Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MEMORI & MEDIA PENYIMPANAN Sistem perangkat keras.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MEMORI & MEDIA PENYIMPANAN Sistem perangkat keras."— Transcript presentasi:

1 MEMORI & MEDIA PENYIMPANAN Sistem perangkat keras

2 Connection: Memory - Processor MAR MDR Processor Memory Panjang word = n bits Sampai 2 k addressable locations k-bit address bus n-bit data bus Control lines, R/W, MFC, etc.

3 Organisasi Internal Memori Bentuk array: terdiri dari sel memori –Sel berisi 1 bit informasi –Baris dari sel membentuk untaian satu word –Contoh: 128 x 8 memori memori mengandung 128 word setiap word terdiri dari 8 bit data Kapasitas memori: 128 x 8 = 1024 bit –Address Decoder digunakan untuk memilih baris word mana yang akan diakses alamat merupakan indeks dari baris pada array tersebut

4

5 Struktur Memori berdasar : speed dan size Control Datapath Secondary Storage (Disk) Processor Registers Main Memory (DRAM) Second Level Cache (SRAM) On-Chip Cache 110,000,000 (10 ms) Speed (ns): GB Size (bytes): KB MB Tertiary Storage 10,000,000,000 (10 sec) TB

6 Memory diklasifikasikan berdasarkan: (1) Lokasi (2) Kapasitas (3) Satuan transfer (4) Cara akses (5) Performansi (6) Jenis fisik (7) Karakteristik fisik

7

8

9

10

11

12

13

14 JENIS-JENIS MEMORI Register Prosesor RAM (Random Access Memory) –Cache Memory (SRAM) (Static RAM) –Memori fisik (DRAM) (Dynamic RAM) ROM (Read Only Memory) –ROM BIOS, Flash Memory –CMOS Perangkat penyimpanan berbasis Disk Magnetis –Floppy Disks, Hard Disk Perangkat penyimpanan berbasis Disk Optik –CD, DVD, HD-DVD, BLU-RAY Punched Card (kuno)

15 RAM (Random Access Memori) RAM diakses melalui alamat, semua lokasi yang dapat dialamati dapat diakses secara acak (random) dan membutuhkan waktu akses yang sama tanpa tergantung pada lokasi fisiknya di dalam memori. Terdapat dua jenis RAM, statik dan dinamik. –RAM dinamik tersusun oleh sel-sel yang menyimpan data sebagai muatan Iistrik pada kapasitor. –RAM statik menyimpan nilai-nilai biner dengan menggunakan konfigurasi gerbang logika flip-flop.

16 RAM Beberapa jenis RAM. SRAM atau Static RAM NV-RAM atau Non-Volatile RAM DRAM atau Dynamic RAM –Fast Page Mode DRAM –EDO RAM atau Extended Data Out DRAM –XDR DRAM –SDRAM atau Synchronous DRAM DDR SDRAM atau Double Data Rate Synchronous DRAM sekarang (2005) mulai digantikan dengan DDR2 RDRAM atau Rambus DRAM

17 TG 117 Tipe, Karakteristik dan Bentuk Memory TipeKarakteristikBentuk SIMM (Single In- line Memory Module)  72 pins, contains a single notch  installed at an angle  contacts are same on both sides DIMM (Dual In-Line memory Module)  168 pins SDRAM  184 pins DDR SDRAM  240 pins DDR2-SDRAM  Installed Vertically  has two notches  contacts are different on both sides SO-DIMMS (Small Outline DIMM)  144 pins & 200 pins  Smaller than DIMMs (about 50% smaller)  Used in Notebooks Micro-DIMMS  214 pins  about one thrid size of DIMMS  used in sub-notebook PCs Flash Memory cards  many types of cards for personal digital devices  Compact Flash  Secure Digital  Memory Stick  USB pen drives

18 ROM (Read Only Memory) Merupakan chip (IC=integrated circuit) yang menyediakan fungsi penyimpanan data yang bersifat “hanya dapat dibaca saja, tidak dapat ditulisi”, atau disebut WORM (write once read many) Sifat penyimpanannya permanen (jika catu dayanya ditiadakan, isi ROM tetap ada). Tipe memori ini sering disebut sebagai memori yang tidak mudah berubah (non-volatile memory).

