Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengantar Aplikasi Komputer 1A Mengenal Perangkat Keras (Hardware) Komputer & Media Penyimpanan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengantar Aplikasi Komputer 1A Mengenal Perangkat Keras (Hardware) Komputer & Media Penyimpanan."— Transcript presentasi:

1 Pengantar Aplikasi Komputer 1A Mengenal Perangkat Keras (Hardware) Komputer & Media Penyimpanan

2 Mengenal Perangkat Keras (Hardware) Komputer  Komputer adalah serangkaian peralatan elektronika yang bergabung/terpadu dan bekerja secara bermacam-macam serta terkoordinasi oleh suatu sistem operasi.  Seperangkat alat-alat elektronika ini adalah berupa mesin-mesin/komponen-komponen yang secara lahiriah ada dan bisa dilihat, peralatan-peralatan/komponen- komponen inilah yang kita sebut dengan ‘COMPUTER HEARD-WERE’.

3 Mengenal Perangkat Keras (Hardware) Komputer  Pada umumnya suatu kesatuan peralatan komputer haruslah terdiri minimal oleh 4 komponen yaitu :  Input device  Storage Unit  CPU (Central Processing Unit)  Output device

4 Mengenal Perangkat Keras (Hardware) Komputer  kemajuan teknologi yang terus berkembang dan kebutuhan orang akan informasi juga bertambah terutama dalam hal kecepatan penyampaian informasi maka diperlukan suatu alat/komponen lain yang bisa menyampaikan data/informasi ke dan dari komputer kepada si pemohon secara cepat pula.  Alat ini yang disebut dengan CCU (Communication Control Unit) yaitu suatu peralatan yang berfungsi untuk memudahkan/memancarkan sinyal-sinyal data/perintah dari suatu tempat ke tempat lain atau dari suatu komputer ke komputer lain dengan jarak yang jauh sekali.

5 Mengenal Perangkat Keras (Hardware) Komputer

6

7  Jadi komponen yang membentuk suatu sistem komputer sekarang inipun menjadi 5 komponen yaitu :  Input Device  Storage Unit  CPU  Output device  CCU (Communication Control Unit)

8 Konfigurasi Sistem Komputer  Seperti telah disebutkan bahwa ke 5 komponen atau peralatan itulah yang merupakan konfigurasi dari sistem komputer.  Konfigurasi sistem komputer tersebut kita bisa gambarkan sebagai berikut :

9 Konfigurasi Sistem Komputer  Data/perintah akan masuk melalui peralatan input (input device). Data/perintah tersebut bisa dimasukkan langsung ke peralatan input ataupun melalui CCU. Data/perintah itu kemudian dimasukkan ke dalam memori (tempat penyimpanan) kemudian dari sini data tersebut akan dikirim ke CPU untuk diolah dan hasil pengolah CPU ini akan dibawa lagi ke memori. Dari memori hasil-hasil pengolahan CPU ini bisa dikeluarkan sebagai output/hasil melalui media output (Output Device) atau disimpan saja di memori untuk digunakan dalam proses selanjutnya.  Seluruh kegiatan pemindahan data, perhitungan-perhitungan dan lain- lain pekerjaan yang dilakukan oleh komponen/device-device komputer tersebut akan dikontrol oleh suatu alat yang kita sebut dengan Control Unit.

10 Input – Output Device  Input Device adalah suatu bagian/komponen dari sistem komputer yang berfungsi untuk tempat kita memasukkan data maupun instruksi-instruksi kepada komputer.  Data maupun instruksi yang kita masukkan ke dalam komputer adalah data/instruksi yang masih dalam bahasa ataupun kode-kode, sedangkan mesin komputer hanya mengenal data/instruksi tersebut jika sudah dalam bentuk kode-kode binar (bit), jadi agar komputer bisa mengenal data/instruksi-instruksi tersebut, alat inilah yang akan melakukan terjemahan/konversinya.

