a = 5 cm, b = 6 cm, c = 10 cm dan berat jenis 7.8 g/cm 3 serta gaya tarik bumi 9.81 m/s 2. Berapa besar tekanan yang bekerja pada dasarnya? a b c LOGIKA & PEMROGRAMAN KOMPUTER Tugas :

23 Copyright  by The MathWorks, Inc. 23 MATLAB and HDF-EOS Mengatur Ruang Kerja MATLAB LOGIKA & PEMROGRAMAN KOMPUTER  Data dan variabel yang dibuat dalam jendela Command tersimpan dalam ruang kerja MATLAB  Untuk menampilkan nama-nama variabel yang ada di ruang kerja MATLAB, digunakan perintah who >> who Your variables are: A P T1 FR R T2 M Selisih

24 Copyright  by The MathWorks, Inc. 24 MATLAB and HDF-EOS Whos: Informasi Detail Variabel  Perintah whos akan sangat berguna terutama setelah pembahasan array dan tipe data yang lain >> whos Name Size Bytes Class A 1x1 8 double array FR 1x1 8 double array M 1x1 8 double array P 1x1 8 double array R 1x1 8 double array Selisih 1x1 8 double array T1 1x1 8 double array T2 1x1 8 double array Grand total is 8 elements using 64 bytes LOGIKA & PEMROGRAMAN KOMPUTER

25 Copyright  by The MathWorks, Inc. 25 MATLAB and HDF-EOS Menyimpan dan Memanggil Data  MATLAB dapat menyimpan dan memanggil data dari file  Pilihan Save Workspace as… dalam menu File akan membuka kotak dialog untuk menyimpan semua variabel yang ada  Bisa juga dilakukan dengan dua perintah save dan load yang jauh lebih fleksibel  Perintah save membuat Anda dapat menyimpan satu atau lebih variabel dalam file format yang sesuai dengan pilihan Anda >> save Saving to: matlab.mat >> save data Tinggi_bangunan T1 T2 Selisih Menyimpan variabel Tinggi_bangunan, T1, T2 dan Selisih dalam format biner di file data.mat LOGIKA & PEMROGRAMAN KOMPUTER

26 Copyright  by The MathWorks, Inc. 26 MATLAB and HDF-EOS Format Numerik MATLAB Command average_costKomentar format short digit format long digit format short e e+01 5 digit plus eksponen format long e e digit plus eksponen format short g Lebih baik format short atau short e format long g Heksadesimal format hex 40496aaaaaaaaaabHeksadesimal format bank desimal format + + Positif, negatif atau nol format rat 305/6 Aproksimasi rasional LOGIKA & PEMROGRAMAN KOMPUTER


Download ppt "LOGIKA DAN PEMROGRAMAN KOMPUTER Wayan Nata Septiadi, ST MATLAB."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google