Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Syarif Nurhidayat. Pemimpin adalah orang pilihan yang memiliki keistimewaan. Pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang memiliki sifat dan perilaku etis.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Syarif Nurhidayat. Pemimpin adalah orang pilihan yang memiliki keistimewaan. Pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang memiliki sifat dan perilaku etis."— Transcript presentasi:

1 Syarif Nurhidayat

2 Pemimpin adalah orang pilihan yang memiliki keistimewaan. Pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang memiliki sifat dan perilaku etis sebagai sebagi seorang pemimpin. Sifat dan etika seorang pemimpin dalam kepemimpinannya menentukan sukses tidaknya seseorang menjadi seorang pemimpin. Pemimpin yang sukses adalah pemimpin yang mampu membawa organisasinya mencapai tujuan bersama, juga secara personal diterima oleh bawahan. Pemimpin yang gagal, adalah pemimpin yang “tidak sukses”

3 Sifat dan sikap Pemimpin yang Sukses 1. Berpengetahuan 2. Berani 3. Berinisiatif 4. Tegas 5. Bijaksana 6. Adil 7. Taat (Spiritual) 8. Berpembawaan Baik 9. Memiliki keuletan

4 10 Bersemangat 11 Tidak Egois 12 Ikhlas 13 Menguasai Diri 14 Bertanggungjawab 15 Mampu bekerjasama 16 Menguasai permasalahan dengan rinci 17 Bersimpati

5 Sifat dan sikap Pemimpin yang gagal Terlalu menekankan kewibawaan Mementingkan diri sendiri Tidak dapat dipercaya Tidak bisa menguasai diri sendiri Takut mendapat saingan dari bawahan Kurang memiliki daya imajinasi Terlampau mementingkan soal gelar (Sumber: Imam Munawir, Asas-asas Kepemimpinan dalam Islam)

6 Sifat pemimpin yang berpengaruh pada keberhasilan kepemimpinan Kecerdasan Kedewasaan dan kelasan hubungan sosial Motivasi diri dan dorongan berprestasi Sikap-sikap hubungan kemanusiaan (Keith Davis; 1972)

7 Menurut Herman Finer (the nine C) 1. Consciousness (Kesadaran) 2. Coherence (Kemampuan Mengkait-kaitkan) 3. Constanty (Kemantapan) 4. Conviction (Keyakinan) 5. Creativeness (Daya Cipta) 6. Conscientousness (Kecermatan dan kesekasamaan) 7. Courage (Keberanian) 8. Captication (daya Pemikat atau gaya yang menarik) 9. Cleverness (Kepandaian/ keterampilan)

8 Hukum Kepemimpinan Berkomunikasi: hubungan interpersonal Mengkoordinasi: Mengerti fungsi dan Ativitas Mengorganisasi: “Right man on the right Place” Memotivasi: menumbuhkan semangat kerja dan kerjasama Memanfaatkan Sumber Daya: Penyediaan sarana dan sumber daya. Menetapkan Pedoman Kerja: Satandar Operasional sebagai bahan Evaluasi Mengklarifikasi harapan-harapan dari organisasi dan menjelaskan metode apa yang akan digunakan untuk mencapainya.

9 Contoh Pemimpim Hebat

10 Tugas: Individu Menyusun Naskah tentang Kepemimpinan Nasional yang Ideal Naskah tidak lebih dari 10 halaman, tidak kurang dari 7 halaman, Selain Cover. Halaman Cover memuat Judul, Nama, NIM, Mata Kuliah, Kelas, Dosen Pengampu. Font Cambria/ Time New Roman ukuran 12. Spasi 1,5. Marginnya, Buku Referensi min-4. boleh di dukung data lain. Tidak harus dijilid. Dikumpulkan maksimal pertemuan sebelum terakhir.

11 Format Naskah: A. Latar Belakang B. Model atau gaya kepemimpinan yang pas/tepat diterapkan di Indonesia? C. Sosok Pemimpin yang Ideal mempimpin Indonesia, sebutkan paling tidak tigas sifat utama! D. Tahun 2014, sosok siapa yang paling tepat menjadi pemimpin? E. Penutup/Simpulan


Download ppt "Syarif Nurhidayat. Pemimpin adalah orang pilihan yang memiliki keistimewaan. Pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang memiliki sifat dan perilaku etis."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google