Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 4. REPRESENTASI PENGETAHUAN  Arti Pengetahuan  Produksi  Jaringan Semantik  Triple objek-Attribut-Nilai  Schemata : Frame dan Script.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 4. REPRESENTASI PENGETAHUAN  Arti Pengetahuan  Produksi  Jaringan Semantik  Triple objek-Attribut-Nilai  Schemata : Frame dan Script."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 4

2 REPRESENTASI PENGETAHUAN  Arti Pengetahuan  Produksi  Jaringan Semantik  Triple objek-Attribut-Nilai  Schemata : Frame dan Script

3 DEFINISI ARTI PENGETAHUAN  Definisi Pengetahuan : Pengetahuan adalah segala sesuatu yang diketahui berkenaan dengan pelajaran/suatu perkara hal yang ditimbulkan dari reaksi, pertemuan dan hubungan kita dengan objek tertentu.

4  Pemahaman (comprehension) Meliputi pemahaman terhadap informasi yang ada.  Penerapan (application) Mencakup ketrampilan menerapkan informasi atau pengetahuan yang telah dipelajari ke dalam situasi yang baru.  Analisis (analysis) Meliputi pemilahan informasi menjadi bagian-bagian atau meneliti dan mencoba memahami struktur informasi.

5 Procedural Knowledge : Bagaimana melakukan sesuatu Declarative Knowledge : Mengetahui itu bener dan salah Tacit Knowledge : Tidak dapat di gunakan dengan bahasa

6 Sering digunakan untuk merepresentasikan pengetahuan pada Sistem Pakar. Bentuk formalnya Backus-Naus Form (BNF),  metalanguange untuk mendefinisikan sintaks bahasa  parse tree adalah representasi grafis dari kalimat pada suatu bahasa  deskripsi sintaks tersedia dalam bahasa  tidak semua kalimat adalah benar

7 Contoh Terminal pada Produksi: Æ Æ Æ Æ a | an | the | this | these | those Æ man | eater Æ is | was dessert | heavy

8  Keuntungan aturan produksi : Sederhana dan mudah di pahami Implementasi secara straightforward kedalam komputer Kelemahan aturan produksi : Implementasi yg sederhana sering menyebabkan inefisien Beberapa tipe pengetahuan sulit diresepresentasikan dalan aturan produksi

9 Jaringan semantik ialah sebuah grafik yg menunjukan antara berbagai objek yang terdiri dari lingkaran yang menghubungkan anak panah yang menunjukkan objek dan informasi

10 Contoh gambar jaringan semantik

11 Keterangan gambar di atas suatu peristiwa : * Reza adalah siswa tingkat SMA di Jakarta * Reza menonton film di bioskop daerah Jakarta * Reza menonton film berjudul Avatar di bioskop daerah Jakarta * Reza menonton film di Australia * Reza kekasih Renata * Reza bermain sepabola di kejuaraan antar SMA * SMA memiliki klub olahraga sepabola * Renata bermain drama di Australia * Renata menonton sepakbola di televisi * Film berjudul Avatar disutradarai James Cameron * James Cameron membuat film bergenre drama di Australia

12 Ada 3 hal yaitu OBJECT, ATTRIBUTE, VALUE (OAV) Triplet yang sering digunakan untuk membangun jaringan semantic. OBJECT : dapat berupa fisik atau konsepsi ATTRIBUTE : karakteristik objek VALUE : ukuran spesifik dari atribut dalam situasi tertentu

13 Contoh nya dibawah : Triplet OAV secara khusus digunakan untuk mrepresentasikan fakta dan pola guna menyesuaikan fakta dalam aturan yang antecedent. Jaringan semantic untuk beberapa sistem terdiri dari node untuk objek, atribut dan nilai yang dihubungkan dengan IS A dan HAS A Objek Attribut Nilai JerukWarnaOrange JerukTipeMacintosh JerukJumlah70 PisangWarnaKuning PisangTipeSeedles PisangJumlah50

14 Frame adalah Struktur data yang digunakan untuk mempresentasikan pengetahuan yang didasarkan karakteristik dan kumpulan slot attribut yang berupa pengetahuan kejadian,lokasi dan situasi. Contoh 1 dari frame : Frame Pohon Spesialisasi dari : Tumbuhan Jumlah batang : integer (default 1) Jenis kulit : halus Model daun : jenis pohon jarum, berganti daun Bentuk daun : sederhana, berlekuk, campuran

15 Script merupakan representasi yang menggambarkan kejadian dalam konteks khusus. Perbedaan nya frame dengan script : frame menggambarkan objek sedangkan script menggambarkan urutan peristiwa nya. Elemen Script ialah : -Kondisi masukkan: menggambarkan situasi harus di penuhi sebelum terjadi nya peristiwa. -Prop: mengacu kepada objek yang digunakan pada urutan peristiwa. -Role: mengacu kepada orang atau objek yang terlibat. -Track: mengacu kepada variasi yang mungkin terjadi. -Scene: menggambarkan urutan peristiwa.


Download ppt "Pertemuan 4. REPRESENTASI PENGETAHUAN  Arti Pengetahuan  Produksi  Jaringan Semantik  Triple objek-Attribut-Nilai  Schemata : Frame dan Script."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google