11 Input – Output Device  Alat-alat Input (Input Device) ini antara lain adalah  Card Reader  Magnetic Ink Character Reader (M.I.C.R)  Optical Character Reader (O.C.R)

12 Input – Output Device  Card Rider  Adalah pembaca kartu memori / alat untuk membaca kartu memori.Card reader biasanya di hubungkan ke komputer dengan kabel USB. USB berfungsi untuk mengakses data pada kartu memori.  Pada awalnya pembaca kartu memori dirancang hanya untuk membaca satu jenis kartu memori saja, seiring majunya teknologi. Kini banyak card reader yang dapat membaca berbagai jenis kartu memori. Alat ini sering disebut dengan Multicard reader.

13 Input – Output Device  Fungsi Card Reader ialah alat perantara untuk membaca kartu memori,yaitu handphone/Camera Digital/PDA.Tetapi sebelumnya memory harus dilepaskan terlebih dulu kemudian dimasukkan ke dalam slot / multi slot lubang Card Reader.  Card reader ada 2 tipe: 1.Single slot Yaitu berupa Card Reader yang satu lubang, biasanya disebut 2in1, 3in1, 5in1 dan lain-lain. Tipe ini biasanya hanya bias membaca jenis memori dari Nokia, MMC, RSMMC, RSMMCDV, SD Card dan T-Frash. 2.Multi slot Perbedaan dengan single slot, multi slot memiliki 4 slot/lubang. Card reader tipe ini biasanya di sebut 9in1, 12in1, 15in1, 19in1, dan lain-lain. Tapi sekarang biasa disebut dengan “All in 1”

14 Input – Output Device  Magnetic Ink Character Reader (M.I.C.R)  adalah pengenalan karakter teknologi yang digunakan terutama oleh industri perbankan untuk memfasilitasi pemrosesan cek dan membentuk nomor routing dan nomor rekening di bawah cek.  MICR (pengenalan karakter tinta magnetik) juga biasa digunakan untuk memverifikasi keabsahan atau keaslian dokumen kertas, terutama untuk memeriksa.  Tinta khusus, yang sensitif terhadap medan magnet, yang digunakan dalam pencetakan karakter tertentu pada dokumen asli. Informasi dapat dikodekan dalam karakter magnetik.

15 Input – Output Device  Optical Character Reader (O.C.R)  Optical Data pembaca merupakan salah satu data Input Data Methode atau Data terbaik metode input untuk kuesioner dicetak akan Optical data Pembaca. Optical data Pembaca adalah jenis khusus dari pemindaian perangkat yang akan digunakan pada dokumen.  Optical data Pembaca jatuh di bawah dua kategori, mark recognition optik (OMR) dan optical character recognition (OCR) (Tangga, R., Reynolds, G., 2004).  Contoh dari Pembaca optik yaitu : bola cahaya, serat optik, laser surgury instrument, CD dan DVD, Scanner, Pen Wand, dan lain sebagainya.

16 Input Device Lainnya

17 Input – Output Device  Output Device adalah suatu komponen dari sistem komputer yang berfungsi untuk tempat mengeluarkan hasil-hasil pengolahan yang telah dilakukan oleh komputer.  Semula hasil pengolahan komputer ini juga merupakan kode/simbol yang masih dalam bentuk kode binar (bit), maka agar kita sebagai pemakai komputer bisa membacanya, simbol binar itu harus dikonversikan lagi ke dalam bentuk bahasa yang kita kenal. Output device inilah yang berfungsi melakukan tugas tersebut.

18 Input – Output Device  Alat-alat output ini antara lain adalah :  Printer  Plotter  Card Punch  Dll.

19 Input – Output Device  Printer  Sebuah perangkat keras yang terhubung dengan computer yang berfungsi untuk mencetak baik itu teks, gambar, maupun grafik.  Pencetak mempunyai 6 jenis yaitu :  jenis Dot-Matrix,Dot-Matrix  jenis Daisy Wheel,Daisy Wheel  jenis Ink-Jet / jenis Bubble Jet,Ink-JetBubble Jet  jenis Chain,  jenis Drum dan  jenis Laser.Laser

20 Input – Output Device  Plotter  Plotter merupakan jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer yang berupa gambar ataupun grafik.  Contoh plotter grafik adalah ECG (Electro Cardiograph) yaitu alat yang digunakan untuk mengetahui potensial dari denyutan jantung, atau jarum seismograph untuk mencatat getaran bumi. Plotter dapat menggambar grafik pada kertas, plastik, maupun pada plastik transparan untuk digunakan dalam proyektor.

