Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kontrak Praktikum Rabu, 24 Maret 2010

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kontrak Praktikum Rabu, 24 Maret 2010"— Transcript presentasi:

1 Kontrak Praktikum Rabu, 24 Maret 2010 teguh.arifianto.1988@gmail.comhasansulthoni@gmail.com

2 Gambaran Umum Praktikum ini memuat beberapa modul, yakni 1. Struktur Program Pascal, Tipe data, Variabel dan konstanta. 2. Penyeleksian kondisi 3. Pengulangan (Looping) 4. Prosedur dan Fungsi 5. Array 6. Record Modul-modul ini harus dapat dikuasai oleh mahasiswa sebagai dasar penguasaan Algoritma Pemrograman teguh.arifianto.1988@gmail.comhasansulthoni@gmail.com

3 Alur Bagi Peserta Praktikum  Peserta praktikum menerima dan kemudian mempelajari modul praktikum.  Peserta praktikum mengerjakan tugas prepraktikum yang diberikan.  Peserta praktikum melakukan asistensi tugas prepraktikum. Asistensi ini digunakan sebagai bahan bagi asisten untuk menilai kesiapan peserta juga berfungsi sebagai ajang diskusi peserta praktikum atas kesulitan yang dialaminya.  Peserta praktikum mendemokan implementasi tugas praktikum kepada asisten. teguh.arifianto.1988@gmail.comhasansulthoni@gmail.com

4 Peraturan Praktikum  Praktikan harus menghadiri setiap sesi praktikum, tidak hadir tanpa keterangan akan menyebabkan hak menjadi praktikan gugur (nilai E).  Tugas prepraktikum paling lambat diserahkan sebelum praktikum dimulai.  Laporan praktikum dianggap sah apabila praktikan telah melakukan asistensi sesuai dengan materi praktikum.  Laporan resmi adalah gabungan dari semua laporan praktikum tiap sesi  Laporan resmi permodul paling lambat diserahkan 1 hari sebelum praktikum modul berikutnya  Peraturan lain yang belum diatur akan diatur kemudian teguh.arifianto.1988@gmail.comhasansulthoni@gmail.com

5 Grade Penilaian  Tugas Prepraktikum = 10%  Kehadiran, Tugas praktikum, Test = 20%  Asistensi dan laporan praktikum = 25%  Laporan resmi + Demo Akhir = 45% AsistenDosen teguh.arifianto.1988@gmail.comhasansulthoni@gmail.com

6 MODUL 1 Senin, 22 Maret 2010 hasansulthoni@gmail.com teguh.arifianto.1988@gmail.comhasansulthoni@gmail.com

7 Struktur Program Pascal Struktur program Pascal terdiri dari tiga bagian, yaitu:  Judul Program. Judul ini sifatnya adalah optional dan tidak signifikan.  Bagian Deklarasi. Bagian ini digunakan bila program akan untuk mendefinisikan berbagai macam identifier, seperti label, konstanta, tipe, variabel, prosedur dan fungsi.  Bagian Deskripsi. bagian ini digunakan untuk meletakkan seluruh instruksi program. Instruksi-instruksi yang akan diberikan untuk dikerjakan ditulis di antara “Begin” dan “End". Penulisan “End“ diakhiri dengan tanda baca titik (‘.’). Yang perlu diperhatikan bahwa setiap instruksi diakhiri dengan tanda baca titik koma (‘;’). teguh.arifianto.1988@gmail.comhasansulthoni@gmail.com

8 DEKLARASI Deklarasi program bersifat opsional khusus. Deklarasi program termasuk identifier (pengenal), yaitu kata-kata yang diciptakan oleh pemrogram untuk mengidentifikasi sesuatu. Syarat identifier: 1.Harus diawali oleh alphabet 2.Huruf besar/ kecil yang digunakan dianggap sama 3.Penyusun dari sebuah identifier tidak boleh berupa: tanda baca, tanda relasi, symbol arithmatik, karakter khusus atau reserved word 4.Tidak boleh dipisahkan dengan spasi, apabila hendak dipisahkan maka menggunakan tanda ( _ ) 5.Panjang identifier tidak dibatasi tetapi sebaiknya gunakan se- efektif mungkin. teguh.arifianto.1988@gmail.comhasansulthoni@gmail.com

9 Tipe Data  Tipe data berfungsi membatasi jangkauan data yang akan dilaksanakan. teguh.arifianto.1988@gmail.comhasansulthoni@gmail.com

10 Tipe Data Integer  Operator-operator yang berlaku pada tipe data integer, yaitu :  Operator arithmatik : +, -, *, /, div, mod  Operator logic :, =, <>  Tipe data integer masih dibagi menjadi 5 tipe:  Shortint  Byte  Integer  Word  Longint teguh.arifianto.1988@gmail.comhasansulthoni@gmail.com

11  Tipe Real  Dibagi menjadi 5 macam, yaitu :  Real (6 byte)  Extended (10 byte)  Single (4 byte)  Comp (8 byte)  Double (8 byte)  Tipe Char (Karakter)  Char adalah semua tombol yang terdapat pada keyboard atau lebih lengkapnya semua karakter yang terdapat pada kode ASCII.  Catatan : Apabila char ingin dijadikan sebagai konstanta maka karakter yang dimasukkan harus diapit dengan tanda kutip satu. Dan apabila karakter itu berupa tanda kutip satu maka harus diapit dengan dua tanda kutip satu. teguh.arifianto.1988@gmail.comhasansulthoni@gmail.com


Download ppt "Kontrak Praktikum Rabu, 24 Maret 2010"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google