Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MATA KULIAH KIMIA ANORGANIK 1 STRUKTUR ATOM. PERKEMBANGAN TEORI ATOM Salah satu konsep ilmiah tertua adalah “semua materi dapat dipecah menjadi zarah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MATA KULIAH KIMIA ANORGANIK 1 STRUKTUR ATOM. PERKEMBANGAN TEORI ATOM Salah satu konsep ilmiah tertua adalah “semua materi dapat dipecah menjadi zarah."— Transcript presentasi:

1 MATA KULIAH KIMIA ANORGANIK 1 STRUKTUR ATOM

2 PERKEMBANGAN TEORI ATOM Salah satu konsep ilmiah tertua adalah “semua materi dapat dipecah menjadi zarah (partikel) terkecil, dimana partikel-partikel itu tidak bisa dibagi lebih lanjut” A : Tidak, Tomos : memotong. Dinamakan atom karena dianggap tidak dapat dipecah/dibagi lagi Pendapat ini dikembangkan oleh filsuf Yunani Leucippus dan muridnya Democritus. Pendapat ini masih berupa pemikiran tapi belum disertai data ilmiah (... Tidak ada tersembunyi daripada-Nya seberat zarrahpun yang ada dilangit dan yang ada di bumi dan tidak ada (pula) yang lebih kecil dari itu dan yang lebih besar, melainkan tersebut dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh), (QS. Saba’:3)) (... Tidak luput dari pengetahuan Rabbmu biarpun sebesar zarrah (atom) di bumi ataupun di langit. Tidak ada yang lebih kecil dan tidak (pula) yang lebih besar daripada itu, melainkan (semua tercatat) dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh). (QS. Yunnus:61))

3 TEORI ATOM JOHN DALTON (1743 – 1844) Teorinya dilandasi oleh kejadian kimiawi dan data kuantitatif. Teori Dalton ditunjang juga oleh 2 hukum alam (Kekekalan Massa dan Perbandingan Tetap) dan 2 percobaan (oleh Lavoisier dan Prost)

4 HUKUM KEKEKALAN MASA “Massa zat sebelum dan sesudah reaksi adalah sama” Perbandingan massa unsur-unsur dalam suatu senyawa adalah tetap dan tertentu HUKUM PERBANDINGAN TETAP

5 PERCOBAAN LAVOISIER Mula-mula tinggi cairan merkuri dalam wadah yang berisi udara adalah A, tetapi setelah beberapa hari merkuri naik ke B dan ketinggian ini tetap. Beda tinggi A dan B menyatakan volume udara yang digunakan oleh merkuri dalam pembentukan bubuk merah (merkuri oksida). Untuk menguji fakta ini, Lavoisier mengumpulkan merkuri oksida, kemudian dipanaskan lagi. Bubuk merah ini akan terurai menjadi cairan merkuri dan sejumlah volume gas (oksigen) yang jumlahnya sama dengan udara yang dibutuhkan dalam percobaan pertama.

6 Percobaan Joseph Proust Percobaan ke- Sebelum pemanasan (g Mg) Setelah pemanasan (g MgO) Perbandingan Mg/MgO 10,621,020,62/1,02 = 0,61 20,480,790,48/0,79 = 0,60 30,360,600,36/0,60 = 0,60

7 TEORI ATOM DALTON 1.Atom merupakan bagian terkecil dari materi yang sudah tidak dapat dibagi lagi. 2. Atom digambarkan sebagai bola pejal yang sangat kecil, suatu unsur memiliki atom-atom yang identik dan berbeda untuk unsur yang berbeda. 3. Atom-atom bergabung membentuk senyawa dengan perbandingan bilangan bulat dan sederhana. 4.Reaksi kimia merupakan pemisahan atau penggabungan atau penyusunan kembali dari atom-atom, sehingga atom tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan.

8 Hipotesa Dalton digambarkan dengan model atom sebagai bola pejal Model Atom Dalton Teori atom Dalton tidak dapat menerangkan suatu larutan dapat menghantarkan listrik.

9 Hasil eksperimennya menyatakan ada partikel bermuatan negatif dalam atom yang disebut elektron. Atom adalah suatu bola pejal yang permukaannya dikelilingi elektron dan partikel lain yang bermuatan positif sehingga atom bersifat netral. Teori Atom JJ. Thomson Model Atom

10 Eksperimen yang dilakukan Rutherford adalah penembakan lempeng Emas tipis dengan partikel alpha Teori Atom Rutherford

11 EKSPERIMEN RUTHERFORD Sinar alfa Diteruskan Dibelokkan Dipantulkan Atom Logam

12 - - - Hipotesa dari Rutherford adalah atom yang tersusun dari inti atom dan elektron yang mengelilinginya. Inti atom bermuatan positif dan massa atom terpusat pada inti atom. Model Atom

13 Kelemahan dari Rutherford tidak dapat menjelaskan mengapa elektron tidak jatuh ke dalam inti atom. Berdasarkan teori fisika, gerakan elektron mengitari inti ini disertai pemancaran energi sehingga lama - kelamaan energi elektron akan berkurang dan lintasannya makin lama akan mendekati inti dan jatuh ke dalam

14 Kelemahan dari Rutherford diperbaiki oleh Niels Bohr dan menyusun Teori Atomnya Teori Atom Niels Bohr 1.Atom terdiri dari inti yang bermuatan positif dan dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif di dalam suatu lintasan. 2.Elektron yang bergerak tidak melepas dan tidak menyerap energi. 3.Elektron bergerak pada lintasan tertentu dan lintasannya diberi nomor 1, 2, 3, ….. Dan diberi lambang K, L, M, ….. 4.Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan lain dengan cara melepas dan menyerap energi.

15 Model Atom Neils Bhor

16 KELEMAHAN TEORI ATOM BOHR Kelemahan pertama Hanya dapat menerangkan spektrum atom berelektron tunggal seperti hidrogen, tetapi tidak dapat menerangkan lebih rumit (nomor atom lebih dari 1), misalnya atom helium. Spektrum garis hidrogen ternyata terdiri dari garis-garis kecil yang sangat berdekatan Kelemahan kedua Tidak dapat menjelaskan pengaruh medan magnet dalam atom hidrogen, seperti mengapa spektrum hidrogen memiliki garis-garis tambahan ketika dipengaruhi medan magnet.

17 Tahun 1923 Louis de Broglie mengemukakan bahwa setiap partikel yang bergerak memiliki sifat gelombang dengan panjang gelombang tertentu. Elektron yang bergerak mengelilingi inti, gerakannya seperti sebuah gelombang sehingga keberadaan dalam lintasannya tidak pasti. Hal ini tidak sesuai dengan yang dikemukakan Bohr yaitu elektron bergerak pada lintasan tertentu. Pada tahun 1926 Erwin Schrodinger dan Werner Heisenberg mengemukakan teori bahwa lokasi elektron dalam atom tidak dapat ditentukan secara pasti, yang dapat ditentukan hanyalah daerah kemungkinan keberadaan elektron. Oleh karena keberadaan elektron diperkirakan dengan mekanika kuantum.


Download ppt "MATA KULIAH KIMIA ANORGANIK 1 STRUKTUR ATOM. PERKEMBANGAN TEORI ATOM Salah satu konsep ilmiah tertua adalah “semua materi dapat dipecah menjadi zarah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google