Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Jhon Enstein Wairata, S.Kom Enstein17.wordpress.com.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Jhon Enstein Wairata, S.Kom Enstein17.wordpress.com."— Transcript presentasi:

1 Jhon Enstein Wairata, S.Kom Enstein17.wordpress.com

2  Defenisi Input Device  Menjelaskan sejumlah peralatan input  tujuan dan prinsip dari peralatan input serta cara pengoperasiannya.

3  Peranti masukan (input device) adalah semua periferal (perangkat keras komputer) yang digunakan untuk memberikan data dan sinyal kendali untuk suatu sistem pemrosesan informasi, pada suatu komputer.  Peranti masukan dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa hal:  (1) cara masukan, misalnya melalui gerak mekanis atau audio;  (2) masukan diskret (tekanan tombol) atau kontinu (posisi tetikus); serta  (3) derajat kebebasan gerakan, misalnya dua dimensi pada tetikus standar dan tiga dimensi pada navigator untuk aplikasi CAD.

4  Inputan data yang dimasukkan ke dalam memori komputer, akan diproses oleh CPU. Output dihasilkan dengan tampilan pada layar monitor atau cetakan hasil pada printer, atau dihasilkannya input untuk sistem yang lain.

5  Peralatan input memungkinkan pemakai untuk memasukkan informasi (data) ke dalam komputer untuk tujuan analisis maupun penyimpanan, sebagaimana memberikan perintah (command) kepada komputer.

6  Contoh input devices adalah keyboards, scanners, mice, bar-wands, layar sentuh (touch screens), perangkat masukan video (kamera, dll.), serta perangkat masukan audio (mikrofon, dll.) dll.

7  Keyboard merupakan peralatan input yang paling banyak digunakan untuk memasukkan informasi ke dalam komputer. Dengan menekan sebuah tombol, keyboard akan men- generate kode yang merepresentasikan karakter yang berhubungan dengan tombol tersebut

8 Keyboard berisi sejumlah tombol yang membentuk bermacam fungsi

9  Terdapat dua jenis kode yang berhubungan dengan kode pada keyboard yaitu kode ASCII dan EBCDIC. ASCII adalah kode 7 bit, sehingga karakter digenerate oleh keyboard sebagai 7 bit kode (total jumlahnya ada sebanyak 128 kombinasi yang berbeda). ASCII adalah singkatan dari American Standard Code for Information Interchange. Sedangkan EBCDIC adalah singkatan dari Extended Binary Coded Decimal Interchange Code, dan utamanya digunakan oleh IBM.

10

11  Control codes digunakan untuk mengontrol peralatan seperti printer dan modem, dan posisi dari kursor. Sebagai contoh, FF digunakan untuk form feed, dan HT digunakan untuk horizontal tab. Control codes men-generate standard keyboard dengan menekan tombol Ctrl key, dan sambil menekan tombol yang lain. Sebagai contoh, kombinasi CTRL-A akan mengenerate code sequence SOH, dan menekan CTRL-R akan mengenerate code sequence DC2.

12 Peralatan Masukkan Teks 1. Keyboard (papan ketik) Alternatif keyboard yang lain : a. Alfabetik b. Dvorak c. Chord Keyboard

13 d. Numeric keypad e. Function keys

14  Kebanyakan keyboard yang digunakan orang dinamakan keyboard qwerty. Selain itu, ada jenis keyboard yang dinamakan keyboard Dvorak, yang dibuat oleh August Dvorak, seorang psikolog dari Universitas Washington di tahun 1930 yang mengembangkan suatu keyboard yang dapat digunakan lebih cepat. Pada keyboard Dvorak, semua vokal dan lima konsonan yang sering digunakan (sesuai ejaan bahasa Inggris) ditempatkan pada pusat keyboard.

15

16 Pengenal tulisan tangan Teks yang ditulis dengan tangan dapat dimasukkan ke dalam komputer, menggunakan sebuah pena komputer dan tablet digital. Namun memiliki permasalahan dalam memasukkan data, yaitu: - penangkapan semua informasi yang diperlukan secara alami - memisahkan suatu tulisan ke dalam tulisan-tulisan dengan karakter yang berbeda - penterjemahan yang khas dari setiap individu - penguasaan atas gaya penulisan tangan yang berbeda

17  Sebuah pena cahaya adalah sebuah komputer perangkat input dalam bentuk yang sensitif terhadap cahaya tongkat yang digunakan bersama dengan sebuah komputer CRT TV atau monitor  Hal ini memungkinkan pengguna untuk menunjuk ke objek yang ditampilkan, atau menggambar pada layar, dengan cara yang mirip dengan layar sentuh tapi dengan akurasi posisi yang lebih besar

18  Tablet grafis (Graphic Tablet, atau digitizing tablet, graphics pad, drawing tablet) adalah perangkat keras (hardware) atau input device komputer yang membolehkan pemakainya untuk menggambar dengan tangan dan memasukkan gambar atau sketsa langsung ke komputer, layaknya menggambar di atas kertas menggunakan pensil.  Sebuah graphic tablet terdiri dari tablet digital dan sebuah kursor ataupun sebuah pena digital (pen). Tablet digital memiliki permukaan yang pipih sebagai alas gambar yang terdiri atas perlengkapan elektronik yang dapat mendeteksi gerakan kursor atau pena digital kemudian menerjemahkannya menjadi sinyal digital yang dikirim langsung ke komputer. Setiap titik atau gerakan pada tablet merepresentasikan titik atau gerakan pada layer monitor, inilah yang membedakannya dengan fungsi mouse yang tergantung pada letak kursor. Hasil gambar tidak akan terlihat pada tablet itu sendiri, melainkan pada monitor komputer.

