Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AGRESI Psikologi Umum II. Pengertian Agresi Setiap tindakan yang diniatkan untuk melukai, menyebabkan penderitaan dan untuk merusak orang lain (Strickland,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AGRESI Psikologi Umum II. Pengertian Agresi Setiap tindakan yang diniatkan untuk melukai, menyebabkan penderitaan dan untuk merusak orang lain (Strickland,"— Transcript presentasi:

1 AGRESI Psikologi Umum II

2

3 Pengertian Agresi Setiap tindakan yang diniatkan untuk melukai, menyebabkan penderitaan dan untuk merusak orang lain (Strickland, 2001) Perilaku fisik maupun verbal yang diniatkan untuk melukai objek yang menjadi sasaran agresi (Myers, 2002) Suatu perilaku atau tindakan yang diniatkan untuk mendominasi atau berperilaku secara destruktif melalui verbal maupun fisik yang diarahkan kepada objek sasaran perilaku (Mac Neil & Stewart, 2000)

4 Syarat Perilaku Agresi Adanya niatan untuk menimbulkan penderitaan atau kerusakan pada suatu objek sasaran. Adanya harapan bahwa suatu perilaku dapat menimbulkan penderitaan atau kerusakan pada objek sasaran. Adanya keinginan objek sasaran untuk menghindari perlakuan merugikan yang diberikan oleh pelaku tindakan agresi.

5 Syarat Perilaku Agresi Agresi merupakan perilaku. Adanya unsur kesengajaan. Sasaran agresi adalah makhluk hidup, khususnya manusia. Adanya usaha menghindar pada diri korban.

6 Akar Agresi Pemicu umum agresi adalah ketika individu mengalami satu kondisi emosi tertentu. Yang sering nampak adalah emosi marah. Marah adalah sebuah pernyataan yang disimpulkan dari perasaan yang ditunjukkan yang disertai dengan konflik atau frustasi (Segall, d.k.k., 1999)

7 Akar Agresi TEORI INSTING. Agresi dilandasi oleh kekuatan yang disebut DEATH INSTINCT, yaitu insting yang bertujuan untuk merusak. INSTING BERKELAHI. Dikemukakan oleh Konrad Lorenz (1967) sebagai konsep yang mirip dengan usaha mempertahankan diri agar makhluk dapat hidup.

8 Akar Agresi SOSIO-BIOLOGI. Struktur fisik tertentu berkaitan erat dengan agresivitas (Barash, 1979). Struktur fisik merupakan hasil dari perkembangan, khususnya hasil evolusi. Teori Kepribadian dari Kretschmer.

9 Konsep Agresi-Frustasi Menurut Berkowitz (1978) dan Dollard, d.k.k (1939), penyebab agresi yang paling menonjol adalah FRUSTASI. Individu yang dalam keadaan frustasi, akan mencari sasaran untuk menghilangkan atau mengurangi rasa frustasinya. Sasaran yang paling sering diburu adalah sumber frustasi. Namun, tidak semua sumber frustasi akan diburu. DISPLACED AGGRESSION.

10 PROSES AGRESI Pemodelan. Pembelajaran.

11 Jenis Agresi Hostile Aggression Instrumental Aggression


Download ppt "AGRESI Psikologi Umum II. Pengertian Agresi Setiap tindakan yang diniatkan untuk melukai, menyebabkan penderitaan dan untuk merusak orang lain (Strickland,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google