Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KELOMPOK 4: KOMUNIKASI DATA (RADIO) 1P51 DISUSUN OLEH : FIRDAUS HASSAN (13.230.0032) RADIO FM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KELOMPOK 4: KOMUNIKASI DATA (RADIO) 1P51 DISUSUN OLEH : FIRDAUS HASSAN (13.230.0032) RADIO FM."— Transcript presentasi:

1 KELOMPOK 4: KOMUNIKASI DATA (RADIO) 1P51 DISUSUN OLEH : FIRDAUS HASSAN ( ) RADIO FM

2 PENGERTIAN RADIO FM Modulasi frekuensi (FM) adalah metode untuk menyampaikan informasi melalui gelombang pembawa dengan memvariasikan frekuensi. Hal ini berbeda dengan sistem Modulasi Amplitudo (AM) dimana sistem AM amplitudo dari gelombang pembawa yang bervariasi sedangkan frekuensi tetap konstan. Sistem siaran dengan teknologi FM ditemukan oleh Edwin Howard Armstrong yang dapat mentransmisikan suara kualitas tinggi melalui gelombang radio. Sejarah FM dimulai tahun 1936 ketika Edwin Howard Armstrong memperkenalkan frekuensi FM sebagai metode untuk mengurangi gangguan pada transmisi radio dalam konferensi Radio Engineers New York pada 6 November Frekuensi FM secara luas digunakan pada perangkat telekomunikasi untuk mengirimkan suara tanpa noise (gangguan).

3 CARA KERJA RADIO FM (Modulasi Frekuensi) Radio FM (modulasi frekuensi) bekerja dengan prinsip yang serupa dengan radio AM, yaitu dengan memodulasi gelombang radio (penghantar) dengan gelombang audio. Hanya saja, pada radio FM proses modulasi ini menyebabkan perubahan pada frekuensi.

4 KEGUNAAN RADIO FM Radio FM memiliki beberapa kegunaan, diantaranya : Dapat menghilangkan interferensi (gangguan, pencampuran) yang disebabkan oleh cuaca, atau alat listrik Dapat menghilangkan interferensi yang disebabkan oleh dua stasiun yang bekerja pada gelombang yang sama. Menghasilkan suara yang lebih baik.

5


Download ppt "KELOMPOK 4: KOMUNIKASI DATA (RADIO) 1P51 DISUSUN OLEH : FIRDAUS HASSAN (13.230.0032) RADIO FM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google