Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pemrograman Bergerak Lokalisasi Aplikasi 1.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pemrograman Bergerak Lokalisasi Aplikasi 1."— Transcript presentasi:

1 Pemrograman Bergerak Lokalisasi Aplikasi 1

2 Tujuan Lokalisasi Aplikasi Android dapat digunakan diberbagai region, dan mencapai user yang luas sehingga aplikasi perlu dirancang untuk menangani tulisan, file audio, angka, mata uang dan grafik dengan cara yang sesuai dengan lokasi pemakai.

3 Pengaturan Resources Android menyimpan Resources pada directory /res, dan Android secara default dapat memilih dan memuat sumber daya dari directory yang berbeda berdasarkan konfigurasi locale pada peralatan. Untuk mendukung lokalisasi, aplikasi anda perlu membuat resources untuk masing-masing locale yang didukung dan disertasi dengan resource default.

4 Contoh Resources Keterangan Isi file
File resource Keterangan Isi file /res/values-en-rUS/strings.xml Resource untuk language English Region US <?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <resources> <string name="hello">Halo dunia, PersegiActivity!</string> <string name="app_name">Persegi</string> <string name="length">panjang</string> <string name="width">lebar</string> <string name="calculate">hitung</string> <string name="result">hasil</string> </resources> /res/values-en/strings.xml Resource untuk language English <string name="hello">Hello world, PersegiActivity!</string> <string name="app_name">Rectangle</string> <string name="length">length</string> <string name="width">width</string> <string name="calculate">calculate</string> <string name="result">result</string> /res/values/strings.xml Default resource

5 android:orientation="vertical" android:layout_height="fill_parent">
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android" android:orientation="vertical" android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="fill_parent"> <TextView android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content" <EditText android:layout_height="wrap_content" android:layout_width="match_parent" <requestFocus></requestFocus> </EditText> <TextView <Button android:onClick="hitungOnClick"></Button> <TextView </LinearLayout>

6 Misalkan locale pada perangkat adalah 'en-US', maka android akan mencari nilai R.string.length berdasarkan aturan pencarian sebagai berikut: res/values-en-rUS/strings.xml res/values-en/strings.xml res/values/strings.xml Jika pencarian akan berhenti sesuai dengan hasil pencarian yang ditemukan pertama kalinya berdasarkan urutan diatas.

7 Penamaan Menurut ISO Lokalisasi juga dapat dilakukan pada resource lainnya dengan menggunakan aturan penamaan yang sama pada sufiks folder yang mengikuti standard kode ISO. Flag image Target folder Italian drawable-it-rIT/flag.png French drawable-fr-rFR/flag.png French (Canada) drawable-fr-rCA/flag.png English (Canada) drawable-en-rCA/flag.png Russian drawable-ru-rRU/flag.png US English drawable-en-rUS/flag.png Default (Indonesia) drawable/flag.png

8 Kesimpulan Agar aplikasi yang anda buat dapat mendukung banyak bahasa berdasarkan setting language dan regional, berikut ini adalah hal yang perlu anda perhatikan: Jangan melakukan hard-code pada string ataupun konstanta string; sebagai gantinya gunakan definisi string tersebut pada resource string.xml dan genakan referensi R.string. Hal yang sama juga berlaku untuk image atau layout; gunakan R.drawable dan R.layout Terjemahkan masing-masign nilai pada file string.xml dan tempatkan string.xml hasil terjemahan ke folder yang sesuai.

9 Sekian & Terima Kasih 9


Download ppt "Pemrograman Bergerak Lokalisasi Aplikasi 1."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google