Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Assalamu’alaikum Welcome to our presentation Sistem Komunikasi Data.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Assalamu’alaikum Welcome to our presentation Sistem Komunikasi Data."— Transcript presentasi:

1 Assalamu’alaikum Welcome to our presentation Sistem Komunikasi Data

2 Data Analog Presented by : Endah Nova AstutiA Varica Zumalia MuisA

3 Pengertian Data Analog Data analog adalah sinyal data dalam bentuk gelombang kontinyu yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang. Dua parameter/karakteristik terpenting yang dimiliki oleh isyarat analog adalah amplitudo dan frekuensi. Isyarat analog biasanya dinyatakan dengan gelombang sinus atau setengah lingkaran.

4 Sinyal Analog Sinyal analog merupakan bentuk dari komunikasi elektronik yang merupakan proses pengiriman informasi pada gelombang elktromagnetik, dan bersifat variabel dan berkelanjutan.

5 3 Variabrl Dasar Sinyal Analog Amplitudo merupakan ukuran tinggi rendahnya tegangan dari sinyal analog. Frekuensi adalah jumlah gelombang sinyal analog dalam satuan detik. Phase adalah besar sudut dari sinyal analog pada saat tertentu. Kecepatan gelombang ini disebut dengan Hertz (Hz) yang diukur dalam satuan detik. Kekurangan sistem analog ini adalah pengiriman sinyal agak lambat dan sering terjadi error.

6 Contoh Aplikasi Data Analog dalam Kehidupan Sehari-hari Suara Jam Tangan / jam dinding Kaset pita Piringan hitam

7 Transmisi Analog Adalah suatu upaya mentransmisi sinyal analog tanpa memperhatikan muatannya; sinyal- sinyalnya dapat mewakili data analog atau data digital. Untuk jarak yang jauh dipakai amplifier yang akan menambah kekuatan sinyal sehingga menghasilkan distorsi yang terbatas.

8 Peng-konversian Sinyal Analog Data Digital ke Sinyal Analog Data Analog Sinyal Analog  telepon Data Analog ke Sinyal Analog Data Digital Sinyal Analog  modem

9 Peng-konversian Sinyal Digital Data Digital ke Sinyal Analog Sinyal Analog Sinyal Digital  Codec Sinyal Analog ke Sinyal Digital Data Digital Sinyal Digital  Digital Transceiver

10 Gangguan Transmisi Sinyal Analog Terjadi signal yang diterima berbeda dengan signal yang dikirimkan. degradation of signal quality Yang paling sering terjadi : 1.Attenuation and attenuation distortion 2.Delay distortion 3.Noise

11 Attenuation and attenuation distortion Kekuatan sinyal berkurang bila jaraknya terlalu jauh melalui media transmisi. Diperlukan repeater dan booster Perlunya sinyal cukup untuk diterima dengan baik, namun jika berlebih akan menyebabkan overload dan distorsi karena atenuasi berubah-ubah sebagai fungsi frekuensi, sinyal yang diterima menjadi menyimpang dan mengurangi tingkat kejelasan.

12 Delay distortion Biasanya terjadi pada media Guided Sangat kritis di data digital, suatu rangkaian bit sedang ditransmisikan baik dengan menggunakan signal analog/digital, bisa mengakibatkan posisi bit melenceng ke bit yang lain.

13 Noise / Derau Pada saat pentransmisian data terdapat sinyal-sinyal distorsi yang tidak diinginkan Faktor yang mempengaruhi performance sistem komunikasi – Derau suhu diakibatkn oleh thermal elektron, muncul di semua perangkat elektronik dan media transmisi yang diakibatkan temperatur – Crosstalk Di telpon,terdengar percakapan orang lain, hal ini terjadi karena sambungan yang kurang baik atau kabel elektrik yang berdekatan, melalui antena gelombang elektromagnetik

14 Kelebihan Sinyal Analog Tidak memerlukan bandwidth yang besar. Tidak memerlukan sinkronisasi Jarak jangkau pengiriman data relatif jauh dibandingkan sinyal digital Pengukuran data yang didapat lebih tepat

15 Kekurangan Sinyal Analog Mempunyai masalah terhadap range dinamik yang terbatas Banyak dipengaruhi faktor “pengganggu” karena proses pengiriman sinyalnya menggantungkan pada gelombang elektromagnetik. pengiriman sinyal agak lambat dan sering terjadi error Penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi mempengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri. Informasi tidak mudah diproses dan dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk. Tidak dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimkannya secara interaktif.

16 Oleh karenanya (seperti yang telah dikemukakan di atas) saat ini banyak peralatan maupun aplikasi yang beralih dari sistem analog menjadi sistem digital.

17 Wassalamu’alaikum Thank’s for your attention


Download ppt "Assalamu’alaikum Welcome to our presentation Sistem Komunikasi Data."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google