Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SENI ABAD 20 KUBISME, FUTURISME Pertemuan 6 Matakuliah: W0122 | SEJARAH SENI RUPA 2 Tahun: 2009/2010.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SENI ABAD 20 KUBISME, FUTURISME Pertemuan 6 Matakuliah: W0122 | SEJARAH SENI RUPA 2 Tahun: 2009/2010."— Transcript presentasi:

1

2 SENI ABAD 20 KUBISME, FUTURISME Pertemuan 6 Matakuliah: W0122 | SEJARAH SENI RUPA 2 Tahun: 2009/2010

3 Bina Nusantara University 3 KUBISME | pengertian Istilah Kubisme berasal dari suatu kritik seni yang berusaha merespons dominasi bentuk geometris dalam karya-karya Picasso dan Braque. Sesungguhnya dalam gaya ini Braque-lah yang memformulasikannya, namun yang lebih banyak mempublikasikannya adalah Picasso. Dalam kritik tersebut dikatakan bahwa segala bentuk dikurangi sehingga menjadi kotak-kotak kecil ‘cube’. Pablo Picasso |Self Portrait |1906

4 Bina Nusantara University 4 KUBISME | latar belakang Kubisme sebenarnya diinspirasi oleh geometrisasi bidang-bidang alam yang dilakukan Cezanne, perspektif yang diabaikan, rendering dalam multi sudut pandang, serta penekanan bidang 2 dimensional. Inspirasi lainnya adalah seni-seni primitif Afrika, Pacific dan Iberia. Kubisme merupakan alternatif lain dalam cara non-klasik untuk mewakili figur manusia maupun obyek.

5 Bina Nusantara University 5 KUBISME | karakteristik Inspirasi patung primitif dan geometrisasi lukisan Cezanne dianggap memiliki kesamaan, yaitu bagian yang terpotong-potong, distorsi dan bentuk-bentuk abstrak. Figur ataupun obyek harus dapat didistorsi, ditransformasi menjadi bagian-bagian kecil bidang warna datar. Perspektif dalam lukisan tidak perlu hanya satu tapi sesuai keadaan pandangan mata, sehingga titik perspektif bisa ada beberapa. Hal ini bersumber dari tujuan ingin menampilkan dunia seperti yang terlihat dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Tema lukisan kebanyakan still life.

6 Bina Nusantara University 6 KUBISME | kubis analitik Georges Braque |The Violin and Pitcher | Pada 1909 Picasso dan Braque melakukan studi secara sistematis untuk mempelajari struktur lukisan. Meninggalkan warna-warna cerah dan memilih penerapan warna yang cenderung monokromatik untuk menonjolkan bentuk strukturnya. Lukisan seolah-olah didekonstruksi dan ditata kembali pada kanvas.Tujuannya adalah berusaha menggambarkan suatu obyek dalam beberapa sudut pandang sekaligus ataupun dalam waktu yang berbeda-beda. Pada masa ini bentuk mulai kurang terlihat secara jelas, sehingga seringkali membingungkan pemirsanya.

7 Bina Nusantara University 7 KUBISME | kubis sintetik Menggunakan kolase kertas, yang memadukan antara lukisan dengan guntingan kertas dan obyek-obyek lainnya, seperti: label botol, kartu, tiket, dll, dalam satu kanvas. Pemikirannya adalah ruang tidak lagi diciptakan melalui gambar semata, tapi juga melalui benda-benda di dunia nyata. Kembali menerapkan warna- warna cerah. Menerapkan bentuk-bentuk flat. Pablo Picasso |Guitar, Sheet Music & Wine Glass |1912 Pablo Picasso |The Bottle of Suze|

8 Bina Nusantara University 8 KUBISME | picasso Pablo Picasso |The Old Guitarist |1903 AWAL KARIERPERIODE BIRU Pablo Picasso |Self Portrait | PERIODE ROSE Pablo Picasso |Circus Acrobats with Ape |1905

9 Bina Nusantara University 9 KUBISME | picasso | awal kubis Pablo Picasso |Les Demoiselles D’Avignon |1907

10 Bina Nusantara University 10 KUBISME | masa perang Pablo Picasso |Guernica |1937

11 Bina Nusantara University 11 KUBISME | seniman Georges Braque |The Portuguese |1911 Georges Braque |Houses and Trees |1908

12 Bina Nusantara University 12 KUBISME | seni patung Pablo Picasso |Head of A Woman |1909 Pablo Picasso |Still Life with Fringe |1914 Pablo Picasso |Guitar |

13 Bina Nusantara University 13 FUTURISME | pemikiran Pemikiran Futurisme digagas oleh Filippo Marinetti pada 1909 di Italia. Saat itu mereka sedang berusaha memberontak dari situasi sosial budaya Italia. Mereka anti pada budaya lama dan menginginkan keindahan revolusi, percepatan dan dinamika teknologi modern. Mereka berfokus pada transformasi image, energi yang dinamis dan gerak. Mereka menggemari kehidupan metropolitan dan industri modern dengan ekspresi yang kuat. Buruh, industri modern dan teknologi adalah kekuatan besar. Umberto Boccioni |Unique Forms of Continuity in Space |1913

14 Bina Nusantara University 14 FUTURISME | karakteristik Dari segi bentuk terinspirasi oleh Kubisme. Memasukkan kesan kecepatan, gerak dan keunggulan mesin. Kecepatan diterjemahkan sebagai energi yang dinamis dari kehidupan abad modern. Kesan gerak, waktu dan ruang ditransformasi dalam tema mobil, pesawat, film yang diwujudkan dalam udara yang berdesing, perasaan gerak saat kendaraan melintas cepat. Merefleksikan semangat perubahan masa. Giacomo Balla |Abstact Speed The Car Has Passed |1913

15 Bina Nusantara University 15 FUTURISME | karya Umberto Boccioni |The City Rises |1910 Giacomo Balla |Street Light |1909

16 Bina Nusantara University 16 FUTURISME | karya Umberto Boccioni |Dynamism of A Soccer Player |1913

17 Bina Nusantara University 17 PATUNG ABSTRAK | latar belakang Walaupun pernah belajar pada Rodin, Brancusi menghasilkan gaya yang sangat berbeda. Ia banyak melakukan penyederhanaan bentuk hingga memunculkan yang bentuk paling mendasar. Dengan judul karya yang tepat ia menuntun pemirsa untuk memahami karyanya. Dalam hal ini ia banyak dipengaruhi oleh Futurisme dan Kubisme, serta patung primitif Afrika. Constantin Brancusi |Sleep|1908 Constantin Brancusi |Sleeping Muse| Constantin Brancusi |The New Born|1915

18 Bina Nusantara University 18 PATUNG ABSTRAK | karya Constantin Brancusi |The Kiss| Constantin Brancusi |Madamoiselle Pogany version 1|1913 Constantin Brancusi |Bird in Space|1928


Download ppt "SENI ABAD 20 KUBISME, FUTURISME Pertemuan 6 Matakuliah: W0122 | SEJARAH SENI RUPA 2 Tahun: 2009/2010."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google