Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KELOMPOK 1. ANGGOTA KELOMPOK 1. Bambang Oktara Engla11101152610073 2. Ikhsandro Herizal11101152610087 3. Jordian Naro Pratama11101152610090 4. Radius.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KELOMPOK 1. ANGGOTA KELOMPOK 1. Bambang Oktara Engla11101152610073 2. Ikhsandro Herizal11101152610087 3. Jordian Naro Pratama11101152610090 4. Radius."— Transcript presentasi:

1 KELOMPOK 1

2 ANGGOTA KELOMPOK 1. Bambang Oktara Engla Ikhsandro Herizal Jordian Naro Pratama Radius Prawiro Rahma Ningsih Ranti Eka Putri Sutria Rizki Zukni

3 PERANGKAT INPUT Alat input adalah alat yang digunakan untuk menerima input atau masukan dari luar komputer. Input dapat juga disebut energi yang dimasukkan ke dalam suatu sistem. Dalam sistem komputer, input dapat berupa : 1. Signal input yaitu data yang dimasukkan dalam sistem komputer. 2. Maintenance input yaitu program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan.

4 Beberapa alat input juga memiliki kemampuan ganda, yaitu sebagai alat input itu sendiri serta berfungsi sebagai alat output untuk menampilkan hasil. Alat input/output yang demikian ini disebut sebagai Terminal.

5 1. KEYBOARD Keyboard adalah sebuah alat untuk mengubah huruf, angka, dan karakter lain ke dalam bentuk sinyal elektrik yang dapat dibaca prosesor computer. Keyboard bisa melakukan hal ini dengan bantuan prosesor dan jarring-jaring sirkuit yang berada di bawah tuts. Saat kita menekan tuts, arus listrik yang melalui sirkuit akan terputus. Prosesor mencari letaknya dan membandingkan lokasi informasi dengan peta karakter yang tersimpan di chip ROM keyboard. Informasi karakter tersebut akan tersimpan sementara di buffer memori keyboard.

6 2. Mouse Mouse adalah konstuksi teknik pada peralatan yang digunakan sebagai media interaksi manusia dan komputer yang berfungsi untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya

7 3. Touchpad Touchpad adalah konstuksi teknik pada peralatan yang digunakan sebagai media interaksi manusia dan komputer yang biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.

8 4. Light Pen Light pen adalah konstuksi teknik pada peralatan yang digunakan sebagai media interaksi manusia dan komputer yang digunakan untuk modifikasi dan men- design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

9 5. Joy Stick dan Games Paddle Joy stick dan Games Paddle adalah konstuksi teknik pada peralatan yang digunakan sebagai media interaksi manusia dan komputer yang biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

10 6. Barcode Barcode adalah konstuksi teknik pada peralatan yang digunakan sebagai media interaksi manusia dan komputer yang berfungsi untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.

11 7. Scanner Scanner adalah konstuksi teknik pada peralatan yang digunakan sebagai media interaksi manusia dan komputer yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.

12 8. Graphics Pads/Graphic Tablet Graphics pads adalah konstuksi teknik pada peralatan yang digunakan sebagai media interaksi manusia dan komputer yang berfungsi untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.

13 9. Voice Recognition Voice recognition device adalah konstuksi teknik pada peralatan yang digunakan sebagai media interaksi manusia dan komputer yang berfungsi untuk memasukkan suara manusia ke dalam signal interpreter. Kebanyakan voice systems yang digunakan sekarang mempunyai vocabulary yang kecil dan harus dilatih untuk mengenal kata-kata tertentu. Caranya, seseorang membacakan sebuah daftar kata-kata yang biasa digunakan sehingga signal interpreter dapat menetapkan polanya. Misalnya pekerja menyebut box yang mereka bawa. Voice input diperlukan karena tangan pekerja sibuk dan tidak dapat mengetik atau memanipulasi peralatan ketik input device lainnya.

14 PERANGKAT OUTPUT 1. Kartu Video Kartu video atau video card berfungsi untuk mengubah informasi output dari prosesor menjadi bentuk sinyal yang terkirim melalui kabel ke monitor. Kartu video kita dipasang disalah satu slot ekspansi motherboard. Pada saat membeli motherboard biasanya telah terpasang kartu video (built-in) jika menginginkan kualitas video yang lebih bagus maka dapat menambah kartu video.

15 2. Kartu Suara Kartu Suara (sound Card) berfungsi untuk meningkatkan kapabilitas komputer dalam hal suara dengan cara mengirimnya ke speaker sebagai output. Kartu suara ini terpasang di slot ekspansi motherboard. Dengan CD drive terhubung ke kartu, kita pun dapat mendengarkan musik dari CD.

16 3. Monitor Monitor adalah alat yang mampu mengambil sinyal elektrik dari video card dan mengubahnya dalam bentuk gambar dengan menggunakan titik-titik dari cahaya berwarna yang tampil dilayar. Selanjutnya, setelah case ditutup, monitor dapat dihubungkan dengan kabel ke komputer bagian belakang bmelalui konektor khusus yang sangat mudah dikenali. Kabel listrik untuk monitor dapat dipasang pada stopkontak terpisah.

17 4. Sepasang Speaker Speaker adalah alat untuk mendengarkan suara dari sinyal elektrik yang dikirim oleh kartu suara. Tidak perlu membeli speaker yang wah, kecuali kita menggeluti bidang rekaman yang membutuhkan kualitas suara yang sangat bagus. Dua speaker dihubungkan dengan sebuah kabel yang dipasang di komputer bagian belakang setelah instalasinya selesai dilakukan.

18 5. Printer Printer adalah sebuah alat yang bisa mencetak teks dan gambar pada kertas. Printer mempunyai dua sambungan. Pertama, dipasang di komputer bagian belakang dan berfungsi untuk menerima sinyal dari komputer. Sambungan ini terhubung pula ke motherboard.kedua kabel listrikyang dipasang pada stopkontak yang terpisah.

19 6. Infocus Infocus adalah konstruksi teknik pada peralatan yang digunakan sebagai media interaksi manusia dan komputer yang mempunyai fungsi sama dengan monitor. Perbedaannya, infocus membutuhkan media penerima pancaran signal-signal infocus, media penerima tersebut sebaiknya memiliki permukaan datar dan berwarna putih (terang). Contoh media yang biasa digunakan yaitu dinding putih, whiteboard, ataupun kain/layar putih yang dibentangkan.

20 7. InkJet Printer Inkjet printer adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut. Tetapi pada inkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer.

21 8. Plotter Plotter adalah konstruksi teknik pada peralatan yang digunakan sebagai media interaksi manusia dan komputer yang mempunyai fungsi sama dengan printer. Perbedaannya adalah plotter digunakan untuk mencetak gambar yang berukuran cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.


Download ppt "KELOMPOK 1. ANGGOTA KELOMPOK 1. Bambang Oktara Engla11101152610073 2. Ikhsandro Herizal11101152610087 3. Jordian Naro Pratama11101152610090 4. Radius."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google