Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB V PENINGGALAN SEJARAH Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB V PENINGGALAN SEJARAH Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV."— Transcript presentasi:

1 BAB V PENINGGALAN SEJARAH Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV

2 Contoh Peninggalan Sejarah I. Bangunan a. Prasasti Semacam piagam tertulis yang ditemukan pada benda-benda seperti batu atau benda lain seperti besi atau tembaga. Prasasti yang tersebar di Indonesia merupakan peninggalan kerajaan-kerajaan.

3 1. Kerajaan Kutai Prasasti Yupa

4 Kerajaan Kutai berada di sekitar sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Yupa didirikan untuk memperingati kemurahan hati Raja Mulawarman dari Kerajaan Kutai.

5 2. Kerajaan Tarumanegara Prasasti Ciaruteun

6 Kerajaan Tarumanegara berada di antara Sungai Citarum dan Cisadane. Wilayahnya meliputi Kerawang, Jakarta, dan Banten. Peninggalan-peninggalan prasastinya yaitu: a. Prasasti Ciruteun b. Prasasti Kebon Kopi c. Prasasti Muara Cianten d. Prasasti Pasir Awi

7 3. Kerajaan Kediri Kerajaan Kediri berada di Provinsi Jawa Timur, di tepi Sungai Brantas. Peninggalan sejarah Kerajaan Kediri adalah sebagai berikut: a. Prasasti Pandlegan b. Prasasti Hantang, Talang, dan Jepun c. Prasasti Jarung d. Prasasti Semanding e. Prasasti Desa Sapu Angin

8 4. Kerajaan Singasari Prasasti Singasari

9 Kerajaan Singasari berada di daerah Tumapel, sebelah timur Gunung Kawi, Jawa Timur. Peninggalan sejarah Kerajaan Singasari adalah: a. Prasasti Singasari b. Prasasti Mulamalurung c. Prasasti Batu Desa Kranggan d. Prasasti Tembaga Desa Pakis Wetan

10 5. Kerajaan Sriwijaya Kerajaan Sriwijaya berada di kota Palembang, tepatnya di provinsi Sumatera Selatan. Prasasti peninggalan sejarahnya yaitu: a. Prasasti Karang Berahi b. Prasasti Kota Kapur c. Prasasti Talang Tuo d. Prasasti Telaga Batu e. Prasasti Kedukan Bukit

11 b. Candi Candi adalah bangunan kuno peninggalan sejarah dari zaman dahulu yang masih ada hingga sekarang. Candi digunakan sebagai tempat pemujaan atau penyimpanan abu jenazah raja-raja serta pendeta beragama Hindu atau Buddha pada zaman dahulu.

12 Candi Borobudur Gereja Katedral

13 3. Masjid Demak Masjid Demak berada di Kadilagu, Demak, Jawa Tengah. Masjid ini didirikan pada masa pemerintahan Raden Patah. Masjid ini didirikan dengan bantuan para wali di mana pembangunannya diawasi oleh Sunan Kalijaga.

14 Masjid Demak

15 c. Arca/Patung Arca pada zaman dahulu dibuat untuk menghormati raja atau dewa. Arca-arca tersebut biasanya disimpan di dalam candi.

16 Arca Syiwa Mahadewa Arca Brahma Arca Wishnu

17 II. Karya Sastra Karya sastra merupakan salah satu bentuk peninggalan sejarah yang ditulis oleh pujangga masa lalu dalam bentuk cerita tertulis. a. Kerajaan Mataram  Kitab Ramayana karangan Mpu Walmiki  Kitab Mahabharata karangan Mpu Wyasa. b. Kerajaan Kediri  Kitab Smaradhana karangan Mpu Darmaja.  Kitab Hariwangsa karangan Mpu Panuluh.  Kitab Arjunawiwaha karangan Mpu Kanwa.

18 c. Kerajaan Majapahit  Kitab Negarakertagama karangan Mpu Prapanca.  Kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular.  Kitab Arjunawijaya karangan Mpu Tantular.

19 Peninggalan Sejarah adalah bukti-bukti yang menunjukkan suatu peristiwa yang dialami oleh manusia pada masa lalu. Peninggalan Sejarah adalah bukti-bukti yang menunjukkan suatu peristiwa yang dialami oleh manusia pada masa lalu.

20 DEBAT 1. Menurutmu, bagaimana jika peninggalan-peninggalan sejarah yang ada itu rusak? Jelaskan mengapa/hal apa yang memungkinkan peninggalan- peninggalan sejarah itu rusak? 1. Menurutmu, bagaimana jika peninggalan-peninggalan sejarah yang ada itu rusak? Jelaskan mengapa/hal apa yang memungkinkan peninggalan- peninggalan sejarah itu rusak?

21 2. Bagaimana jika beberapa peninggalan sejarah bangsa Indonesia dicuri oleh bangsa lain dan diakui sebagai peninggalan sejarah milik negaranya (pencuri) BUKAN milik bangsa Indonesia? Menurutmu apa yang harus kita lakukan? Bagaimana caranya membuktikan bahwa itu adalah milik Indonesia?


Download ppt "BAB V PENINGGALAN SEJARAH Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google