Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Assalamualaikum Wr.Wb. Kelompok 1 Dewi KusumaWardani(J210130048) Rosalina KusumaWardhani (J210130049) Mursid Andi Setiawan (J210130058) Yunan Tulus Budiono(J210130059)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Assalamualaikum Wr.Wb. Kelompok 1 Dewi KusumaWardani(J210130048) Rosalina KusumaWardhani (J210130049) Mursid Andi Setiawan (J210130058) Yunan Tulus Budiono(J210130059)"— Transcript presentasi:

1 Assalamualaikum Wr.Wb

2 Kelompok 1 Dewi KusumaWardani(J ) Rosalina KusumaWardhani (J ) Mursid Andi Setiawan (J ) Yunan Tulus Budiono(J ) Febria Murtiningsih(J ) Rizal Muhammad Ashar(J ) Anggi Andriyani(J ) Ni’mah Mufidah(J ) Sasmita Puji Rahayu(J ) Eko Suprapto(J ) Nauval Landis Iqbal(J ) Nurul Puji Astutik(J ) Bunga Puspitasri(J ) Nur Chasanah(J )

3 PUSKESMAS Puskesmas adalah suatu unit fungsional yang berfungsi sebagai pembangunan kesehatan, pusat pembinaan peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan, serta pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama yang menyelengarakan kegiatannya secara menyeluruh, terpadu, dan berkesinambungan pada masyarakat yang bertempat tinggal dalam satu wilayah.

4 Sejarah puskesmas Sedangkan sejarah puskesmas menurut wayuningsih, heni,.dkk (2009) adalah sebagai berikut. 1. Tahun 1951 dr Y.leimena dan dr patah memperkenal bandung plan yakni upaya pelayanan kesehatan masyarakat aspek preventif & kuratif tidak dapat dipisahkan 2. Tahun 1956 dimulai kegiatan pengembangan kesehatan masyarakat oleh dr Y.sulianti yang dikenal sebagai “proyek bekasi” sebagai pusat tenaga kesehatan 3. Tahun 1967 diselengarakan seminar membahas dan merumuskan program kesehatan masyarakat terpadu sesuai kondisi dan kemampuan rakyat Indonesia. 4. Tahun 1968 diselenggarakan rapat kerja nasional, dicetuskan bahwa puskesmas adalah merupakan system pelayanan kesehatan terpadu, yang kemudian oleh pemerintah menjadi pusat pelayanan kesehatan masyarakat (puskesmas).

5 Fungsi puskesmas Fungsi pokok puskesmas, antara lain: 1. Sebagai pusat pembangunan kesehatan masyarakat di wilayahnya. 2. Membina peran serta masyarakat di wilayah kerjanya dalam rangka meningkatkan kemampuan untuk hidup sehat. 3. Memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya.

6 Sementara proses dalam melaksanakan fungsinya dilakukan dengan cara: 1. Merangsang masyarakat, termasuk pihak swasta untuk melaksanakan kegiatan dalam rangka menolong dirinya sendiri. 2. Memberikan petunjuk kepada masyarakat tentang bagiamana menggali fan menggunakan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien. 3. Memberi bantuan, baik yang bersifat bimbingan teknik materi, rujukan medis, maupun rujukan kesehatan kepada masyarakat. 4. Memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Bekerjasama dengan sektor-sektor yang bersangkutan dalam melaksanakan program puskesmas (Mubarak, Wahit dan Nurul C. 2009).

7 Visi puskesmas Visi pembangunan kesehatan diselenggarakan oleh puskesmas adalah tercapainya kecamatan sehat menuju terwujudnya Indonesia sehat.indikator kecamatan sehat yang ingin dicapai mencakup empat indikator utama. 1. Lingkungan sehat 2. Perilaku sehat. 3. Cukupan pelayanan kesehatan bermutu. 4. Derajat kesehatan penduduk kecamatan.

8 Berikut gambaran masa depan masyarakat melalui pembangunan pusat kesehatan antara lain: Masyarakat hidup dalam lingkungan dan perilaku hidup sehat. Memiliki kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata. Memiliki derajat kesehatan yang setinggi- tingginya di seluruh wilayah Republik Indonesia.

