Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengertian Pendampingan Proses pemberian bantuan penguatan pelaksanaan Kurikulum 2013, diberikan oleh Guru Inti, Kepala Sekolah, dan Pengawas kepada Guru.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengertian Pendampingan Proses pemberian bantuan penguatan pelaksanaan Kurikulum 2013, diberikan oleh Guru Inti, Kepala Sekolah, dan Pengawas kepada Guru."— Transcript presentasi:

1

2 Pengertian Pendampingan Proses pemberian bantuan penguatan pelaksanaan Kurikulum 2013, diberikan oleh Guru Inti, Kepala Sekolah, dan Pengawas kepada Guru Sasaran satuan pendidikan pelaksana Kurikulum 2013.

3 Pemberi Pendampingan Guru Inti dan Guru Sasaran yang telah dilatih dan dinyatakan kompeten untuk melakukan pendampingan berdasarkan ketetapan Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan PMP. Penerima Pendampingan Guru Sasaran yang telah mendapatkan pelatihan awal untuk melaksanakan Kurikulum SMK 2013.

4 Pada dasarnya harus memiliki kompetensi lebih dibandingkan yang didampingi: (1)Memahami secara jelas konsep dan jiwa Kurikulum 2013; (2)Mampu menjelaskan persoalan dan berkomunikasi secara baik dengan pihak yang didampingi; (3)berjiwa pembimbing (tidak menggurui); (4)Mampu memberikan bimbingan teknis tentang RPP, proses pembelajaran, dan penilaian sesuai Kurikulum Kriteria Pendamping

5 a.Sasaran Pendampingan Guru mata pelajaran: Matematika, Bahasa Indonesia, dan Sejarah Indonesia Kelas X pada 1021 SMK sasaran. SASARAN, STRATEGI, DAN MEKANISME PENDAMPINGAN

6 b.Strategi Pendampingan 1.Pertemuan awal Kegiatan pengkondisian, penjelasan tujuan, penyepakatan materi pendampingan, agenda kegiatan. 2.Observasi lapangan Kegiatan pengamatan terhadap RPP, media dan alat bantu pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, serta pelaksanaan penilaian pembelajaran.

7 3.Pembahasan hasil observasi Kegiatan pembahasan hasil observasi lapangan untuk mendiskusikan dan merumuskan langkah-langkah perbaikan. 3.Penyusunan laporan Pendamping menyusun laporan proses dan hasil pendampingan.

8 1.Tahap Persiapan (In) dI SMK Klaster a.Penyiapan bahan pendukung; silabus, RPP, contoh projek, penilaian portofolio, rapor, dll. b.Penyiapan Instrumen tentang pemahaman umum Guru Sasaran: •Buku teks buku pedoman guru, •Proses pembelajaran dan penilaian, •Penyusunan RPP, •Pelaksanaan pembelajaran, •Pelaksanaan penilaian. c.Penyepakatan antara Guru Inti dan Guru Sasaran tentang sasaran, materi, jadwal dan strategi pendampingan. TAHAPAN PENDAMPINGAN

9 2.Tahap Pelaksanaan Pendampingan A.Pelaksanaan Tahap 1 (On) di SMK Sasaran Bulan Oktober 2013, mencakup:  Menggali keterbukaan, keyakinan, dan penerimaan terhadap Kurikulum SMK 2013;  Mengkaji dan membimbing guru sasaran memahami konsep dan implementasi Kurikulum 2013;  Mengkaji dan membimbing guru sasaran menyusun program pembelajaran sesuai dengan konsep Kurikulum SMK 2013;  Menggali berbagai kendala berkenaan dengan konsep dan implementasi ;Kurikulum SMK 2013;  Memfasilitasi pemecahan masalah.

10 B.Pelaksanaan Tahap 2 (In) di SMK Klaster •refleksi tentang implementasi Kurikulum SMK 2013 untuk memahami kesulitan yang masih dirasakan; •penguatan terhadap keyakinan dan penerimaan guru tentang pendekatan, model, dan penilaian pembelajaran pada Kurikulum SMK 2013; •observasi keterlaksanaan penerapan scientific, discovery learning, dan project based learning; •Memberikan layanan konsultasi, modelling, dan coaching.

11 C.Pelaksanaan Tahap 3 (On) di SMK Sasaran Pada bulan November mencakup:: •refleksi tentang implementasi Kurikulum SMK 2013 untuk memahami kesulitan yang masih dirasakan; •penguatan terhadap keyakinan dan penerimaan guru tentang pendekatan, model, dan penilaian pembelajaran pada Kurikulum SMK 2013; •observasi keterlaksanaan penerapan scientific, discovery learning, dan project based learning; •Memberikan layanan konsultasi, modelling, dan coaching.

12 3.Tahap Akhir (In) di SMK Klaster •Pembahasan (lokakarya) hasil pendampingan dan penyusunan laporan pendampingan oleh masing-masing Guru Inti; •Menyerahkan laporan hasil pendampingan ke Direktorat PSMK, diketahui oleh Kepala SMK Klaster.

13  Selama 3 (tiga) bulan, bulan oktober 2013 berakhir bulan desember  Tatap muka langsung dilakukan sesuai dengan surat penugasan.  Pendampingan online selama 5 bulan (batas waktu ojl);  Tempat pendampingan langsung di lokasi sekolah sasaran. WAKTU DAN TEMPAT PENDAMPINGAN

14 Bentuk:  tatap muka  online. Teknik, antara lain:  konsultasi  penyampaian informasi  modeling  mentoring  coaching BENTUK DAN TEKNIK PENDAMPINGAN

15 Terima kasih


Download ppt "Pengertian Pendampingan Proses pemberian bantuan penguatan pelaksanaan Kurikulum 2013, diberikan oleh Guru Inti, Kepala Sekolah, dan Pengawas kepada Guru."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google