Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 A Little History. 2 SISTEM KUMPULAN ELEMEN – ELEMEN YANG SALING BERHUBUNGAN / BERINTERAKSI UNTUK MENCAPAI SUATU TUJUAN. SISTEM DAPAT TERDIRI DARI SUPRA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 A Little History. 2 SISTEM KUMPULAN ELEMEN – ELEMEN YANG SALING BERHUBUNGAN / BERINTERAKSI UNTUK MENCAPAI SUATU TUJUAN. SISTEM DAPAT TERDIRI DARI SUPRA."— Transcript presentasi:

1 1 A Little History

2 2 SISTEM KUMPULAN ELEMEN – ELEMEN YANG SALING BERHUBUNGAN / BERINTERAKSI UNTUK MENCAPAI SUATU TUJUAN. SISTEM DAPAT TERDIRI DARI SUPRA SISTEM ( SISTEM YANG LEBIH BESAR) DAN SUBSISTEM (SISTEM YANG LEBIH KECIL). CONTOH : INDUSTRI ==> PERUSAHAAN ==> AKUNTANSI SUPRA SISTEM = INDUSTRI SISTEM = PERUSAHAAN SUBSISTEM = AKUNTANSI KOMPUTER ??? KONSEP DASAR SISTEM

3 3 KARAKTERISTIK SISTEM SUATU SISTEM MEMPUNYAI KARAKTERISITIK ATAU SIFAT –SIFAT YANG TERTENTU, YAITU : KOMPONEN (COMPONENTS) BATAS SISTEM (BOUNDARY) LINGKUNGAN LUAR SISTEM (ENVIRONMENTS) PENGHUBUNG (INTERFACE) MASUKAN (INPUT) KELUARAN (OUTPUT) KOMPONEN SISTEM : KOMPONEN SUATU SISTEM DAPAT BERUPA SUATU SUBSISTEM ATAU BAGIAN – BAGIAN DARI SISTEM. BATAS SISTEM : MERUPAKAN DAERAH YANG MEMBATASI ANTARA SUATU SISTEM DENGAN SISTEM YANG LAINNYA ATAU DENGAN LINGKUNGAN LUARNYA.

4 4 LINGKUNGAN LUAR SISTEM : APAPUN DILUAR BATAS DARI SISTEM YANG MEMPENGARUHI OPERASI SISTEM. PENGHUBUNG SISTEM : MERUPAKAN MEDIA PENGHUBUNG ANTARA SATU SUBSISTEM DENGAN SUBSISTEM LAINNYA. MASUKKAN SISTEM : ENERGI YG DIMASUKKAN KE DALAM SISTEM. KELUARAN SISTEM : HASIL ENERGI YG DIOLAH DAN DIKLAFIKASIKAN MENJADI BERGUNA DAN SISA PEMBUANGAN. KELUARAN (OUTPUT) DARI SATU SUBSISTEM AKAN MENJADI MASUKAN (INPUT) UNTUK SUBSISTEM LAINNYA MELALUI PENGHUBUNG.

5 5 PENGOLAH SISTEM : SUATU SISTEM DAPAT MEMPUNYAI SUATU BAGIAN PENGOLAH YANG AKAN MERUBAH MASUKKAN MENJADI KELUARAN. SUATU SISTEM PASTI MEMPUNYAI TUJUAN (GOAL) DAN SASARAN (OBJECTIVE). SUATU SISTEM DIKATAKAN BERHASIL BILA MENGENAI SASARAN DAN TUJUAN. KLAFIKASI SISTEM : 1.SISTEM ABSTRAK DAN SISTEM FISIK 2.SISTEM ALAMIAH DAN SISTEM BUATAN MANUSIA. 3.SISTEM TERTENTU DAN SISTEM TAK TENTU. 4.SISTEM TERTUTUP DAN SISTEM TERBUKA.

