Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Unified Modeling Language.  UML  Things  Relationship  Diagram  Architecture View  Use Case View  Design View  Process View  Implementation View.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Unified Modeling Language.  UML  Things  Relationship  Diagram  Architecture View  Use Case View  Design View  Process View  Implementation View."— Transcript presentasi:

1 Unified Modeling Language

2  UML  Things  Relationship  Diagram  Architecture View  Use Case View  Design View  Process View  Implementation View  Deployment View Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 2

3  UML adalah bahasa graphical untuk visualisasi, spesifikasi, konstruksi dan dokumentasi artifact system software [Booch].  Spesifikasi: menunjukkan spesifikasi dari semua keputusan penting analisis, desain dan implementasi  Konstruksi: Forward Engineering & Reverse Engineering  Dokumentasi: Project Planning, Release management Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 3

4  Things  Relationship  Diagram Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 4

5 1. Class 2. Interface Syukriya al-AsyikADBO - Pertemuan 3 5

6 3. Collaboration 4. Use-case Syukriya al-AsyikADBO - Pertemuan 3 6

7 5. Active Class 6. Component Syukriya al-AsyikADBO - Pertemuan 3 7

8 7. Node Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 8 WebServer

9  Interaction : perilaku dari sekumpulan object yang terdiri dari sekumpulan pertukaran pesan dalam sebuah context utama untuk menyelesaikan sebuah tujuan khusus  State Machine : perilaku yang menentukan urutan state-state sebuah object atau sebuah interaksi yang terjadi selama masa hidupnya dalam merespon event Syukriya al-AsyikADBO - Pertemuan 3 9 display Waiting Idle

10  Dependency  Association Aggregation Syukriya al-AsyikADBO - Pertemuan 3 10 Panah dan label sifatnya optional

11  Generalization  Realization Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 11

12  Polymorphisme adalah kemampuan untuk menyembunyikan implementasi-implementasi yang berbeda didalam sebuah interface tunggal. Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 12

13 Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 13

14  Interface adalah pewujudan dari polymorphisme Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 14

15 Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 15

16  Package adalahmekanisme untuk menyusun elemen- elemen menjadi kelompok-kelompok. Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 16

17  Subsystem adalah kombinasi dari package dan class  Subsystem merealisasikan satu atau lebih interface, dimana interface sebagai pendefinisi perilakunya. Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 17

18  Component adalah bagian system yang dapat di-replace dan hampir independent. Component ini melaksanakan fungsi yang jelas dalam suatu arsitektur.  Sebuah component bisa berupa:  Sebuah component source code  Sebuah component run time  Sebuah component executable Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 18

19  Component adalah realisasi phisic dari sebuah abstraksi dalam desain  Subsystem dapat digunakan untuk merepresentasikan component dalam sebuah desain Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 19

20  Association adalah hubungan semantic antara dua atau lebih classifier yang menetapkan hubungan antar instance  Association adalah hubungan structural yang menetapkan bahwa suatu object terhubung dengan object lain Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 20

21  Multiplicity adalah jumlah instance dari sebuh class yang berhubungan dengan satu instance class lain  Untuk masing-masing association, ada dua keputusan multiplicity yang harus dibuat. Contoh:  Untuk masing-masing instance professor, ada beberapa course yang bisa ditawarkan  Untuk masing-masing instance penawaran course, mungkin ada nol atau satu professor sebagai pengajarnya Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 21

22 Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 22

23  Sebuah aggregation adalah bentuk khusus association yang memodelkan hubungan whole-part antara sebuah aggregation(aggregation) dengan bagiannya. Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 23

24  Dependency adalah hubungan antara dua elemen dimana jika sebuah elemen mengalami perubahan akan menyebabkan perubahan pada elemen yang lain Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 24

25  Generalization adalah hubungan diantara class-class dimana suatu class membagi struktur dan atau behaviour dengan class yang lain  Mendefinisikan hirarki abstraksi dimana sebuah subclass mewarisi sifat dari satu atau lebih superclass → single inheritance, multiple inheritance Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 25

26 Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 26

27 Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 27

28  Sebuah subclass mewarisi atribut,operation dan relationship superclassnya.  Sebuah subclass bisa :  Menambah atribut, operation dan relationship  Mendefinisikan ulang operation-operation  Atribut, operation, dan relationship umum diperlihatkan pada level tertinggi didalam hirarki Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 28

29  Sebuah classifier bertugas sesuai dengan perjanjian yang disetujui classifier lain.  Realization dapat ditemui antara interface dan classifier yang merealisasikannya. Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 29

30  Stereotype mendefinisikan elemen model baru dalam model elemen yang lain. Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 30

31  Diagram adalah representasi graphic dari sekumpulan elemen. Direpresentasikan oleh graph yang terhubung dimana vertices merupakan thing sedangkan arcs adalah behaviour  Diagram yang umum :  Use case Diagram  Sequence Diagram; Collaboration Diagram  Class Diagram; Object Diagram  Statechart Diagram  Activity Diagram  Component Diagram  Deployment Diagram Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 31

32  Use case diagram Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 32 Student Registrar Professor Register for Courses Maintain Curriculum Request Course Roster Billing System Set Course Offerings

33  Relationship uses dan extend dalam use case diagram Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 33 Register for courses > Logon validation > Maintain curriculum Register for Distance Learning courses >

