Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kepemimpinan Dalam Pembelajaran Guru adalah pemimpin dalam proses pembelajaran Setiap guru yang mengajar suatu matapelajaran adalah pemimpin dalam kelasnya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kepemimpinan Dalam Pembelajaran Guru adalah pemimpin dalam proses pembelajaran Setiap guru yang mengajar suatu matapelajaran adalah pemimpin dalam kelasnya."— Transcript presentasi:

1

2 Kepemimpinan Dalam Pembelajaran

3 Guru adalah pemimpin dalam proses pembelajaran Setiap guru yang mengajar suatu matapelajaran adalah pemimpin dalam kelasnya. Guru adalah pemimpin karena dia bertugas mempengaruhi perilaku belajar para siswanya.

4 Peran Guru Selalu memotivasi siswanya untuk belajar. Mengarahkan tujuan belajarnya. Melatih keterampilan belajar. Menunjukkan materi yang perlu dipelajari. Mengevaluasi proses dan hasil belajar siswa

5 Pengertian Kepemimpinan Pembelajaran KKepemimpinan adalah kegiatan mempengaruhi perilaku orang banyak, agar mau bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. DDalam proses tersebut seorang pimpinan membimbing, memberi arahan, mempengaruhi perlaku orang lain, serta menggerakan orang lain untuk bekerja dalam rangka mencapai tujuan.

6 Tugas Guru Sebagai Pemimpin Pendidikan 1. Berkomunikasi dengan jelas dan sabar. 2. Memusatkan perhatian pada peserta didik. 3. Membudayakan mutu (dalam segala hal). 4. Mengadakan inovasi proses pembelajaran. 5. Menampung aspirasi peserta didik. 6. Menetapkan struktur tugas, kewajiban, tanggung- jawab dan hak masing-masing dalam kelas. 7. Mengoreksi kebijaksanaan yang ada, bila perlu.

7 8.Mengatasi kendala yang muncul dalam proses pembelajaran. 9.Mengembangkan tim-tim kecil dalam pembelajaran. 10.Mengembangkan mekanisme pemantauan dan evaluasi keberhasilan secara terbuka dan adil. 11.Mengadakan kaderisasi dalam bidang ilmu yang diasuh. 12.Memberdayakan peserta didik (Empowerment) 13.Memotivasi peserta didik.

8 Jadi Guru pemegang peran penting dalam proses pembelajaran, hasil penelitian membuktikan bahwa 85% sistem pembelajaran dikendalikan oleh guru dan hanya 15% saja yang benar-benar usaha siswa.

9 HHasil pengamatan itu menunjukkan betapa pentingnya peran guru dalam Proses Pembelajaran dalam menciptakan iklim dan lingkungan belajar, seperti : gaya mengajar pengorganisasian materi pelajaran tugas-tugas dan pekerjaan rumah metoda evaluasi hasil belajar.

10 PERAN GURU SEBAGAI PEMIMPIN : 1.Mengajar, membantu dan memotivasi siswa untuk selalu menemukan cara memperbaiki dirinya dan dunianya.Siswa yang sudah mengalami pendidikan semacam itu akan mampu bertahan hidup dan menyesuaikan diri dalam lingkungan yang terus berubah.

11 Lanjutan Guru yang bermutu tidak hanya senang membantu siswa yang cerdas, tetapi juga terhadap siswa yang memerlukan waktu lebih lama untuk mempelajari sesuatu fakta atau konsep.

12 Lanjutan Guru yang bermutu menciptakan iklim kelas yang kondusif bagi keberhasilan belajar semua siswa. Dia selalu mendorong siswa untuk mengembangkan daya intelektual dan daya emosinya guna mencapai pengetahuan yang superior dan kemampuan memecahkan masalah.

13 Lanjutan Guru yang bermutu selalu memusatkan perhatiannya pada kepentingan siswa dan menumbuhkan perasaan selalu ingin tahu dan selalu ingin belajar. 5.Guru yang bermutu selalu melakukan yang lebih baik, bersikap lebih fleksibel, dan selalu mempertanyakan segala sesuatu.

14 Lanjutan Guru yang bermutu berusaha agar siswanya menjadi orang yang cemerlang, 7.Guru yang bermutu selalu berusaha memberdayakan siswanya dan memperluas pengetahuannya, sehingga siswa memiliki daya dalam menghadapi berbagai situasi. 8.Menerapkan MMT ataupun Perbaikan yang Berkelanjutan, berarti perubahan (yang berkesinambungan) pada diri siswa dan pada dirinya sendiri.

15 Lanjutan… 9. Guru yang bermutu berperan membuat kelasnya menjadi suatu tim untuk memecahkan berbagai persoalan. Jadi tanggung jawab kelas pada semua orang, bukan hanya pada guru.

16 Lanjutan… Guru harus MENJADI Teladan : Guru harus MENJADI Teladan : Salah satu cara mendidik dan memberdayakan siswa ialah dengan menjadikan dirinya sebagai CONTOH, TELADAN atau ROLE MODEL, yang meliputi berbagai hal termasuk :  perhatian dan motivasi  disiplin diri  minat belajar  menghargai orang lain dan pendapatnya  kepelayanan

17


Download ppt "Kepemimpinan Dalam Pembelajaran Guru adalah pemimpin dalam proses pembelajaran Setiap guru yang mengajar suatu matapelajaran adalah pemimpin dalam kelasnya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google