Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PRESENT BY Rizky Maulidya080411100029 Nur Islami Syabaniyah090411100076 Astrie Nova Islamy090411100045 Novia Sulviatin090411100066.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PRESENT BY Rizky Maulidya080411100029 Nur Islami Syabaniyah090411100076 Astrie Nova Islamy090411100045 Novia Sulviatin090411100066."— Transcript presentasi:

1 PRESENT BY Rizky Maulidya Nur Islami Syabaniyah Astrie Nova Islamy Novia Sulviatin

2  Merupakan bagian dari pada komputer sebagai tempat dimana data dan program disimpan.  Ada dua aktivitas yang dijalankan oleh memori, yakni membaca dan menulis. Gambar. Skema aktivitas “Memori”

3  Kapasitas memori memiliki empat jenis satuan yang biasa di pakai, yakni : - Megabit(Mbit) - Gigabit(Gbit) - Megabyte(Mb) - dan Kilobyte(Kb)  Dan patut kita ketahui, untuk 1 byte = 8 bit, 1 Kbit = 210 bit, 1 Mbit = 220 bit, 1Gbit = 230 bit

4 Contoh : Bagaimana solusi nya.. ?

5

6 1. Berdasarkan Waktu Pengaksesan (Access Time) : a. Memory Dengan Pengaksesan Random (Random Access Memory) b.Memory Dengan Pengaksesan Sekuensial (Sequential Access Memory) 2. Berdasarkan Lamanya Penyimpanan Informasi : a.Memory dengan Penyimpanan Sementara (Temporary Storage Memory) b. Memory dengan Penyimpanan Tetap (Permanent Storage Memory)

7 Apa perlu, manajemen dalam memori… ??? Manajemen memori merupakan suatu manajemen sistem yang memiliki beberapa fungsi, dimana fungsi tersebut berperan penting dalam aktivitas memori itu sendiri. Istilah 1. Swapping 2. Sistem paging 3. Segmentasi 4. Virtual memori

8 sebuah proses penukaran data sementara keluar memori ke backing store dan kemudian dibawa kembali ke memori untuk melanjutkan eksekusi. Alokasi Ruang swap pada disk Strategi dan algoritma yang diabahas adalah untuk mencatat memori utama Ketika proses akan dimasukkan ke memori utama (swap in) sistem dapat menemukan ruang untuk proses-proses itu Dua strategi utama penempatan proses yang dikeluarkan dari memori utama (swap out) ke disk Ruang disk tempat swap dialokasikan begitu diperlukan Ruang disk di tempat swap dialokasikan lebih dahulu

9 merupakan kemungkinan solusi untuk permasalahan fragmentasi eksternal dimana ruang alamat logika tidak berurutan mengijinkan sebuah proses dialokasikan pada memori fisik yang terakhir tersedia. Pada skema paging, tidak terjadi fragmentasi eksternal, karena “sembarang” frame dapat dialokasikan ke proses yang memerlukannya. Tetapi beberapa fragmentasi internal masih mungkin terjadi. why can its happen?

10 Hal ini dikarenakan frame dialokasikan sebagai unit dan jika kebutuhan memori dari proses tidak menemukan page, maka frame terakhir mungkin tidak dialokasikan penuh. Bila suatu proses datang untuk dieksekusi, maka ukurannya diekspresikan dengan page. Setiap page membutuhkan satu frame. Bila proses membutuhkan n page, maka proses tersebut juga membutuhkan n frame. Jika tersedia n frame, maka memori dialokasikan untuk proses tersebut.

11 skema manajemen memori dengan cara membagi memori menjadi segmen-segmen. Dengan demikian, sebuah program dibagi menjadi segmen-segmen. Segmen adalah sebuah unit logis, yaitu unit yang terdiri dari beberapa bagian yang berjenis yang sama. Contoh: program utama, variabel lokal, procedure dan sebagainya. Berbeda dengan halaman, ukuran tiap segmen tidak harus sama dan memiliki 'ciri' tertentu. Ciri tertentu itu adalah nama segmen dan panjang segmen. Nama segmen dirujuk oleh nomor segmen sedangkan panjang segmen ditentukan oleh offset.

12 Keterangan alamat logisnya : s dan d, s adalah nomor segmen / index di dalam tabel segmen d adalah offset. Jika offset kurang dari nol dan tidak lebih besar dari besarnya limit maka base akan dijumlahkan dengan d ( offset ), yang dijumlahkan itu adalah alamat fisik dari segmen tersebut.

13 teknik yang memisahkan memori logika user dari memori fisik. Memori virtual biasanya diimplementasikan menggunakan demand paging atau demand segmentation. Tetapi algoritma segment-replacement lebih kompleks daripada algoritma page-replacement karena segmen mempunyai ukuran yang bervariasi.

14 Pada seorang programmer, penyediaan memori virtual yang sangat besar sangatlah dibutuhkan bila hanya ada memori fisik yang ukurannya lebih kecil. Disini, Programmer tidak perlu khawatir jumlah memori fisik yang tersedia, sehingga dapat berkonsentrasi pada permasalahan pemrograman.

15 Memiliki tiga sifat, yakni : Available Reserved Commited

16 Page Replacement refinement of the clock policy Kernel Memory Allocator most blocks are smaller than a typical page size

17 Memiliki 1. Ruang alamat besar Ruang alamat dapat lebih besar dibanding memori fisik yang tersedia 2. Proteksi Tiap proses di sistem mempunyai ruang alamat maya tersendiri. Ruang-ruang alamat maya itu sepenuhnya terpisah. Proses yang berjalan di satu aplikasi tidak dapat mengganggu proses lainnya. 3. Pemetaan memori Dilakukan pemetaan antara memori maya ke memori fisik yang tersedia. 4. Memori maya bersama (shared virtual memory) Memori maya bersama ini untuk menghemat ruang memori, seperti pustaka dinamis bagi beberapa proses.


Download ppt "PRESENT BY Rizky Maulidya080411100029 Nur Islami Syabaniyah090411100076 Astrie Nova Islamy090411100045 Novia Sulviatin090411100066."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google