Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

UPT PUSKESMAS SAMPANG DINAS KESEHATAN KABUPATEN CILACAP.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "UPT PUSKESMAS SAMPANG DINAS KESEHATAN KABUPATEN CILACAP."— Transcript presentasi:

1 UPT PUSKESMAS SAMPANG DINAS KESEHATAN KABUPATEN CILACAP

2 UPT PUSKESMAS SAMPANG Terdiri dari 10 Desa Dengan Jumlah KK= KK Jumlah Jiwa= jiwa Jumlah KK miskin= 1864 Mempunyai Pustu 3 buah, PKD 6 buah, Posyandu Balita 76 buah, Posyandu Lansia 23 buah serta 1 unit Puskesmas keliling.

3 SUMBER DAYA MANUSIA UPT PUSKESMAS SAMPANG

4 ISU- ISU STRATEGIS YANG BERKAITAN DENGAN MUTU PELAYANAN Rata –rata Kunjungan pasien yang cukup tinggi ( pasien /hari). Pendapatan Puskesmas yang cukup memadai. Sumber daya manusia dan infrastruktur yang mendukung. Cakupan wilayah pelayanan yang cukup bagus dengan biaya bersaing.

5 Peran serta masyarakat yang cukup bagus. Keluhan pelayanan yang kurang ramah dan lama. Sudah terbentuk Tim work yang bagus diantara staf Cakupan kegiatan yang sudah memenuhi target. Sistem pencatatan dan pelaporan yang belum tertata, Pesaing yang cukup banyak ( adanya BPS, Rumah Bersalin, Klinik Rawat Inap Swasta, dekat dengan RSUD Banyumas).

6 NILAI-NILAI DASAR Dedikasi. Kepemimpinan yang parsitipatif. Kerjasama Tim. Kreatifitas. Semangat untuk berbuat dan memberikan yang terbaik bagi pelanggan. Transparansi dalam segala hal.

7 VISI PUSKESMAS Mewujudkan Puskesmas sampang sebagai pusat pelayanan kesehatan dasar secara paripurna menuju Indonesia Sehat tahun 2015.

8 MISI PUSKESMAS Meningkatkan Sumber Daya Manusia yang profesional, berbudaya dan Sejahtera. Melengkapi Sarana dan Prasarana. Memuaskan Pelanggan.

9 Standart Pelayanan Minimal (SPM) Pengobatan. Kesehatan Ibu dan Anak. Peningkatan Gizi Masyarakat. Penyehatan Lingkungan. Penyuluhan kesehatan masyarakat. Pembrantasan penyakit menular.

10 Program Tambahan UKS. Kesehatan Gigi dan Mulut ( UKGS/UKGMD). Perkesmas. UKK. Usaha Kesehatan Jiwa. Upaya Kesehatan Lansia. KRR.

11 KEBIJAKAN MUTU  Pelayanan Prima adalah prinsip dasar pelayanan Puskesmas Sampang. Pelayanan Yang bermutu adalah pelayanan yang dapat memuaskan pelanggan internal maupun eksternal yang dicapai dengan kegiatan : pelayanan yang cepat,profesional,ramah dan dilakukan oleh tim work yang solid. Peningkatan mutu pelayanan adalah tanggungjawab yang diemban oleh semua staff Puskesmas Sampang.

12 AKREDITASI Akreditasi Penting untuk:  Menilai Kinerja Puskesmas.  Meningkatkan mutu pelayanan.  Memberikan pengakuan- penghargaan kepada Puskesmas.  Sarana kompetisi.

13 TUJUAN KEGIATAN AKREDITASI  Menambah wacana pengetahuan tentang mutu pelayanan.  Mendapatkan gambaran : - Sejauhmana telah memenuhi standar. - Jaminan mutu pelayanan.

14 AKREDITASI PUSKESMAS  Program Pelayanan medik.  Program Administrasi dan manajemen.  Program Promosi kesehatan.  Program Pembrantasan dan Pencegahan Penyakit.  Program Kesehatan Lingkungan.  Program Gizi.  Program Kesehatan Keluarga.

15 INSTRUMEN STANDAR AKREDITASI  Pelayanan Klinik Yanmed.  Pelayanan Administrasi manajemen.  Pelayanan Program : Promkes, KIA/KB, Kesling, Gizi, P2P.

16 PENENTUAN SKOR KRITERIA Jumlah Skor Verifikasi X 100 % Jumlah Item Verifikasi

17 PENENTUAN TINGKAT KEPATUHAN  Kepatuhan Optimal, Skor kriteria > 75 %.  Kepatuhan Substanstial, Skor kriteria %.  Kepatuhan Partial, Skor kriteria 26 – 50 %.  Kepatuhan Minimal, Skor kriteria ≤ 25 %.

18 TAHAPAN AKREDITASI 1. SOSIALISASI  Propinsi ke Kabupaten.  Kabupaten ke Puskesmas uji coba.  Puskesmas ke Staff. 2. PELATIHAN  Pelatihan surveior akreditasi di DKK ( Tim Propinsi & BPTPK Gombong ).

19  Materi Pelatihan - Konsep akreditasi/kebijaksanaan akreditasi - Instrumen standar akreditasi yang meliputi 7 Pokja.

20 3. PEMBENTUKAN TIM AKREDITASI PUSKESMAS  Membangun komitmen bersama.  Untuk mengoptimalkan pelaksanaan akreditasi di Puskesmas.

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

31

32

33

34

35


Download ppt "UPT PUSKESMAS SAMPANG DINAS KESEHATAN KABUPATEN CILACAP."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google