21 Input – Output Device  Punched card  media penyimpan data berbentuk kartu, terbuat dari kertas tebal, dengan perekaman data yang akan membentuk lubang- lubang. Punched card sudah jarang digunakan di mesin-mesin komputer modern saat ini. Meski demikian, di sejumlah instalasi yang menggunakan komputer-komputer generasi lama, media ini masih lazim dipakai. Punched card mulai diperkenalkan oleh DR Herman Hollerith pada tahun 1870, dan masih digunakan sampai sekarang.

22 Input – Output Device Device-device yang disebutkan sebelumnya adalah device-device yang hanya berfungsi sebagai input saja ataupun sebagai output saja. Ada juga device-device lain yang bisa berfungsi sebagai input dan sekaligus berfungsi sebagai output, antara lain : Magnetic Tape Unit Magnetic Disk Unit Paper Tape Unit Console Display Unit Card Read Punch Dll

23 Input – Output Device  FUNGSI MAGNETIC TAPE: Untuk media penyimpanan Untuk alat input/output Untuk merekam audio, video atau sinyal  CARA KERJA MAGNETIC TAPE: Data direkam secara digit pada media tape sebagai titik-titik magnetisasi pada lapisan ferroksida. Magnetisasi positif menyatakan 1 bit, sedangkan magnetisasi negatif menyatakan 0 bit atau sebaliknya.

24 Storage Device  Media penyimpanan atau storage atau memori dapat dibedakan atas 2 bagian, yaitu :  Internal Storage ( Primary Storage )  External Storage ( Secondary Storage )

25 Media Penyimpanan Internal  Internal Storage adalah storage yang terletak di dalam atau berhubungan langsung dengan Control Processing Unit.  Storage ini terdiri dari :  Main Storage  General Storage  Control Register  Floating Point Register  Relocatable Control Storage  Buffer

26 Media Penyimpanan Internal  Main Storage  main storage is understood to be the program addressable memory that houses the executables and data necessary to launch and run various systems and programs. More commonly referred to as primary storage or memory, main storage directly interfaces with the CPU, which reads the instructions connected with the executables and performs the tasks necessary to handle the data. All data necessary for the effective function of programs saved on the hard drive is maintained in the main storage.

27 Media Penyimpanan Eksternal  EXTERNAL STORAGE  External Storage adalah storage yang terpisah atau tidak berhubungan langsung dengan CPU misalnya Magnetic Tape dan Magnetic Disk.  Example :  Magnetic Disk Direct Access Storage Devices (DASD) piranti penyimpanan sekunder yang paling banyak dijumpai pada sistem komputer modern. Pada saat disk digunakan, motor drive berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi. Ada sebuah read−write head yang ditempatkan di atas permukaan piringan tersebut. Permukaan disk terbagi atas beberapa track yang masih terbagi lagi menjadi beberapa sektor. Cakram fixed−head memiliki satu head untuk tiap−tiap track, sedangkan cakram moving−head (atau sering dikenal dengan nama cakram keras ) hanya memiliki satu head yang harus dipindah−pindahkan untuk mengakses dari satu track ke track yang lainnya.

28 Media Penyimpanan Yang Mutakhir Memori dan Media  Pada tahap pertama memori komputer berwujud ROM (Read Only Memory) dan RAM (Random Access Memory). Kelemahannya, memori ini berbentuk chip, dan terbatas kapasitasnya. Isi ROM memang tidak akan terhapus oleh matinya arus listrik. Tetapi isi RAM akan terhapus bila listrik mati.  Sementara itu, dalam mengoperasikan komputer yang ingin agar program, data dan hasil kerja komputer dapat direkam dan dapat diambil lagi sewaktu- waktu. Oleh sebab itu muncul pemikiran perlunya dibuat media penyimpanan, sebagai perpanjangan dari fungsi memori.  Media penyimpanan kini banyak jenisnya, contohnya adalah floppy disk, hard disk, CD-ROM.

