Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SQL (Structure Query Language) Pertemuan 2 – RETRIEVING DATA USING THE SQL SELECT STATEMENT sy urf gm ail. co m.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SQL (Structure Query Language) Pertemuan 2 – RETRIEVING DATA USING THE SQL SELECT STATEMENT sy urf gm ail. co m."— Transcript presentasi:

1 SQL (Structure Query Language) Pertemuan 2 – RETRIEVING DATA USING THE SQL SELECT STATEMENT sy urf gm ail. co m

2 RDBMS

3 Penyimpanan Data pada Media yang berbeda

4 Konsep Database Relasional  Dr E. F. Codd mengusulkan model relasional untuk sistem database pada tahun  Sebagai dasar untuk RDBMS (Relational Database Management System)  Model Relasional terdiri dari :  Relasi antar tabel  Set operator untuk menghasilkan result dgn menghubungkan relasi antar tabel  Integritas dan konsistensi data

5 Definisi dari Relational Database  Relational database adalah kumpulan relasi atau tabel dua dimensi.

6 Relational Database Terminology

7 SQL

8  Kepanjangan dari SQL adalah Structured Query Language. SQL digunakan untuk berkomunikasi dengan database. Menurut ANSI (American National Standards Institute), SQL merupakan bahasa standar untuk sistem manajemen database relasional.  Perintah SQL digunakan untuk melakukan tugas-tugas seperti update data, atau mengambil data dari database.

9 Berkomunikasi dgn RDBMS menggunakan SQL

10 Tabel tabel yang digunakan utk Latihan

11 SQL STATEMENT MANIPULASI & MEMBACA CONTROL HAK AKSES DEFINISI dan MEMBUAT Mengatur Perubahan dr DML

12 Kemampuan dr SQL SELECT statement  Projection adalah kemampuan perintah SQL SELECT untuk memilih kolom mana yang akan ditampilkan.  Selection adalah kemampuan perintah SQL SELECT untuk memilih baris yang akan ditampilkan.  Joining merupakan kemampuan perintah SQL SELECT untuk menampilkan informasi yang berasal dari 2 tabel atau lebih, dimana ada relasi tertentu yang menghubungkan antar tabeltabel tersebut.

13 Konsep Dasar SELECT statement  SELECT mengidentifikasi kolom yang mau ditampilkan  FROM mengidentifikasi tabel yang berisi kolom yang akan ditampilkan.

14 Menampilkan SEMUA KOLOM dr tabel

15 Menampilkan KOLOM spesifik

16 ATURAN PENULISAN statement SQL  SQL statement tidak case sensitive artinya tidak dibedakan antara penulisan huruf kecil dan huruf besar.  SQL statement dapat terdiri dari lebih dari satu baris.  Keyword tidak bisa disingkat atau dipisah dibaris yang berbeda.  Klausa biasanya ditempatkan pada baris yang berbeda.  Gunakan indentasi untuk setiap klausa agar mempermudah pembacaan perintah.  Setiap perintah diakhiri dengan titik koma.  Penambahan komentar pada perintah SQL bisa dilakukan dengan menggunakan tanda minus dua kali “–” untuk komentar satu baris, sedangkan komentar lebih dari satu baris harus diawali dengan tanda /* dan diakhiri dengan tanda */ A.K.A NOTE

17 Ekspresi Aritmatik  Suatu ekspresi yang melibatkan tipe data bilangan (NUMBER) dan tanggal (DATE) menggunakan ekspresi aritmatika.  Penggunaan ekspresi aritmatik

18 Operator Precedence

19 Mendefinisikan NILAI NULL  Nilai NULL pada suatu kolom bisa berarti ada data yang tidak diisi, atau tidak diketahui nilainya. Nilai NULL tidak sama dengan NOL (zero). Nilai NULL juga tidak sama dengan spasi kosong.

20 Menggunakan kolom ALIAS  Judul (secara default) pada tiap kolom yang ditampilkan (heading) selalu sama dengan nama kolomnya dan ditulis dengan huruf besar. Penggantian judul kolom, sehingga tidak sama dengan judul default disebut kolom alias.

21 Operator Concatenation  Menggabungkan hasil dari kolom atau kata dengan kolom lain.  Operator ini direpresentasikan dengan DUA garis tegak lurus (||)

22 Literal Character Strings  Literal character adalah karakter, angka atau tanggal yang termasuk dalam statement SELECT.  Tanggal dan karakter literal, diapit oleh tanda kutip tunggal.

23 Baris yang duplikat  Perintah query akan memberikan hasil termasuk suatu nilai yang bisa muncul lebih dari satu kali.  Untuk mengeleminasi baris ganda atau suatu nilai yang bisa muncul lebih dari satu kali digunakan keyword DISTINCT.

24 Menampilkan Struktur Tabel  Untuk menampilkan struktur tabel digunakan DESCRIBE.

25 Exercise! Buat query untuk : 1) Menampilkan isi dari tabel Employees 2) Menampilkan struktur tabel dari Departments. Kemudian tampilkan semua datanya. 3) Menampilkan semua tabel yang dimiliki oleh user HR 4) Menampilkan kolom hire date, job_id dan salary 5) Menampilkan employee_id, first_name, salary, nilai salary ditambah 5000 dan judul kolomnya diganti menjadi new_salary. 6) Menampilkan job_id, secara unik dari table employees 7) Menampilkan seluruh karyawan dan job_id-nya. Tampilkan last_name yang digabung dengan job_id-nya (pisahkan dengan kata-kata : bekerja sebagai) Cth : King bekerja sebagai AD_Press dan nama kolomnya Karyawan dan Jabatan

26 Exercise! 8) Menampilkan employee_id, last_name, salary dan salary dikalikan 20% dengan nama kolom Gaji Baru 9) Apakah statement SELECT berikut ini dapat dijalankan dgn benar? SQL>SELECT last_name,job_id,salary as sal FROM EMPLOYEES; 10) Jelaskan kesalahan2 pada statement SELECT berikut SQL> SELECT empno, ename salary x 12 gaji setahun FROM EMP;

27 Next :  Pengumpulan Tugas  Restricting and Sorting Data


Download ppt "SQL (Structure Query Language) Pertemuan 2 – RETRIEVING DATA USING THE SQL SELECT STATEMENT sy urf gm ail. co m."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google