Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Nur Hidayat TIP – FTP – UB. Pendahuluan Ekonomi lingkungan sebagai bagian dari ilmu ekonomi bersifat positif dan normatif Pengendalian masalah lingkungan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Nur Hidayat TIP – FTP – UB. Pendahuluan Ekonomi lingkungan sebagai bagian dari ilmu ekonomi bersifat positif dan normatif Pengendalian masalah lingkungan."— Transcript presentasi:

1 Nur Hidayat TIP – FTP – UB

2 Pendahuluan Ekonomi lingkungan sebagai bagian dari ilmu ekonomi bersifat positif dan normatif Pengendalian masalah lingkungan dalam suatu negara baru dapat dilaksanakan secara efektif jika ada keterpaduan antara pembangunan ekonomi dan lingkungan Ekonomi lingkungan pada hakikatnya berdasarkan teori ekonomi mikro, dimana teori ekonomi mikro berhubungan dengan produksi, pertukaran dan konsumsi barang-barang dan jasa.

3 Pendahuluan Kegiatan ekonomi dan pembangunan baik produksi maupun konsumsi akan mempengaruhi kualitas lingkungan baik secara langsung ataupun tidak langsung proses pembangunan atau kegiatan ekonomi banyak sekali terjadi proses pencemaran yang berakibat buruk terhadap lingkungan

4 Keseimbangan Bahan Bahan (material) yang digunakan dalam proses produksi pada dasarnya merupakan bahan yang diambil dari lingkungan, ditambah impor atau ekspor, ditambah dengan bahan yang didaur ulang dan kapital perlu dilakukan usaha untuk ’mengembalikan segala sesuatu’ (bahan) yang diambil dari lingkungan dengan usaha pengelolaan sumber daya yang efektif dan efisien sumberdaya bersifat terbatas sedangkan kebutuhan manusia tidak terbatas

5 Keseimbangan lingkungan

6 Biaya dan Manfaat Manfaat merupakan nilai barang dan jasa bagi konsumen, sedangkan biaya merupakan manfaat yang tidak diambil, lepas atau hilang (opportunity cost). UU No. 23 Tahun 1997 Pasal 15 ayat 1 disebutkan bahwa untuk mengukur atau menentukan dampak besar dan penting akibat kegiatan industri digunakan beberapa kriteria UU No 32/2009 Pasal 45 dinyatakan Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia serta pemerintah daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah wajib mengalokasikan anggaran yang memadai untuk membiayai: kegiatan perlindungan dan pengelolaan lingkungan

7 Pendekatan Penentuan Nilai Sumberdaya Alam Penilaian langsung, dilakukan dengan melihat (a) produktifitas lahan, (b) pendapatan yang hilang (defensive) dan (c) pengeluaran untuk mencegah dan mempertahankan. Nilai pengganti, meliputi (a) nilai rumah dan tanah, (b) perbedaan tingkat upah, (c) biaya perjalanan dan (d) barang yang tidak dipasarkan (masih di alam) dianggap sama nilainya dengan barang-barang yang dipasarkan. Kesediaan membayar atau pengeluaran potensial (willingness to pay), dilakukan dengan pendekatan (a) biaya pengganti, (b) proyek bayangan, dan (c) penilaian masyarakat.

8 Menentukan Bunga Diskonto Tingkat diskonto ditentukan dengan prinsip bahwa tambahan nilai kapital yang dibentuk oleh investasi pemerintah harus sama dengan tambahan nilai kapital yang diciptakan oleh swasta tingkat diskonto yang diterapkan pada investasi publik dapat berbeda dengan tingkat bunga pasar asumsi tingkat bunga ditentukan dengan menyesuaikan tingkat bunga uang (m) dengan tingkat inflasi yang diperkirakan sebelumnya (p*)

9 Instrumen Kebijakan Pemerintah perencanaan pembangunan dan kegiatan ekonomi pendanaan lingkungan hidup insentif dan/atau disinsentif


Download ppt "Nur Hidayat TIP – FTP – UB. Pendahuluan Ekonomi lingkungan sebagai bagian dari ilmu ekonomi bersifat positif dan normatif Pengendalian masalah lingkungan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google