Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KLARIFIKASI ISTILAH Disusun oleh: Saiful Amien. Jika kurikulum dimaknai sebagai rencana pengalaman belajar yang akan dihadapi oleh peserta didik di bawah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KLARIFIKASI ISTILAH Disusun oleh: Saiful Amien. Jika kurikulum dimaknai sebagai rencana pengalaman belajar yang akan dihadapi oleh peserta didik di bawah."— Transcript presentasi:

1 KLARIFIKASI ISTILAH Disusun oleh: Saiful Amien

2 Jika kurikulum dimaknai sebagai rencana pengalaman belajar yang akan dihadapi oleh peserta didik di bawah arahan sekolah, maka tujuan pengembangannya adalah menyediakan wahana untuk membimbing dan mengarahkan pada pengalaman di atas…

3 Proses menyiapkan wahana dan menjaganya agar berjalan dengan baik, disebut sebagai pengembangan kurikulum (Curriculum Development)

4 PENGEMBANGAN KURIKULUM (Curriculum Development): Istilah yang lebih komprehensif, mencakup perencanaan (planning), pelaksanaan (implementation), dan evaluasi (evaluation)

5 PLANNING IMPLEMEN- TATION EVALU- ATION

6 PENINGKATAN KURIKULUM (Curriculum Improvement): Ketika “pengembangan” mengimplikasikan suatu perubahan dan perbaikan, maka “peningkatan kurikulum” sering digunakan dalam arti yang sama dengan “pengembangan”, walaupun pada banyak kasus, peningkatan lebih dipandang sebagai hasil dari pengembangan

7 PERENCANAAN KURIKULUM (Curriculum Planning): fase permulaan dalam Pengembangan Kurikulum, saat pekerja kurikulum membuat keputusan dan menentukan aksinya untuk menetapkan rencana yang akan dilaksanakan oleh guru dan peserta didik.

8 PELAKSANAAN KURIKULUM (Curriculum Implementation): Penerjemahan rencana kurikulum ke dalam bentuk aksi nyata.

9 Selama tahap perencanaan, pola tertentu organisasi atau reorganisasi suatu kurikulum ditetapkan. Pola itu kemudian dioperasikan pada tahap pelaksanaan.

10 Cara menyampaikan pengalaman belajar, misalnya, dengan menggunakan tim guru diambil dari konteks perencanaan dan dibuat operasional.

11 Ketika pelaksanaan kurikulum menerjemahkan rencana menjadi aksi nyata di dalam kelas, dengan demikian telah mentransformasikan bidang kurikulum ke dalam bidang pembelajaran..

12 … Peran guru pun berubah, dari pekerja kurikulum menjadi pendamping pembelajaran.

13 EVALUASI KURIKULUM (Curriculum Evaluation): Fase terakhir dari suatu pengembangan kurikulum, di mana hasilnya diukur, dan sukses pebelajar maupun program belajarnya ditetapkan.

14 Kadang-kadang, Perbaikan Kurikulum (curriculum revision) digunakan untuk merujuk pada proses membuat perubahan dalam kurikulum (perubahan dirinya sendiri), dan itu sebagai istilah lain dari “Pengembangan/Peningkatan Kurikulum”

15 IDE PROGRAM SILABUS PENGALAMAN HASIL E V A L U A S I PERENCANAAN IMPLEMENTASI EVALUASI PROSES PENGEMBANGAN KURIKULUM

16 Sumber: Oliva, Peter F Developing the Curriculum. HarperCollin Publishers. New York. Halaman 26.

17


Download ppt "KLARIFIKASI ISTILAH Disusun oleh: Saiful Amien. Jika kurikulum dimaknai sebagai rencana pengalaman belajar yang akan dihadapi oleh peserta didik di bawah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google