9 Misi Puskesmas Menggerakan pembangunan berwawasan kesehatan diwilayah kerjanya Memelihara dan meningkatkan mutu, pemerataan dan ketejangkauan pelayanan kesehatan yang diselnggarakan Mendorong kemandirian hidup sehat bagi keluarga dan masyarakat di wilayah kerjanya.

10 Kegiatan Pokok Puskesmas Upaya Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Upaya kesehatan lingkungan Upaya perbaikan gizi Upaya Keluarga Berencana (KB) Upaya pencegahan dan pemberantasan penyakit menular Upaya Pengobatan Upaya penyuluhan kesehatan Upaya Keluarga Berencana (KB) Upaya perbaikan gizi Upaya kesehatan lingkungan Upaya pencegahan dan pemberantasan penyakit menular Upaya Pengobatan masyarakat.

11 Lanjutan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Kesehatan olahraga.. Perawatan kesehatan masyarakat. Usaha kesehatan kerja. Usaha kesehatan gigi dan mulut. Usaha kesehatan jiwa. Kesehatan mata. Laboratorium (diupayakan lagi tidak sederhana). Pencatatan dan pelaporan sistem informasi kesehatan. Kesehatan usia lanjut. Pembinaan pengobatan tradisional

12 Fasilitas Penunjang Puskesmas Pembantu adalah unit pelayanan kesehatan sederhana yang berfungsi menunjang dan membantu pelaksanaan kegiatan-kegiatan puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih keci. Puskemas Keliling merupakan unit pelayanan kesehtan keliling yang dilengkapai dengan kendaraan bermotor roda empat atau perahu motor

13 Lanjutan..... Bidan Desa Tugas utama Bidan Desa adalah meningkatkan peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan melalui pembinaan posyandu dan pembinaan kelompok dasawarsa, serta pertolongan persalinan di rumah penduduk.

14 Rujukan Rujukan upaya kesehatan perorangan : - Rujukan kasus untuk keperluan diagnostic, pengobatan, tindakan medic seperti operasi dan lain-lain - Rujukan kasus bahan pemeriksaan (specimen) untuk pemeriksaan laboratorium yang lebih lengkap - Rujukan ilmu pengetahuan Rujukan upaya kesehatan masyarakat cakupan rujukan pelayanan kesehatan masyarakat merupakan rujukan yang menyangkut/bersifat preventif dan promotif. Dibagi menjadi 3 : ◦ Rujukan sarana dan logistic ◦ Rujukan tenaga ◦ Rujukan operasional

15 Tujuan Sistem Rujukan Upaya Kesehatan Tujuan umum : upaya pelayanan kesehatan klinik yang bersifat kuratif dan rehabilitative secara berhasil guna dan berdaya guna. Tuhuan khusus: upaya pelayanan kesehatan klinik yang bersifat kuratif dan rehabilitative, yang preventif dan promotif secara berhasil guna dan berdaya guna.

16 Strategi puskesmas untuk mewujutkan pembangunan kesehatan adalah melalui pelayanan kesehatan yang bersifat menyeluruh (comprehensive health service) serta pelayanan kesehatan yang menerapkan pendekatan yang menyeluruh (holistic approach) (Mubarak, Wahid Iqbal. 2012).

17 Peran perawat di puskesmas Melakukan fungsi-fungsi manajerial Melakukan pelayanan asuhan keperawatan Mengoordinasi kegiatan penyuluhan kesehatan masyarakat Mengoordinasi pembinaan peran serta masyarakat melalui pendekatan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD) Mengoordinasikan kegiatan lain seperti kegiatan lintas sektoral (Effendi, ferry. 2009).

18 Organisasi Puskesmas Unsure Pemimpin (Kepala Puskesmas) Unsure Pembantu Pimpinan (Kepala Urusan Tata Usaha) Unsur Pelaksana

19 WASSALAMUALAIKUM WR.WB TERIMA KASIHH.....


Download ppt "Assalamualaikum Wr.Wb. Kelompok 1 Dewi KusumaWardani(J210130048) Rosalina KusumaWardhani (J210130049) Mursid Andi Setiawan (J210130058) Yunan Tulus Budiono(J210130059)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google