Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Definisi Radio Definisi Gelombang Radio Kegunaan Gelombang Radio Radio AM dan FM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Definisi Radio Definisi Gelombang Radio Kegunaan Gelombang Radio Radio AM dan FM."— Transcript presentasi:

1

2 Definisi Radio Definisi Gelombang Radio Kegunaan Gelombang Radio Radio AM dan FM

3 Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik atau gelombang elektromagnetik. Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara).

4 Gelombang radio adalah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik, dan terbentuk ketika objek bermuatan listrik dimodulasi (dinaikkan frekuensinya) pada frekuensi yang terdapat dalam frekuensi gelombang radio dalam suatu spektrum elektromagnetik.

5 Gelombang radio merambat pada frekuensi 100 kHz sampai 100 GHz, sementara gelombang audio merambat pada frekuensi 20 Hz sampai 20 kHz. Pada siaran radio, gelombang audio tidak ditransmisikan langsung melainkan ditumpangkan pada gelombang radio yang akan merambat melalui ruang angkasa. Ada dua metode transmisi gelombang audio, yaitu melalui modulasi amplitudo (AM) dan modulasi frekuensi (FM).

6 Gelombang radio dihasilkan oleh gerakan muatan listrik, yang dapat dihasilkan dari arus listrik atau dari gerak acak atom dan molekul. Bentuk radiasi elektromagnetik ini sangat penting untuk komunikasi manusia, dan digunakan antara lain pada ponsel, televisi, radio, serta radar. Penggunaan paling dikenal gelombang radio adalah untuk mengirim foto, audio, dan teks dalam bentuk sinyal.

7 Amplitude Modulation (AM) adalah proses menumpangkan sinyal informasi ke sinyal pembawa (carrier) dengan sedemikian rupa sehingga amplitudo gelombang pembawa berubah sesuai dengan perubahan simpangan (tegangan) sinyal informasi. Pada jenis modulasi ini amplituda sinyal pembawa diubah-ubah secara proporsional terhadap amplitudo sesaat sinyal pemodulasi, sedangkan frekuensinya tetap selama proses modulasi.

8 Gelombang AM memiliki range jangkauan yang lebih luas daripada gelombang FM. Hal ini dikarenakan gelombang AM memiliki panjang gelombang yang lebih. Akan tetapi dalam perjalanannya mencapai penerima, gelombang akan mengalami redaman (fading) oleh udara, mendapat interferensi dari frekuensi-frekuensi lain, noise, atau bentuk-bentuk gangguan lainnya. Gangguan-gangguan itu umumnya berupa variasi amplitudo sehingga akan mempengaruhi amplitudo gelombang yang terkirim. Akibatnya, informasi yang terkirim pun akan berubah dan mengurangi mutu informasi yang diterima.

9 Frequency Modulation (FM) adalah proses menumpangkan sinyal informasi pada sinyal pembawa (carrier) sehingga frekuensi gelombang pembawa berubah sesuai dengan perubahan simpangan (tegangan) gelombang sinyal informasi. Jadi sinyal informasi yang dimodulasikan (ditumpangkan) pada gelombang pembawa menyebabkan perubahan frekuensi gelombang pembawa sesuai dengan perubahan tegangan sinyal informasi. Pada modulasi frekuensi sinyal informasi mengubah-ubah frekuensi gelombang pembawa, sedangkan amplitudonya konstan selama proses modulasi.

10 Berbeda dengan gelombang AM, gelombang FM bebas dari pengaruh gangguan udara, bandwidth yang lebih besar, dan fidelitas yang tinggi. Frekuensi yang dialokasikan untuk siaran FM berada diantara 88 – 108 MHz, dimana pada wilayah frekuensi ini secara relatif bebas dari gangguan baik atmosfir maupun interferensi yang tidak diharapkan. Selain itu, Saluran siar FM standar menduduki lebih dari sepuluh kali lebar bandwidth saluran siar AM.

11 Radio Siaran Radio Navigasi Radio Kontrol Radio Radar

12 Radio siaran adalah pemancar radio yang menyiarkan informasi, musik, berita, dan lagu. Ada 2 jenis radio siaran yaitu:  Radio Siaran Pemerintah, radio ini digunakan untuk kepentingan umum dan pemerintah. Contohnya: RRI (Radio Republik Indonesia)  Radio Siaran Non-pemerintah, contohnya: Radio Siaran Swasta Niaga (digunakan untuk hiburan maupun iklan), Radio Amatir (digunakan untuk keperluan percobaan dalam teknik pembuatan pemancar serta saling membuka informasi mengenai modulasi dan daya pancar), dan Radio Antarpenduduk (digunakan untuk komunikasi dua arah antar penduduk).

13 Radio navigasi adalah radio yang digunakan pada bidang pelayaran dan penerbangan yang berfungsi sebagai penentu arah. Kegunaan radio navigasi pada dunia penerbangan adalah:  Untuk menentukan arah tujuan dan posisi pesawat terbang  Untuk berkomunikasi dengan menara pengawas di bandara

14 Radio kontrol digunakan untuk mengendalikan peralatan elektronik dari jarak jauh. Radio ini sering digunakan untuk mengontrol robot, mainan, pesawat terbang bahkan juga untuk mengendalikan bom dari jarak jauh. Penerapan radio kontrol dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, seperti:  Mengendalikan pesawat elektronik mainan  Mengoperasikan televisi dari jarak jauh  Mengendalikan robot  Mengendalikan satelit dari ruang angkasa

15 Radio ini digunakan untuk mendeteksi suatu benda pada jarak pancarnya. Cara kerja radar dalam mendeteksi suatu benda adalah:  Memancarkan gelombang radio ke segala arah  Menerima kembali gelombang radio yang dipancarkan tersebut  Menentukan lokasi dengan cara menghitung jarak suatu benda berdasarkan waktu tempuh gelombang yang diterima kembali tersebut.

16 Sama seperti media komunikasi massa lainnya, radio memiliki beberapa fungsi yaitu:  Fungsi bisnis, biasanya oleh radio siaran komersial terjadi penjualan jam siar untuk iklan atau bursa jual beli gratis tanpa iklan sekalipun  Fungsi Informasi, radio siaran juga sering mempunyai acara siaran warta berita yang dikemas dalam aneka bentuk  Fungsi Hiburan, radio siaran tempatnya mendengarkan musik aneka ragam dan aneka generasi  Fungsi Komunikasi, beberapa radio siaran milik pemerintah daerah kabupaten mempunyai acara khusus berupa tanya jawab antara rakyat dan pemimpin daerah

17 Radio Navigasi Radio Siaran

18 Radio Radar Radio Kontrol

19   gelombang-radio-kegunaan-efek- kesehatan-sejarahnya/ gelombang-radio-kegunaan-efek- kesehatan-sejarahnya/  elektronika/modulasi-amplitudo-amplitude- modulation-am/ elektronika/modulasi-amplitudo-amplitude- modulation-am/   nis-jenis-penerima-radio.html nis-jenis-penerima-radio.html  https://id.answers.yahoo.com/question/ind ex?qid= AAUoaOJ https://id.answers.yahoo.com/question/ind ex?qid= AAUoaOJ

20


Download ppt "Definisi Radio Definisi Gelombang Radio Kegunaan Gelombang Radio Radio AM dan FM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google