19  Kursor (disebut juga puck) berfungsi layaknya mouse pada komputer, hanya saja kursor ini dapat memiliki sebanyak 16 tombol dan memiliki jendela dengan helai- helai rambut (crosshairs) di dalamnya sebagai tempat posisi ujung titik yang dituju. Sementara Pena digital (disebut juga stylus) mirip dengan pena ballpoint, hanya saja memakai tidak memakai tinta melainkan dilengkapi oleh ujung elektronik.

20  Pengenal karakter optik (optical character recognition) atau disingkat OCR memungkinkan anda untuk mengkonversi dokumen tercetak ke dalam bentuk teks yang dapat diedit di komputer.

21  Bar code adalah suatu peralatan input yang didesain untuk tujuan yang spesifik. Bar code direpresentasikan sebagai data numerik yang dibentuk oleh serangkaian bar (garis). Garis- garis tersebut memiliki panjang dan ketebalan yang bervariasi. Bar code mudah dibaca oleh light-pen atau peralatan scanner.

22 Contoh : Aplikasi Bar-Code o super-markets o stock inventory o Sistem perpustakaan untuk katalog buku

23  Scanner mengubah sinyal analog menjadi digital, dengan image digital yang baru disimpan sebagai file gambar, maka gambar tersebut dapat dimodifiikasi dengan menggunakan program grafis, atau dapat dimasukkan sebagai dokumen dalam presentasi multimedia.

24  Hand scanner adalah tipe scanner yang paling nyaman digunakan. Hanya dengan menyentuhkan ke image yang akan discan. Meskipun resolusinya tidak setinggi scanner yang lain, peralatan ini dapat digunakan di manapun, kapan saja. Misal untuk men-scan buku di perpustakaan, atau frame obyek gambar seperti peta.

25

26  Flatbed scanner adalah salah satu tipe scanner yang paling umum digunakan. Dokumen yang akan di-scan bisa diletakkan pada tempat lembaran berkaca dan kemudian bagian atasnya ditutup. Kemudian scanner akan melakukan scan sepanjang dokumen dan menyimpannya ke dalam memori komputer. Tipe scanner yang lain adalah keyboard dengan scanner yang dibuat di dalamnya. Dokumen bisa dimasukkan ke dalam slot, kemudian secara otomatis akan di-scan ke dalam komputer.

27  Drum scanner digunakan pada saat kebutuhan akan resolusi image yang tinggi dan biaya tidak menjadi pertimbangan utama. Peralatan ini umum digunakan untuk tujuan bisnis dengan hasil image yang berkualitas tinggi yang digunakan secara umum untuk terbitan majalah atau buku.

28  Digital camera adalah kamera yang mengkonversi foto yang ditangkap secara langsung ke dalam digital image dan menyimpannya secara lokal dalam kamera untuk kemudian dapat di-download ke komputer.

29  Kebanyakan hasil fotografi disimpan dalam slide dan film tercetak dikarenakan kualitasnya yang lebih tinggi. Saat ini bentuk seperti itu dapat dikonversi ke dalam format digital, dengan menyisipkan slide atau negatif film ke dalam film scanner. Pada saat men-scan negatif film, scanner secara otomatis mengkonversinya ke dalam sebuat gambar yang dapat dicetak.

30

31  Pada banyak situasi, dimana diperlukan penanganan untuk pekerjaan lain, maka komputer dapat digunakan untuk mengenali suara manusia. Pada sistem pengenalan suara, dapat digunakan mikrofon untuk mendiktekan suatu perintah dan teks.

32  Contoh, untuk mendikte pesan ke dalam spreadsheet dan membacanya kembali untuk tujuan analisis dan menampilkan suatu grafik. Semua ini dikerjakan tanpa perlu memasukkan input lewat keyboard.

33  Webcam (web camera) adalah sebutan bagi kamera real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call. Istilah webcam merujuk pada teknologi secara umumnya, sehingga kata web kadang-kadang diganti dengan kata lain yang mendeskripsikan pemandangan yang ditampilkan di kamera, misalnya StreetCam yang memperlihatkan pemandangan jalan. Ada juga Metrocam yang memperlihatkan pemandangan panorama kota dan pedesaan, TraffiCam yang digunakan untuk memonitor keadaan jalan raya, cuaca dengan Weather Cam, bahkan keadaan gunung berapi dengan VolcanoCam. Webcam atau web camera adalah sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui (biasanya) port USB ataupun port COM.

34  Pointing Devices 1. MOUSE 2.JOYSTICK 3.TRACKBALL 4. LAYAR SENTUH 5. LIGHT PEN (pen cahaya) 6. TABLET DIGITAL (Digitizing tablet) 7. TOMBOL-TOMBOL KURSOR (CURSOR KEYS) 8.RODA JEMPOL (THUMB WHEELS) 9. MOUSE TOMBOL (KEYMOUSE) 10. SARUNG TANGAN (DATAGLOVE) 11. PENANGKAP PANDANGAN MATA (EYEGAZE)

35


Download ppt "Jhon Enstein Wairata, S.Kom Enstein17.wordpress.com."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google