Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TUGAS AKHIR MAHASISWA FAKULTAS HUKUM MPKI – Anang Zubaidy.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TUGAS AKHIR MAHASISWA FAKULTAS HUKUM MPKI – Anang Zubaidy."— Transcript presentasi:

1 TUGAS AKHIR MAHASISWA FAKULTAS HUKUM MPKI – Anang Zubaidy

2 JENIS-JENIS TUGAS AKHIR  Legal Memorandum  Skripsi  Studi Kasus

3 LEGAL MEMORANDUM (LM)  LM adalah bagian dari argumentasi para ahli hukum yang sarat akan bahasa Hukum.  Bentuk LM dibagi berdasarkan kebutuhannya, antara lain:  Untuk kepentingan klien. Biasanya argumentasi ini dituangkan dalam bentuk opini hukum atau yang kita kenal dengan legal opinion.  Untuk keperluan beracara di pengadilan. Biasanya argumentasi dituangkan ke dalam bentuk eksepsi, pledoi, replik, kesimpulan, maupun putusan hakim

4 LEGAL MEMORANDUM (LM)  Tujuan penulisan LM, antara lain:  untuk menganalisis permasalahan hukum dalam rangka penyelesaian masalah hukum yang sedang dihadapi.  biasanya LM dibuat karena adanya permintaan klien yang sedang menghadapi permasalah hukum tertentu.

5 LANGKAH-LANGKAH PENYUSUNAN LEGAL MEMORANDUM (LM)  Mengidentifikasi dan mengungkap fakta-fakta hukum serta melakukan eliminasi hal-hal yang tidak relevan dengan masalah hukum yang dihadapi.  Menentukan isu hukum yang akan diselesaikan.  Melakukan analisa isu hukum menggunakan sumber- sumber hukum relevan.  Menarik kesimpulan.

6 APA YANG DIMAKSUD DENGAN FAKTA HUKUM?  fakta hukum itu bisa berupa perbuatan, peristiwa dan suatu keadaan  misalnya perbuatan : pembunuhan, penganiayaan, dll.  peristiwa : kematian, kelahiran, jual-beli, perkawinan.dll  suatu keadaan: di bawah umur, dewasa, dll.  fakta-fakta hukum ini didapatkan berdasarkan alat bukti yang ada.


Download ppt "TUGAS AKHIR MAHASISWA FAKULTAS HUKUM MPKI – Anang Zubaidy."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google