6 6 SISTEM ABSTRAK : SISTEM YANG BERUPA PEMIKIRAN ATAU IDE- IDE YANG TIDAK TAMPAK. CONTOH : SISTEM TEOLOGI. SISTEM FISIK : MERUPAKAN SUATU SISTEM YANG ADA SECARA FISIK. CONTOH : SISTEM AKUNTANSI, SISTEM KOMPUTER. SISTEM ALAMIAH : SISTEM YANG TERJADI MELALUI PROSES ALAM, TIDAK DIBUAT MANUSIA. CONTOH : SISTEM PEREDARAN BUMI. SISTEM BUATAN MANUSIA : SISTEM YANG DIRANCANG OLEH MANUSIA. SISTEM BUATAN MANUSIA YANG MELIBATKAN MANUSIA DAN MESIN DISEBUT HUMAN-MACHINE SYSTEM. CONTOH : SISTEM INFO. DGN KOMP.

7 7 SISTEM TERTENTU : SISTEM YANG BEROPERASI DENGAN TINGKAH LAKU YANG DAPAT DIPREDIKSI / DIPERKIRAKAN. CONTOH : SISTEM KOMPUTER. SISTEM TAK TENTU : SISTEM YANG KONDISINYA TIDAK DAPAT DIPREDIKSI / DIPERKIRAKAN. CONTOH : MASA DEPAN. SISTEM TERTUTUP : MERUPAKAN SUATU SISTEM YANG TIDAK BERHUBUNGAN DAN TIDAK TERPENGARUH DENGAN LINGKUNGAN LUARNYA. SECARA TEORITIS ITU ADA, TETAPI PADA KENYATAAN TIDAK ADA SISTEM YANG BENAR-BENAR TERTUTUP. SISTEM TERBUKA : SISTEM YG BERHUBUNGAN DAN TERPENGARUH DENGAN LINGKUNGAN LUARNYA. SUATU SISTEM HARUS MEMPUNYAI PENGENDALI YANG BAIK.

8 8 KONSEP DASAR INFORMASI DATA : KUMPULAN HURUF / ANGKA ATAU SIMBOL YG BELUM MEMPUNYAI ARTI. PROSES : SEGALA HAL YANG DAPAT MEMBUAT DATA ITU BERARTI. INFORMASI : DATA YANG SUDAH DIOLAH MENJADI BENTUK YANG LEBIH BERGUNA DAN BERARTI. KUALITAS INFORMASI : 1. AKURAT : INFORMASI HARUS BEBAS DARI KESALAHAN – KESALAHAN DAN TIDAK BIAS ATAU MENYESATKAN. 2. TEPAT PADA WAKTUNYA : INFORMASI YANG DATANG PADA PENERIMA TIDAK BOLEH TERLAMBAT, INFO. YG SUDAH USANG TIDAK AKAN BERNILAI LAGI. 3. RELEVAN (MANFAAT) : INFORMASI HARUS MEMPUNYAI MANFAAT UNTUK PEMAIKAINYA.

9 9 PENGERTIAN SISTEM INFORMASI MENURUT JOSEP W.WILKINSON : ” SUATU KERANGKA KERJA DIMANA SUMBER DAYA (MANUSIA, KOMPUTER) DIKOORDINASIKAN UNTUK MENGUBAH MASUKAN (DATA) MENJADI KELUARAN (INFORMASI) GUNA MENCAPAI SASARAN PERUSAHAAN. Whitten : Sekumpulan Orang, data, proses, penyajian informasi dan teknologi informasi yang saling beriteraksi dan meningkatkan kinerja bisnis perusahaan dari hari ke hari sebagai pendukung dalam pemecahan masalah dan pembuatan keputusan yang dibutuhkan oleh Manager ataupun User. PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI (IT) WHITTEN: Istilah yang digunakan untuk menggambarkan kombinasi dari teknologi computer (Hw atau S/W) dg teknologi telekomunikasi (Data, Image, Voice, NetworkS)

10 10 TAHAPAN UNTUK PEMECAHAN MASALAH: 1.IDENTIIFKASI MASALAH 2.MENGERTI DAN ANALISIS MASALAH 3.INDETIFIKASI KEBUTUHAN 4.IDENTIFIKASI ALTERNATIV PENYELESAIAN MASALAH 5.RANCANG SOLUSI YANG BAIK. 6.EVALUASI HASIL. JIKA HASIL BELUM MAKSIMAL KEMBALI KE STEP 1.

