Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Febriyanto, SE, MM.  (Evaluasi Peluang Usaha Baru)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Febriyanto, SE, MM.  (Evaluasi Peluang Usaha Baru)"— Transcript presentasi:

1 Febriyanto, SE, MM.  (Evaluasi Peluang Usaha Baru)

2 Kewirausahaan - Febriyanto, SE, MM Pada umunya seorang yang ingin membuka usaha baru didorong oleh keinginan yang berlebihan, untuk mengendalikan dan menetralisirnya adalah dengan melakukan evaluasi.  Penetapan kelayakan usaha baru  Tiga (3) Komponen utama yang harus diteliti untuk membuka usaha baru yaitu: - Sumberdaya manusia dan non manusia - Adanya peluang - Manajemen Tim

3 Kewirausahaan - Febriyanto, SE, MM  Analisa kelayakan teknis  Kehati-hatian  Tidak gegabah  Memperhitungkan segala kemungkinan  Teman yang diajak kerjasama  Karyawan pembantu  Sumber modal  Komoditi yang akan dijual  Kemungkinan daya serap pasar

4 Kewirausahaan - Febriyanto, SE, MM  Analisa kelayakan teknis  Rencana pemasaran Mendeskripsikan kondisi pasar serta strategi yang berhubungan dengan bagaimana suatu produk atau jasa didistribusikan, diberi harga, dan dipromosikan (Hisrich et al, 2008:284)  Rencana organisasional Mendeskripsikan bentuk kepemilikan serta garis otoritas dan tanggung jawab anggota- anggota perusahaan baru. (Hisrich et al, 2008:284)

5 Kewirausahaan - Febriyanto, SE, MM  Analisa kelayakan teknis  Penilaian risiko Mengidentifikasikan bahaya potensial dan strategi-strategi alternatif untuk mencapai sasaran-sasaran dan tujuan-tujuan rencana bisnis. (Hisrich et al, 2008:285)  Rencana finansial Perkiraan data finansial utama yang menentukan kemungkinan diterapkanya rencana tersebut secara ekonomis dan komitmen investasi finansial yang penting. (Hisrich et al, 2008:285)

6 Kewirausahaan - Febriyanto, SE, MM  Penilaian peluang pasar

7  Tanda Tanya: Unit Bisnis dengan pertumbuhan tinggi, namun pangsa pasar rendah. (Kembangkan)  Bintang: pemimpin pasar, pertumbuhan tinggi dan pangsa pasar tinggi. (Pertahankan)  Sapi perah: Pertumbuhan pasar turun, pangsa pasar tinggi. (Menuai hasil)  Anjing: Pangsa pasar rendah, pertumbuhan rendah. (Lepaskan) Kewirausahaan - Febriyanto, SE, MM

8  Analisa kelayakan finansial  Alat perencanaan yang digunakan untuk memberikan gambaran kepada pengusaha mengenai:  Dari mana dana berasal,  Bagaimana pembayaranya,  Berapa jumlah kas yang tersedia dan  Kesehatan keuangan secara umum perusahaan baru.

9 Kewirausahaan - Febriyanto, SE, MM  Penilaian kemampuan organisasional  Pengusaha menentukan jenis ketrampilan yang dibutuhkan dan peran-peran yang harus diisi.  Sikap, prilaku, pakaian dan gaya komunikasi yang dapat membedakan yang satu dengan yang lain sehingga dapat terbentuk kemampuan organisasi yang efektif dan menguntungkan.

10 Kewirausahaan - Febriyanto, SE, MM  Analisa persaingan  Diluar kendali organisasi  Peluang dan ancaman Merujuk pada keadaan ekonomi, sosial, budaya, demografi, dukungan, politik, hukum, pemerintah, teknologi dan kecenderungan persaingan serta peristiwa yang dapat menguntungkan atau merugikan suatu organisasi secara signifikan dimasa datang. (Tunggal, 2009:47)  Dalam kendali organisasi  Kekuatan dan kelemahan Merupakan aktivitas yang pretasinya baik dan buruk yang muncul dalam kegiatan manajemen, pemasaran, keuangan, akuntansi, operasi atau produksi.


Download ppt "Febriyanto, SE, MM.  (Evaluasi Peluang Usaha Baru)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google