19 Tipe-tipe ROM

20 PROM (Programmable ROM) Merupakan ROM yang isinya diprogram oleh pabriknya. Jenisnya: ROM Matriks Diode/Transistor BJT/FET

21 EPROM (Erasable PROM) Adalah ROM yang dapat dihapus dan diprogram isinya oleh pengguna. UV-EPROM adalah ROM yang isinya dapat dihapus dengan sinar Ultra Violet. Untuk memrogram ROM ini digunakan EPROM Programmer.

22 EEPROM (Electrically EPROM) ==> flash Yaitu ROM yang isinya dapat dihapus dan diprogram secara elektris. Contoh: CMOS Setup padaPC. Jika ingin mengubah konfigurasi PC, maka pada saat booting tekan tombol Del sehingga muncul informasi konfigurasi yang akan diubah. Pengubahan konfigurasi, pada dasarnya adalah memrogram CMOS/EEPROM secara elektris.

23 Kelebihan EEPROM dibandingkan dengan EPROM: Isinya dapat diprogram bagian per bagian, sedangkan pada EPROM untuk memrogram harus menghapus seluruh isinya terlebih dahulu sehingga tidak memungkinkan permograman bagian per bagian. Pengahupusan EEPROM lebih cepat dibandingkan EPROM, karena dilakukan secara elektris. Waktu penghapusan pada EEPROM dalam orde mili detik (ms) sedangkan pada EPROM pada orde menit. Pemrograman EEPROM dapat dilakukan tanpa melepaskannya dari sistem, sedangkan untuk EPROM harus dilepaskan dari sistem.

24

25 Memori pembantu (auxiliary memory) -Bersifat non-volatile, yaitu jika tidak ada listrik, maka isi memori tidak hilang. - Tidak mempengaruhi langsung fungsi CPU.

26 Pita Magnetik  Merupakan suatu lajur plastik tipis, lebar 1/2 inci, yang dilapisi dengan perekaman magnetik.  Biasa terbagi menjadi 7/9 track searah panjang pita  Kerapatan rekaman (bpi) yaitu 800, 1600, dan 6250 bpi.  Terdapat satu bit paritas untuk pendeteksi­an kesalahan.  Merupakan sistem SAM (Sequential Access Memory) yaitu data ditulis sesuai urutan pemunculannya.  Pada awalnya, dibuat untuk merekam sinyal analog audio.

27 Optic Storage Pada Komputer, sound reproduction, dan video, sebuah optical disc adalah sebuah piringan datar bundar polycarbonate Data disimpan dalam bentuk pits (bumps) pada permukaan datarnya, biasanyadi sepanjang lingkaran spiral tunggal yang menutupi seluruh permukaan cakram (disk / disc). Bahan khusus yang ada pada disk (biasanyan aluminium) disinari oleh dioda laser dan kemudian memantulkan sinar laser tersebut ke optik pembaca. G1 : LD, CD G2 : DVD G3 : HD-DVD, Blu-Ray Next G : TeraDisc (a 3D optical data storage disc)

28 Permukaan Disk Read/Write Head Silinder Track Sektor SCSI (Small Composite System Interface

29 TG 129 Hard drives: Bentuk secondary storage yg menyimpan data pda piringan2 terbagi ke dlm track2 and sector2 konsentris, yg dpt dibaca oleh head baca/tulis yg berporos melintang pada disk yg berputar. Magnetic diskettes: Bentuk secondary storage mudah dibawa pada piringan Mylar feksibel; juga dikenal floppy disks. Optical storage devices: Bentuk secondary storage dimana laser membaca permukaan dari pringan plastik yg memantulkan cahaya. Compact disk, read-only memory (CD-ROM): Bentuk secondary storage yg hanya dapat dibaca dan tak dapat ditulisi. Digital video disk (DVD): Perangkat penyimpan optis yg digunakan utk menyimpan video digital atau data komputer.

