Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERSARAFAN ABDOMEN → Abdomen adalah bagian truncus yang terletak antara thorax dan pelvis. Persarafan abdomen meliputi dinding dan organ – organ abdomen.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERSARAFAN ABDOMEN → Abdomen adalah bagian truncus yang terletak antara thorax dan pelvis. Persarafan abdomen meliputi dinding dan organ – organ abdomen."— Transcript presentasi:

1 PERSARAFAN ABDOMEN → Abdomen adalah bagian truncus yang terletak antara thorax dan pelvis. Persarafan abdomen meliputi dinding dan organ – organ abdomen. PERSARAFAN DINDING ABDOMEN -Dinding atas abdomen dibentuk oleh diaphragma yang dipersarafi oleh n.phrenicus. -Dinding bawah dibentuk oleh fossa iliaca dan iliopsoas yang dipersarafi oleh cabang plexus lumbalis. -Dinding belakang abdomen dibentuk oleh columna vertebralis pars lumbalis sampai promontorium, dan m.quadratus lumborum yang dipersarafi oleh n.spinalis TH12 dan L1.2. -Dinding ventro – lateral abdomen dibentuk oleh cutis, subcutis, lapisan otot-otot dengan fascianya, jaringan extra peritonial dan peritoneum.

2 * Cutis dan subcutis dipersarafi oleh nn.spinales TH6 – TH12 dan n.iliohypogastricus. * Otot – otot → m.obliquus abdominis ext.ernus dipersarafi oleh nn.TH6 – 12, n.iliohypogastricus dan ilioinguinalis. → m.obliquusabdominis internus persarafannya sama. → m.transversus abdominis dipersarafi oleh nn.spinales TH7 – 12. → m.rectus abdominis persarafannya sama. → m.pyramidalis oleh n.spinalis TH12.

3 PERSARAFAN ORGAN – ORGAN ABDOMEN - Organ – organ dalam abdomen dipersarafi oleh cabang – cabang plexus otonom. - Plexus – plexus otonom dalam abdomen : * PLEXUS COELIACUS Plexus otonom terbesar dalam abdomen yang terletak sekitar origo a.coeliaca setinggi vertebra L1. KOMPONEN SIMPATIS terdiri dari : * Sepasang ganglion coeliacum ( ganglion simpatis prevertebral ) yang terletak kanan – kiri dari a.coeliaca. * Serat – serat simpatis preganglionar cabang – cabang nn.splanchnici ( major, minor, minimus ).

4 * Serat – serat simpatis postganglionar dari ganglion coeliacum. * Serat – serat parasimpatis preganglionar, cabang n.vagus. * PLEXUS MESENTERICUS SUPERIOR Ini adalah lanjutan ke bawah dari plexus coeliacus yang terletak sekitar origo a.mesenterica superior. KOMPONEN SIMPATIS terdiri dari : * Ganglion mesenterica superior yang terletak dekat origo a.mesenterica superior. * Serat – serat simpatis preganglionar cabang n.splanchnicus major dan minimus. * Serat – serat simpatis postganglionar dari ganglion mesenterica superior. KOMPONEN PARA SIMPATIS terdiri dari : * Serat – serat parasimpatis preganglionar cabang n.vagus.

5 * PLEXUS MESENTERICUS INFERIOR Ini terletak di sekitar origo a.mesenterica inferior. KOMPONEN SIMPATIS terdiri dari : * Cabang – cabang plexus aorticus abdominalis. * Ada ganglion mesentericus inferior. * Serat – serat simpatis postganglionar dari ganglion mesentericus inferior. KOMPONEN PARASIMPATIS terdiri dari : * Serat – serat parasimpatis preganglionar dari sistim parasimpatis pars sacralis yang menuju ke plexus mesentericus inferior melalui plexus pelvicus dan plexus hypogastricus.

6 * PLEXUS AORTICUS ABDOMINALIS Ini adalah lanjutan ke bawah dari plexus aorticus thoralis. Di regio abdominus ditambah dengan cabang – cabang dari : plexus coeliacus, plexus aortico renalis, ganglia- ganglia para vertebralis lumbalis dan cabang – cabangnya ke arah kaudal melanjutkan diri menuju plexus hypogastricus dan plexus iliaca communis. CABANG – CABANG PLEXUS COELIACUS * Plexus phrenicus → ke diaphragma dan memberi cabang ke glandula suprarenalii melalui a.phrenica inferior.

7 * Plexus hepaticus lewat a.hepatica → memberi cabang plexus gastricus inferior lewat a.gastroduodenalis. * Plexus lienalis lewat a.lienalis → memberi cabang untuk pancreas. * Plexus hepaticus lewat a.hepatica → memberi cabang – cabang yang mengikuti cabang – cabang a.hepatica. * Plexus renalis yang dibentuk oleh serat – serat dari ganglion aortico renalis yang serat – serat preganglionarnya dari n.splanchnicus major → membentuk plexus renalis. CABANG – CABANG PLEXUS MESENTERICUS SUPERIOR * Cabang – cabangnya mengikuti cabang – cabang a.mesenterica superior ke alat – alat akhir.

8 CABANG –CABANG PLEXUS MESENTERICUS INFERIOR * Cabang – cabangnya mengikuti cabag – cabang a.mesenterica inferior menuju ke alat –alat akhir. Secara umum bisa dijelaskan sebagai berikut : * Organ – organ abdomen dapat persarafan dari cabang – cabang : - Plexus coeliacus mengikuti cabang – cabang a.coeliaca. - Plexus mesentericus superior mengikuti cabang – cabang a.mesenterica superior. - Plexus mesentericus inferior, mengikuti cabang – cabang a.mesenterica inferior. - Plexus aorticus abdominalis mengikuti cabang – cabang aorta abdominalis.

9 Perkecualian : * Semua organ – organ abdomen dipelihara oleh serat – serat simpatis postganglionar, kecuali medulla suprarenalis. * Batas daerah persarafan sistim parasimpatis pars cranialis dan pars sacralis terletak pada flexus colli sinistra.


Download ppt "PERSARAFAN ABDOMEN → Abdomen adalah bagian truncus yang terletak antara thorax dan pelvis. Persarafan abdomen meliputi dinding dan organ – organ abdomen."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google