Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Keperawatan Lintas Budaya. Tujuan Keperawatan Lintas Budaya  Untuk mendapatkan pengetahuan budaya, dibuktikan dengan identifikasi yang benar. Contoh:

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Keperawatan Lintas Budaya. Tujuan Keperawatan Lintas Budaya  Untuk mendapatkan pengetahuan budaya, dibuktikan dengan identifikasi yang benar. Contoh:"— Transcript presentasi:

1 Keperawatan Lintas Budaya

2 Tujuan Keperawatan Lintas Budaya  Untuk mendapatkan pengetahuan budaya, dibuktikan dengan identifikasi yang benar. Contoh: asuhan keperawatan budaya kongruen.  Untuk memanfaatkan pengetahuan budaya dengan mengidentifikasi setidaknya satu intervensi keperawatan budaya kongruen untuk studi kasus yang disajikan.

3 Mengapa Pengetahuan Lintas Budaya Penting untuk Perawat?  Perpindahan penduduk di seluruh dunia meningkat  Komunikasi dan teknologi kesehatan membawa kedekatan terhadap keragaman budaya  Agar tidak terjadi peningkatan konflik budaya, bentrokan, dan tuntutan hukum.  Konsumen kesehatan mengharapkan keyakinan budaya mereka, nilai-nilai, dan hak-hak yang harus dihormati  Obat-obatan alternatif digunakan sebagai pelengkap dalam praktisi.  Mempromosikan perdamaian, harmoni dan hidup sehat.

4 Fenomena budaya? (Giger dan Davidhizar, 1995)  Pengendalian Lingkungan  Keyakinan kesehatan / penyakit / spiritualitas  Kesehatan tradisi / obat tradisional  Variasi Biologi  Fisik dan perbedaan genetik  organisasi sosial  Keluarga dan kelompok sosial (agama / etnis)  Komunikasi  ruang pribadi / jarak  Orientasi waktu

5 Penelitian keperawatan lintas budaya:  Meningkatkan pengetahuan budaya untuk praktek saat ini dan generasi masa depan perawat di manca negara.  Menemukan kepercayaan rakyat, nilai-nilai, dan praktik penyembuhan yang dapat mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan  Membantu kelahiran, kematian penyakit, atau cacat melalui orang-orang dari berbagai budaya.  Membuat perawatan budaya kongruen.  Jika perawatan nilai, ekspresi, atau pola yang dikenal dan digunakan oleh perawat

6 Contoh Nilai Perawatan Dominan: Amerika Meksiko  Keluarga / kerabat saling ketergantungan  Menghormati otoritas tinggi dan orang tua  Saling menghargai antar agama  Makanan asli untuk kesejahteraan  Perawatan tradisonal yang digunakan untuk penyembuhan rakyat.  Klien mempunyai keyakinan terhadap teori panas-dingin.

7 Makna Budaya Perawatan dalam praktik sehari-hari  Keluarga harmonis, tolong-menolong, dan keterlibatan dengan keluarga baik.  Menghormati otoritas pada klien.  Perlindungan perawatan pada wanita.  Ibu sebagai pengambil keputusan perawatan  Penggunaan praktik perawatan pada masyarakat.  Penyembuhan dengan makanan  Sentuhan  Ikhlas (menerima kehendak Tuhan)

8 Penilaian dalam Keperawatan Lintas budaya  Memasukkan penilaian budaya dalam proses penerimaan dan sesuai kebutuhan  Menggunakan pengetahuan Anda tentang budaya (kesadaran budaya)  Mengingat bahwa pasien mungkin tradisional atau non-tradisional  Melakukan penilaian secara holistik, termasuk penemuan praktek rakyat  Memanfaatkan penerjemah bila diperlukan Hindari menggunakan anak untuk menafsirkan  Mengacu pada Model Sunrise Leininger s "Enabler"

9 Tiga tindakan asuhan keperawatan dan keputusan:  Perawatan pelestarian dan pemeliharaan budaya  Perawat mengakomodasi berbagai budaya dengan cara negosiasi  Mengembalikan struktur dan pola awal apabila budayanya tidak sesuai dengan asuhan keperawatan.

10 PERENCANAAN KEPERAWATAN LINTAS BUDAYA  Perawat mencoba untuk menengahi antara keyakinan budaya klien dan tujuan profesional perawat.  Gunakan intervensi yang disepakati  Termasuk keluarga pasien  Bekerja dalam budaya pasien  Menjunjung ritual budaya bila memungkinkan  Hindari pemaksaan budaya untuk menghindari masalah etika, dan tuntutan hukum

11 Menghindari Penyalahgunaan Budaya  Memahami bahwa keperawatan dan obat-obatan biasanya berasal dari Anglo-Amerika  Penggunaan diagnosa keperawatan disesuaikan dengan budaya barat atau yang mewakili budaya.  Budaya lain tidak harus diperlakukan sama seperti budaya Anglo-Amerika  Mepelajari berbagai macam perbedaan budaya

12 Keperawatan yang disesuaikan dengan budaya? Membandingkan Budaya  Batasi pengunjung untuk wanita postpartum untuk keluarga dekat saja (karena dia lelah)  Ajarkan ibu dari bayi yang baru lahir pada saat perawatan tali pusat tidak menggunakan perhiasan apapun.  Seorang pasien yang menolak untuk menandatangani formulir persetujuan harus dinilai untuk buta huruf, atau apakah seorang penerjemah diperlukan

13 Contoh :  Membuat makanan dari rumah  Diskusikan modifikasi untuk menyesuaikan diet yang diresepkan  Gunakan kontak mata langsung untuk meningkatkan kepercayaan  Gunakan nama pertama ketika berbicara kepada pasien

14 Evaluasi dalam perawatan :  Apakah ada keterbukaan komunikasi antara pasien dan perawat?  Apakah pasien mampu dan bersedia untuk menindaklanjuti dengan intervensi yang direncanakan?  Apakah yang menjadi tujuan kesehatan pasien bertemu dengan perawat?  Apakah yang menjadi tujuan perawat bertemu dengan pasien?  Apakah pasien dan keluarga puas dengan perawatan kesehatan?

15 Keunggulan dalam perawatan : Anda menuai keuntungan dari budaya yang sama sehingga munculnya rasa peduli ketika Anda memiliki Pengetahuan Keperawatan lintas budaya.


Download ppt "Keperawatan Lintas Budaya. Tujuan Keperawatan Lintas Budaya  Untuk mendapatkan pengetahuan budaya, dibuktikan dengan identifikasi yang benar. Contoh:"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google