34  Use Case Realizations Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 34

35  Use case Diagram  Sequence Diagram; Collaboration Diagram  Class Diagram; Object Diagram  Statechart Diagram  Activity Diagram  Component Diagram  Deployment Diagram Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 35

36  Sequence Diagram Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 36 : Student registration form registration manager math 101 1: fill in info 2: submit 3: add course(Sue, math 01) 4: are you open? 5: are you open? 6: add (Sue) 7: add (Sue) math 101 section 1

37  Collaboration Diagram Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 37 : Registrar course form : CourseForm theManager : CurriculumManager aCourse : Course 1: set course info 2: process 3: add course 4: new course

38  Use case Diagram  Sequence Diagram; Collaboration Diagram  Class Diagram; Object Diagram  Statechart Diagram  Activity Diagram  Component Diagram  Deployment Diagram Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 38

39  Elemen-elemen pemodelan UML dalam class diagrams  Class-class dengan struktur dan behaviournya  Hubungan Association, aggregation, dependency, dan inheritance  Penanda multiplicity dan navigation  Nama-nama Role/ tugas Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 39

40  Class diagram Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 40 RegistrationForm RegistrationManager Course Student CourseOffering Professor addStudent(Course, StudentInfo) name numberCredits open() addStudent(StudentInfo) major location open() addStudent(StudentInfo) tenureStatus ScheduleAlgorithm name RegistrationUser

41  Use case Diagram  Sequence Diagram; Collaboration Diagram  Class Diagram; Object Diagram  Statechart Diagram  Activity Diagram  Component Diagram  Deployment Diagram Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 41

42  Statechart Diagram Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 42 Cancelled InitializationOpen Closed Add student / Set count = 0 Add student[ Count < 10 ] Cancel course [ Count = 10 ] ^Course Report.Create report

43  Use case Diagram  Sequence Diagram; Collaboration Diagram  Class Diagram; Object Diagram  Statechart Diagram  Activity Diagram  Component Diagram  Deployment Diagram Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 43

44 Isye Arieshanti ADBO - Pertemuan 3 44

45  Use case Diagram  Sequence Diagram; Collaboration Diagram  Class Diagram; Object Diagram  Statechart Diagram  Activity Diagram  Component Diagram  Deployment Diagram Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 45

46 Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 46 Course Offering Student Professor Course.dll Course People.dll User Register.exe Billing.exe Billing System Registrar.exe Courses.dll People.dll

47  Use case Diagram  Sequence Diagram; Collaboration Diagram  Class Diagram; Object Diagram  Statechart Diagram  Activity Diagram  Component Diagram  Deployment Diagram Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 47

48 Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 48 Registration Database Library Dorm Main Building

49  Pendekatan iterative  Ada guidance untuk aktivitas dan produk  Process yang memfokuskan pada arsitektur  Use case sebagai acuan analisa dan desain  Model-model yang merupakan abstraksi system Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 49

50  RUP memiliki 4 fase  Inception : mendefinisikan scope project  Elaboration : merencanakan project, menentukan fitur, garis besar arsitektur  Construction : membangun project  Transition : menyerahkan produk ke end user Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 50

51 Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 51

52 Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 52

53  Use Case View  Analisa use case adalah teknik untuk meng-capture proses bisnis dari prespektif user.  Aspek statis di-capture dalam use case diagram  Aspek dinamis di-capture dalam interaction diagram, statechart diagram dan activity diagram  Design View  Meliputi class-class, interface, dan collaboration yang mendefinisikan vocabulary system  Mendukung kebutuhan fungsional system  Aspek statis di-capture dalam class diagram dan object diagram  Aspek dinamis di-capture dalam interaction diagram, statechart diagram dan activity diagram Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 53

54  Process View  Meliputi thread dan pendefinisian proses-proses concurency dan syncronization  Menunjukkan performance, scalability dan throughput  Aspek statis dan dinamis di-capture dengan design view, tetapi lebih menekankan pada activ class  Implementation View  Meliputi komponen dan file yang digunakan untuk menghimpun dan me-release system physic  Menunjukkan configuration management  Aspek statis di-capture dalam component diagram  Aspek dinamis di-capture dalam interaction diagram, statechart diagram dan activity diagram Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 54

55  Deployment View  Meliputi node yang membentuk topologi hardware system  Menunjukkan pendistribusian, delivery, dan pengistallan  Aspek statis di-capture dalam deployment diagram  Aspek dinamis di-capture dalam interaction diagram, statechart diagram, activity diagram Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 55

56  Tujuan:  Untuk merubah analisa kebutuhan menjadi desain system  Untuk mengembangkan arsitektur system yang kuat  Untuk menyesuaikan desain agar sesuai dengan lingkungan implementasi, dan mendesain untuk perormance Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 56

57 Analisa  Fokus pada pemahaman masalah  Penyempurnaan desain  Perilaku  System structure  Functional requirement  Small model Desain  Fokus pada pemahaman solusi  Operation dan Attribute  Performance  Mendekati code nyata  Object Lifecycle  Non-functional requirement  Large model Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 57

58 Syukriya al-Asyik ADBO - Pertemuan 3 58


Download ppt "Unified Modeling Language.  UML  Things  Relationship  Diagram  Architecture View  Use Case View  Design View  Process View  Implementation View."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google