30 TG 130 Fluorescent multilayer disk (FMD-ROM): An optical storage device with much greater storage capacity than DVDs. Memory cards Redundant arrays of independent disks (RAID): Sistem storage yang digunakan pada kelompok microcontroller yang tersusun sebagai single logical drive. storage area network (SAN): Sistem storage yang digunakan pada sistem jaringan dan multiple server. Storage-storage lainnya

31

32

33

34 RESUME

35 Hirarki Memori Dalam arsitektur komputer adalah sebuah pedoman yang dilakukan oleh para perancang demi menyetarakan kapasitas, waktu akses, dan harga memori untuk tiap bitnya. Terdapat dua macam: –Hierarki Memori Tradisional –Hierarki Memori Kontemporer

36 Susunan Hirarki Memori Disusun sedemikian rupa agar semakin ke bawah, memori dapat mengalami hal-hal berikut: 1.Peningkatan waktu akses (Access Time) memori (semakin ke bawah semakin lambat, semakin ke atas semakin cepat) 2.Peningkatan kapasitas (semakin ke bawah semakin besar, semakin ke atas semakin kecil) 3.Peningkatan jarak dengan prosesor (semakin ke bawah semakin jauh, semakin ke atas semakin dekat) 4.Penurunan harga memori tiap bitnya (semakin ke bawah semakin semakin murah, semakin ke atas semakin mahal)

37 Hirarki Memori Hierarki Memori Tradisional Hierarki Memori Kontemporer

38 Urutan Memori Dari Yang Tercepat Register Mikroprosesor Cache Mikroprosesor Memori Utama Cache Cakram Magnetis Cakram Magnetis Tape Magnetis Cakram Optik Memori yang lebih kecil, lebih mahal dan lebih cepat diletakkan pada urutan teratas

39 INFO TAMBAHAN

40 Design Memory Desain memory dipangaruhi oleh beberapa hal, yaitu : kecepatan, kapasitas, dan cost. Terdapat beberapa kaitan yang menjadi trade off dalam upaya desain memory : Semakin cepat waktu akses, semakin mahal cost per-bit. Semakin besar kapasitas memory, cost tiap bit semakin murah. Semakin besar kapasistas, semakin lambat waktu aksesnya.

41 Trade-Off Pada Desain Memory

42 Trade-Off Pada Desain Memory (2) Berdasarkan kondisi yang dijelaskan sebelumnya, designer mencoba untuk merancang memory yang berkapasitas besar, namun tetap memperhatikan faktor performa. Solusinya adalah kombinasi antara memory yang berkapasitas besar, dengan memory yang kapasitasnya lebih kecil dengan waktu akses yang cepat.

43 Solusinya … ? Berdasarkan kondisi yang dijelaskan sebelumnya, designer mencoba untuk merancang memory yang berkapasitas besar, namun tetap memperhatikan faktor performa. Solusinya adalah kombinasi antara memory yang berkapasitas besar, dengan memory yang kapasitasnya lebih kecil dengan waktu akses yang cepat.

44 Contoh Kasus (1) Misalkan processor memiliki level memory 2 tingkat, tingkat 1 berisi 1000 word dengan waktu akses 0.1 µs, sedang tingkat 2 dengan kapasitas yang lebih besar word dengan waktu akses 1 µs. Jika word yang akan diakses berada pada tingkat 1, maka processor akan langsung akses. Jika word yang akan diakses ada pada tingkat 2, maka word yang ada pada tingkat 2 akan dipindah ke tingkat 1 dan kemudian akan diakses oleh processor.

45 Contoh Kasus (2) Misalkan 95% waktu akses ada pada tingkat 1, dan 5% ada pada tingkat 2. Sehingga : (0.95)(0.1 µs) + (0.05)(0.1 µs + 1 µs) = = 0.15 µs Nilai yang didapatkan mendekati waktu akses memory tingkat 1. Inilah strategi yang digunakan dalam menyediakan mekanisme processing yang membutuhkan kecepatan akses dan kapasitas yang besar.

46 Cache Memory Idealnya, kecepatan processor harus diimbangi oleh kecepatan memory yang dalam hal ini adalah main memory. Pada penjelasan sebelumnya, terdapat trade-off antara kapasitas yang semakin besar dengan kecepatan akses.

47 Memory Stack

48 Fetching Word To Processor Cache memory berisi copy dari sebagian isi dari main memory. Processor akan mencari word pada cache memory terlebih dahulu jika membutuhkan suatu word. Jika word yang dicari ada pada cache, maka processor langsung akan membacanya. Jika word yang dicari tidak ada, maka beberapa blok dari main memory akan di load ke cache, dan dideliver ke processor.

49 Cache & Memory Structure

50

51 Cache Design Beberapa point yang diperhatikan dalam design suatu cache memory adalah sebagai berikut : Cache size Block size Mapping function Replacement algorithm Write policy


Download ppt "MEMORI & MEDIA PENYIMPANAN Sistem perangkat keras."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google