29 CPU (Central Processing Unit)  CPU adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak.  Prosesor sering digunakan untuk menyebut CPU pada umumnya.  Adapun mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu.  Pin mikroprosesor Intel 80486DX2

30

31 Fungsi CPU  Fungsi utamanya adalah Melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan ketik, pemindai, tuas control.  CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer.

32 Fungsi CPU  Software tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpanan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam.  Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (RAM), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut memori.  Selanjutnya, CPU dapat mengakses data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.

33 Cara Kerja CPU Part 1  Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke processing-devices, pertama kali diletakkan di RAM (melalui Input-storage)  Apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-Storage, namun apabila berbentuk data ditampung di working-storage.  Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-Storage untuk ditampungkan ke Instruction Register, sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di Program Counter.

34 Cara Kerja CPU Part 2  Sedangkan, data diambil oleh Control Unit dari Working-Storage untuk ditampung di General- Purpose Register (dalam hal ini di Operand- Register).  Jika berdasar instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan.  Hasilnya ditampung di Accumulator.

35 Cara Kerja CPU Part 3  Apabila hasil pengolahan telah selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working- Storage.  Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-Storage untuk ditampung ke Output- Storage.  Lalu, selanjutnya dari output-Storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke Output-Devices.

36 Komponen CPU  Unit Control (Control Unit)  ALU (Arithmatic Logic Unit)  Register

37 Unit Control (Control Unit)  Bagian dari prosesor yang mampu mengatur jalannya program.  Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut.  Jika ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU (Arithmatic Logic Unit). Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output.

38 Unit Control (Control Unit) Tugas dari unit kendali ini adalah :  Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output  Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama  Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses  Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika  Mengawasi kerja dari ALU  Menyimpan hasil proses ke memori utama

39 Register  Alat penyimpanan kecil yang mempunya kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan/atau instruksi yangs edang diproses.  Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.  Jika dianalogikan, register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.

40 ALU  Bagian dari CPU yang bertugas untuk melakukan operasi aritmatika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan.  ALU sering disebut mesin bahasa karena bagian ALU ini terdiri dari dua bagian, yaitu UNIT ARITMATIKA dan UNIT LOGIKA BOOLEAN yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri.  Tugas Utama dari ALU adalah melakukan semua eprhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program.  ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder

41 ALU Lanj.  Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program.  Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu :  sama dengan (=),  tidak sama dengan (!=),  kurang dari (<),  kurang atau sama dengan (<=),  lebih besar dari (>), dan  lebih besar atau sama dengan (>=)

42 ALU Lanj.  CPU Interconnections adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen Internal CPU, yaitu ALU, unit control, dan register serta dengan bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama, prianti masukan/keluaran

43 Latihan 1. Jelaskan secara singkat perbedaan dari 3 jenis pencetak di bawah ini: a. Daisy wheel b. Chainc. Drum 2. Jelaskan secara singkat Internal storage di bawah ini:  General Storage  Control Register 3. Perkembangan perangkat keras yang terjadi adalah perubahan fisik dan kemampuannya, awal mula computer bentuk fisik yang besar dan kemampuan yang kurang, sedangkan di era ini bentuk fisik computer yang kecil dan kemampuan yang besar. Menurut pendapat Anda : (i) apakah perkembangan perangkat keras ini menuju kepada perkembangan yang semakin memudahkan manusia atau membuat manusia menjadi sangat tergantung akan kerja dengan computer? Mengapa!

44  END OF THIS FILE …..


Download ppt "Pengantar Aplikasi Komputer 1A Mengenal Perangkat Keras (Hardware) Komputer & Media Penyimpanan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google