11 11 SISTEM ANALIS DAN PROGRAMER SISTEM ANALIS : ORANG YANG MENGANALISA SISTEM (MEMPELAJARI MASALAH – MASALAH YANG TIMBUL DAN MENENTUKAN KEBUTUHAN –KEBUTUHAN PEMAKAI SISTEM ) UNTUK MENGIDENTIFIKASI PEMECAHAN YANG BERALASAN. PROGRAMMER : ORANG YANG MENULIS KODE PROGRAM UNTUK SUATU APLIKASI TERTENTU BERDASARKAN RANCANG BANGUN YANG TELAH DIBUAT OLEH SISTEM ANALIS. BAIK ANALIS SISTEM ATAUPUN PROGRAMMER MEMPUNYAI MASING-MASING TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB.

12 12 BEBERAPA PENGETAHUAN DAN KEAHLIAN YANG DIPERLUKAN OLEH SEORANG SISTEM ANALIS 1.PENGETAHUAN DAN KEAHLIAN TENTANG : TEKNIK PENGOLAHAN DATA, TEKNOLOGI KOMPUTER DAN PEMOGRAMAN 2.PENGETAHUAN BISNIS SECARA UMUM. 3. PENGETAHUAN TENTANG METODE KUANTITATIF, CONTOH: PEMROGRAMAN LINIER, SIMULASI. 4. KEAHLIAN PEMECAHAN MASALAH SISTEM ANALIS HARUS MAMPU MELIHAT MASALAH, MEMECAH MASALAH DALAM BAGIANNYA, MENGANALISANYA KEMUDIAN MERANGKAINYA MENJADI SUATU SISTEM YG DAPAT MENGATASI MASALAH TERSEBUT.

13 Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Maret KEAHLIAN KOMUNIKASI ANTAR PERSONIL. ANALIS SISTEM HARUS MEMPUNYAI KEMAMPUAN UNTUK MENGADAKAN KOMUNIKASI BAIK SECARA LISAN ATAUPUN TERTULIS.KEAHLIAN INI DIPERLUKAN DALAM : - WAWANCARA - PRESENTASI - RAPAT - PEMBUATAN LAPORAN 6. KEAHLIAN MEMBINA HUBUNGAN ANTAR PERSONIL. WATAK MANUSIA SATU DENGAN YANG LAINNYA BERBEDA. ANALIS SISTEM YANG KAKU DALAM MEMBINA HUBUNGAN KERJA DENGAN PERSONIL – PERSONIL YANG LAINNYA YANG TERLIBAT, AKAN MEMBUAT PEKERJAAN MENJADI TIDAK EFEKTIF.

14 14 PROGRAMMER 1.TANGGUNG JAWAB PEMROGRAM TERBATAS PADA PEMBUATAN PROGRAM KOMPUTER. 2.PENGETAHUAN PEMROGRAM CUKUP TERBATAS PADA TEKNOLOGI KOMPUTER, SISTEM KOMPUTER, UTILITIES DAN BAHASA – BAHASA PROGRAM YANG DIPERLUKAN. 3. PEKERJAAN PEMOGRAM SIFATNYA TEKNIS DAN HARUS TEPAT DALAM PEMBUATAN INSTRUKSI – INSTRUKSI PROGRAM. 4. PEKERJAAN PEMOGRAM TIDAK MENYANGKUT HUBUNGAN DENGAN BANYAK ORANG, TERBATAS PADA SESAMA PEMOGRAM, DAN ANALIS SISTEM YANG MEMPERSIAPKAN RANCANG BANGUN (SPESIALISASI) PROGRAMNYA.

15 15 CONTOH : PT. MAJU BERSAMA Masalah: SUATU PERUSAHAAN SELALU RUGI ? Lakukan analisis masalah !!! Hasil Analisis masalah: 1.KEUANGAN (PENGATURAN) ? 2.SISTEM INFORMASI (KONSUMEN) ? 3.SDM (MANUSIA) ? Tentukan suatu perusahaan !!!

16 16 ADA PERTANYAAN ?


Download ppt "1 A Little History. 2 SISTEM KUMPULAN ELEMEN – ELEMEN YANG SALING BERHUBUNGAN / BERINTERAKSI UNTUK MENCAPAI SUATU TUJUAN. SISTEM DAPAT TERDIRI DARI SUPRA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google