Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Struktur Project Android

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Struktur Project Android"— Transcript presentasi:

1 Struktur Project Android
Pemrograman Bergerak Struktur Project Android 1

2 Pembuatan Project Android
2 Pembuatan Project Android Pada menu File, pilih New, pilih Android Project

3 3 Project name: nama project (disarankan menggunakan CamelCase, misalnya HelloWorld) Build Target: target minimal platform Android dimana aplikasi akan dijalankan (perhatikan statistik plaftform android) Package name: nama package untuk identifier unique aplikasi anda (application name + package)

4 Quiz Jika pada saat pembuatan Android Project anda menentukan Build Target adalah , maka aplikasi anda akan dapat berjalan pada perangkat Android: a. Eclair API level 7 keatas b. Froyo API level 8 keatas c. Gingerbread API level 9 keatas d. Gingerbread API level 10 keatas e. Honeycomb API level 11 keatas

5 5 Package Explorer anda dapat melakukan explorasi terhadap file-file yang terdapat pada project HelloWorld.

6 Struktur Project Android
Secara umum sebuah project Android terdiri dari beberapa folder dan file utama yaitu: Folder src gen Android2.3.3 (tergantung pada target plaftform) assests res File AndroidManifest.xml default.properties (otomatis dibuat ADT) proguard.cfg (otomatis dibuat ADT) R.java File proguard.cfg akan digunakan pada saat anda melakukan build aplikasi pada “release mode”, dimana dilakukan proses shrinks, optimizes, dan obfuscates kode anda dengan menghilangkan kode yang tidak digunakan, menganti nama class, fields, dan method dengan nama semantik yang diobscure.

7 Quiz Struktur Project Android dapat dilihat pada jendela:
a. Project Explorer b. Packet Explorer c. Project Navigator d. Packet Navigator e. Project Inspector

8 Quiz Berikut ini mana yang bukan merupakan bagian dari Project Android: a. Andorid Manifest File b. R.java c. folder properties d. folder src e. folder res

9 res Folder res merupakan tempat dimana kita menempatkansegala sumber daya yang akan digunakan pada aplikasi seperti: Layout Gambar (icon) String dan Nilai Sumber daya ini digunakan pada saat pembuatan layout, class java maupun manifest.

10 Quiz Pada folder res anda menempatkan file: a. icon b. XML layout
c. XML string dan value d. b dan c benar e. a, b, dan c benar

11 Drawable resources File-file gambar (icon) ditempatkan pada folder:
drawable-hdpi (72x72) drawable-mdpi (48x48) drawable-ldpi (36x36) Sesuai dengan dpi masing-masing. Anda perlu menyediakan icon berbagai ukuran untuk mengantisipasi kemungkinan aplikasi anda diinstalasi pada perangkat dengan tampilan dpi yang berbeda. Konvensi penamaan: ic_, ic_launcher_, ic_menu_, ic_stat_notify_, ic_tab_, ic_dialog_

12 Perbandingan dpi Icon Icon ditampilkan pada layar dengan dpi berbeda
Icon(36x36, 48x48, 72x72) menurut masing-masing dpi

13 Value resources Values resource merupakan file XML yang berisi deklarasi nilai untuk array, color, dimension, dan string. File XML tersebut ditempat pada folder res/values <?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <resources> <string name="hello">Hello World, HelloWorldActivity!</string> <string name="app_name">HelloWorld</string> </resources>

14 Layout Resources Layout resources merupakan rancangan antarmuka Activity pada program Android yang ditulis dalam format file XML. <?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <LinearLayout xmlns:android=" android:orientation="vertical" android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="fill_parent" > <TextView android:layout_height="wrap_content" /> </LinearLayout>

15 Quiz Jika sebuah icon pada baseline berukuran 48x48, berikut ini pernyataan yang salah adalah: a. pada ldpi ukuran icon adalah 36x36 b. pada mdpi ukuran icon adalah 48x48 c. pada hdpi ukuran icon adalah 72x72 d. pada xhdpi ukuran icon adalah 96x96 e. semua pernyataan diatas salah

16 Folder Assets Direktori “assets” dapat digunakan untuk menyimpan raw asset file, dan anda dapat mengakses data melalui AssetsManager dengan metoda getAssets(). Contoh: InputStream is; try { is = getAssets().open("sample.txt"); BufferedReader br = new BufferedReader(new InputStreamReader(is)); String line = null; while ((line = br.readLine()) != null) { Log.e("wtf", line); } br.close(); } catch (IOException e) { // TODO Auto-generated catch block e.printStackTrace();

17 R.java File R.java merupakan perekat antara bagian program dengan Resources. File ini secara otomatis digenerate, dan anda tidak diperbolehkan untuk melakukan perubahan pada file ini. /* AUTO-GENERATED FILE. DO NOT MODIFY. * * This class was automatically generated by the * aapt tool from the resource data it found. It * should not be modified by hand. */ package com.example; public final class R { public static final class attr { } public static final class drawable { public static final int icon=0x7f020000; public static final class layout { public static final int main=0x7f030000; public static final class string { public static final int app_name=0x7f040001; public static final int hello=0x7f040000;

18 Quiz File R.java bersifat autogenerated dan boleh dimodifikasi (Benar/Salah)

19 Source Code Semua source code aplikasi anda ditempatkan pada folder src, dibawah nama package anda (com.hendra). Contoh: package com.example; import android.app.Activity; import android.os.Bundle; public class HelloWorldActivity extends Activity { /** Called when the activity is first created. */ @Override public void onCreate(Bundle savedInstanceState) { super.onCreate(savedInstanceState); setContentView(R.layout.main); }

20 Android Manifest Android Manifest adalah file XML yang berisi informasi terkait dengan aplikasi anda seperti Activity dan Permission. Contoh: <?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <manifest xmlns:android=" package="com.example" android:versionCode="1" android:versionName="1.0"> <uses-sdk android:minSdkVersion="10" /> <application <activity android:name=".HelloWorldActivity" <intent-filter> <action android:name="android.intent.action.MAIN" /> <category android:name="android.intent.category.LAUNCHER" /> </intent-filter> </activity> </application> </manifest> Activity “.HelloWorldActivity” ini adalah merupakan aktivitas utama atau dengan kata lain merupakan titik masuk ke aplikasi (android.intent.action.MAIN), dan Activity ini akan ditempatkan pada lokasi Launcher aplikasi (android.intent.category.LAUNCHER) sehingga pemakai dapat mengaktifkan aplikasi.

21 Quiz Berikut ini bukan merupakan file yang terdapat pada Project Android: a. AndroidManifest.xml b. R.java c. default.properties d. proguard.cfg e. resource.bundle

22 Latihan Buatlah aplikasi Android yang menampilkan pesan Hello World !
Lakukan explorasi terhadap struktur project aplikasi tersebut dengan mempelajari masing- masing folder pada proyek. Tuliskan kembali dalam kata-kata anda sendiri struktur suatu program android terkait dengan folder /src, /gen, /res/drawable, /res/layout, /res/values. Tuliskan kembali dalam kata-kata anda fungsi dari AndroidManifest.XML

23 2323 Sekian & Terima Kasih


Download ppt "Struktur Project Android"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google