Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Eko Hendratno Basis Data ABSTRAKSI DATA. ABSTRAKSI DATA Salah satu kegunaan DBMS adalah untuk menyediakan fasilitas antarmuka (interface) yang bersifat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Eko Hendratno Basis Data ABSTRAKSI DATA. ABSTRAKSI DATA Salah satu kegunaan DBMS adalah untuk menyediakan fasilitas antarmuka (interface) yang bersifat."— Transcript presentasi:

1 Eko Hendratno Basis Data ABSTRAKSI DATA

2 ABSTRAKSI DATA Salah satu kegunaan DBMS adalah untuk menyediakan fasilitas antarmuka (interface) yang bersifat ramah pengguna (user friendly) dalam melihat dan mengolah data kepada pemakai. Untuk itu sistem tersebut akan menyembunyikan detail tentang bagaimana data disimpan dan dipelihara. Karena itu seringkali data yang terlihat oleh pemakai sebenarnya berbeda dengan data yang tersimpan secara fisik. Abstraksi data merupakan tingkatan level dalam melihat data dalam sebuah sistem basis data, yang dapat dikelompokan menjadi tiga tingkatan / level yaitu :

3 1. Level Fisik (Physical Level) Merupakan level terendah dalam abstraksi data. Pada level ini menunjukan bagaimana (how) sesungguhnya suatu data disimpan dalam kondisi sebenarnya dan struktur data dijabarkan secara rinci. 2. Level Logis / Konseptual (Conceptual Level) Merupakan level berikutnya dalam abstraksi data yang menggambarkan data apa (what) yang disimpan dalam basis data dan hubungannya dengan data yang lain. Pemakai pada level ini misalnya, pada kasus sistem kepegawaian (personalia) bahwa data pegawai disimpan/dipresentasikan dengan beberapa tabel lainnya yang berhubungan seperti tabel pribadi, tabel asuransi, tabel gaji, tabel keluarga dsb.

4 3. Level Pandangan Pemakai (View Level) Merupakan level tertinggi dari abstraksi data, level tersebut sangat dekat dengan pemakai (end user) yang berorientasi pada kebutuhan pengguna. Data yang dikenal oleh masing-masing pengguna bisa berbeda-beda dan barangkali hanya mencakup sebagian dari basis data. Sebagai contoh, seseorang yang menangani pengajian tentu saja berhak mengetahui gaji seseorang dan bahkan dapat mengubahnya, tetapi orang yang bekerja di bagian lain tentu tidak dapat mengaksesnya.

5 Struktur Penyimpanan Adalah Modul program yang menyediakan antar muka antara data tingkat rendah yang disimpan pada basis data dengan program aplikasi dan query yang dikirim ke sistem. Pengaturan penyimpanan bertanggung jawab terhadap interaksi dangan pengatur file. Data mentah disimpan pada disk menggunakan sistem file yang disediakan oleh sistem operasi konvensional. Pengaturan penyimpanan menenjemahkan berbagai pernyataan DML menjadi sistem file tingkat rendah. Oleh karena itu pengatur penyimpanan bertanggung jawab terhadap penyimpanan, pengambilan data dalam basis data.

6 Komponen pengatur penyimpanan sbb : Pengatur otorisasi dan integritas, menguji batasan integritas dan mengecek otoritas pengguna untuk mengakses data. Pengaturan transaksi, memastikan bahwa basis data tetap konsisten meskipun ada kegagalan pada sistem dan eksekusi transaksi yang terjadi bersamaan tanpa terjadi konflik. Pengatur File, mengatur alokasi ruang pada disk dan struktur data yang digunakan untuk mewakili informasi yang disimpan pada disk. Pengaturan penyimpanan sementara, bertanggung jawab mengambil data dari disk, memasukkan kememori utama, dan memutuskan data yang akan disimpan sementara dalam memori utama.

7 Penyimpanan sementara adalah bagian penting sistem basis data karena ini memungkinkan basisdata menangani data berukuran jauh lebih besar dari ukuran memori utama. Pengaturan penyimpanan menerapkan beberapa struktur data sebagai bagian penerapan sistem fisik yaitu : 1. File data, Menyimpan basis data sendiri 2. Kamus data, menyimpan meta data tentang struktur basis data, terutama skema basis data. 3. Indeks, menyediakan akses cepat ke data yang memiliki nilai tertentu.

8 Struktur Pengolahan Sistem pengolahan basis data pada umumnya memiliki sejumlah modul / komponen fungsional seperti : 1. File Manager, mengelola alokasi ruang dalam disk dan struktur data yang dipakai untuk merepresentasikan informasi yang tersimpan dalam disk. 2. Database Manager, menyediakan interface low level dan program aplikasi / query. 3. Query Processor, menterjemahkan perintah query keperintah low level. 4. DML (Data Manipulation Language), menterjemakan instruksi-intruksi DML yang terdapat dalam program aplikasi menjadi kode-kode object yang dapat dimengerti oleh Database Manager.

9 Biografis Penulis Eko / Hendra biasa dipanggil ia sekarang melanjutkan kuliah di PT IBI darmajaya Teknik Komputer Bandar lampug kegiatanya yaitu senang mengumpulkan e-book atau bahan bacaan terutama dalam bidang IT Blog:http://ekohendratno.wordpress.comhttp://ekohendratno.wordpress.com


Download ppt "Eko Hendratno Basis Data ABSTRAKSI DATA. ABSTRAKSI DATA Salah satu kegunaan DBMS adalah untuk menyediakan fasilitas antarmuka (interface) yang bersifat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google