Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

EKSISTENSIALISME RELIGI SEBAGAI MODEL PENULISAN KREATIF SASTRA (Telaah Unsur Eksistensialis dalam Novel “Tuhan Izinkan Aku Mejadi Pelacur”)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "EKSISTENSIALISME RELIGI SEBAGAI MODEL PENULISAN KREATIF SASTRA (Telaah Unsur Eksistensialis dalam Novel “Tuhan Izinkan Aku Mejadi Pelacur”)"— Transcript presentasi:

1 EKSISTENSIALISME RELIGI SEBAGAI MODEL PENULISAN KREATIF SASTRA (Telaah Unsur Eksistensialis dalam Novel “Tuhan Izinkan Aku Mejadi Pelacur”)

2 Menulis Sastra 1 1 Menyampaikan kesan pengalaman dan pengetahuan dalam bentuk tulisan berdasarkan ideologi yang dicita-citakan. Eksistensialisme dalam Sastra 2 2 Eksistensialisme dalam sastra merupakan salah satu bentuk paham, atau paradigma berpikir sastrawi yang mengedepankan cara berpikir spekulatif mengenai kebertahanan diri melalui pengalaman dan pengetahuan.

3 Eksistensi Rasa Takul 1 1 Bagi kaum eksistensialis, manusia pada dasarnya memang angguish (Sartre, 1957:18). Begitu manusia terdampar pada eksistensinya, manusia berhubungan dengan bermacam-macam perbuatan hukum. Eksistensi Kebebasan dan Tanggung Jawab 2 2 Manusia tidak lain adalah bagaimana ia menjadikan dirinya sendiri (Sartre, 1957:15). Dalam membentuk dirinya manusia bebas menentukan pilihan dan melakukan tindakan.

4 Eksistensi Proses 3 3 Manusia tiada lain adalah rencananya sendiri, karena itu manusia adalah kumpulan dari tindakannya (Sartre, 1957:32). Manusia dalam menciptakan dirinya tidak pernah selesai dengan ikhtiarnya itu. Eksistensi Peran Tuhan 4 4 Sartre mengakui bahwa eksistensialismenya adalah eksistensi atheis. Namun manurut Sartre eksistensialisme itu tidak sedemikian atheisnya, sehingga mengerahkan segala-galanya untuk menunjukan bahwa tuhan itu tidak ada.

5 Tulisan yang memiliki karakter ketersadaran akan kehidupan yang keberadaannya diakui kebenarannya oleh pembaca.


Download ppt "EKSISTENSIALISME RELIGI SEBAGAI MODEL PENULISAN KREATIF SASTRA (Telaah Unsur Eksistensialis dalam Novel “Tuhan Izinkan Aku Mejadi Pelacur”)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google