Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sistem informasi akuntansi manajemen adalah sistem yang menghasilkan keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sistem informasi akuntansi manajemen adalah sistem yang menghasilkan keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan."— Transcript presentasi:

1

2 Sistem informasi akuntansi manajemen adalah sistem yang menghasilkan keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu manajemen

3 Proses Proses adalah berbagai kegiatan seperti pengumpulan, pengukuran, penyimpanan, analisis pelaporan dan pengelolaan informasi..

4 Keluaran Keluaran mencakup: Laporan khusus, harga pokok produk, biaya pelanggan, anggaran, laporan kinerja dan bahkan komunikasi personal.

5 TUJUAN AKUNTANSI MANAJEMEN 1. Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam penghitungan harga pokok jasa, produk dan tujuan lain yang diinginkan oleh manajemen. 2. Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian dan perbaikan berkelanjutan. 3. Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.

6 Model Operasional sistem informasi manajemen Economic Even Pengumpulan, pengukuran, penyimpanan, analisis, pelaporan, pengelolaan Laporan khusus, Harga pokok Produk, Biaya Pelanggan, Anggaran, Komunikasi personal MasukanProsesKeluaran Pengguna

7 PROSES MANAJEMEN Proses manajemen (Management process) meliputi aktivitas-aktivitas: 1. Perencanaan 2. Pengendalian 3. Pengambilan keputusan

8 PROSES MANAJEMEN Proses manajemen adalah memberdayakan pekerja untuk terlibat dalam proses manajemen. Artinya: Memberikan kesempatan yang lebih besar untuk berpendapat mengenai cara menjalankan pabrik.

9 Pemberdayaan Pekerja Adalah pemberian wewenang pada orangorang operasional untuk merencanakan, mengendalikan dan membuat keputusan tanpa adanya otorisasi yang eksplisit dari pihak manajemen tingkat menengah atau yang lebih tinggi.

10 AKUNTANSI MANAJEMEN DAN AKUNTANSI KEUANGAN SISTEM AKUNTANSI DISEBUAH ORGNISASI MEMILIKI 2 SISTEM UTAMA YAITU :  SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN  SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN

11 PERBANDINGAN ANTARA AKUNTANSI MANAJEMEN DAN AKUNTANSI KEUANGAN AKUNTANSI MANAJEMEN  FOKUS INTERNAL.  TIDAK MENGIKUTI ATURAN.  INFORMASI KEUANGAN DAN NON KEUANGAN, INFORMASI DAPAT BERSIFAT SUBJEKTIF.  PENEKANAN PADA MASA YANG AKAN DATANG  EVALUASI DAN KEPUTUSAN INTERNAL DIDASARKAN ATAS INFORMASI YANG SANGAT TERINCI  SANGAT LUAS DAN MULTI DISIPLIN

12 PERBANDINGAN ANTARA AKUNTANSI MANAJEMEN DAN AKUNTANSI KEUANGAN AKUNTANSI KEUANGAN  FOKUS EKSTERNAL  MENGIKUTI ATURAN TERTENTU DARI PIHAK EKSTERN  INFORMASI KEUANGAN BERSIFAT OBJEKTIF  BERORIENTASI HISTORIS  INFORMASI MENGENAI PERUSAHAAN SECARA KESELURUHAN  LEBIH INDEPENDEN

13 PERBEDAAN PENTING AKT MANAJEMEN DENGAN AKT KEUANGAN  PENGGUNA (TARGET USER) AKUNTANSI MANAJEMEN UTK KEPENTINGAN INTERNAL, AKUNTANSI KEUANGAN KEPENTINGAN EKSTERNAL.  PEMBATASAN PADA MASUKAN DAN PROSES (AKUNTANSI MANAJEMEN TIDAK TERGANTUNG PADA PRINSIP-PRINSIP AKUNTANSI, PRINSIP AKUNTANSI DITETAPKAN UNTUK PELAPORAN KEUANGAN.  MASUKAN DAN PROSES PADA AKUNTANSI KEUANGAN HARUS JELAS DAN TERBATAS HANYA KEGIATAN EKONOMI TERTENTU DAN MEMENUHI KUALIFIKASI YANG AKAN DIPROSES.

14 PERBEDAAN PENTING AKT MANAJEMEN DENGAN AKT KEUANGAN  JENIS INFORMASI, PEMBATASAN DALAM AKT KEUANGAN CENDERUNG MENGHASILKAN INFORMASI YANG OBJEKTIF DAN DAPAT DIVERIFIKASI. DALAM AKT MANAJEMEN INFORMASINYA DAPAT BERUPA INFORMASI KEUANGAN DAN NON KEUANGAN SERTA DAPAT BERSIFAT SUBJEKTIF.  ORIENTASI WAKTU, AKUNTANSI KEUANGAN MEMILIKI ORIENTASI HISTORIS, FUNGSIYA MENCATAT DAN MELAPORKAN KEGIATAN-KEGIATAN YANG TELAH TERJADI.  WALAUPUN AKT MANAJEMEN JUGA MENCATAT DAN MELAPORKAN KEJADIAN-KEJADIAN YANG TELAH TERJADI TAPI LEBIH MENEKANKAN PADA INFORMASI KEGIATAN DIMASA YANG AKAN DATANG.

15 CONTOHNYA TIDAK HANYA INGIN MENGETAHUI BERAPA BIAYA YANG AKAN DIKELUARKAN UNTUK MEMBUAT SATU PRODUK TETAPI JUGA INGIN MENGETAHUI BERAPA KELAK BIAYA YANG AKAN DIKELUARKAN UNTUK MEMBUAT SATU PRODUK.

16 PERBEDAAN PENTING AKT MANAJEMEN DENGAN AKT KEUANGAN  TINGKAT AGREGASI, AKT MANAJEMEN MENYEDIAKAN UKURAN DAN LAPORAN INTERNAL YANG DIGUNAKAN UNTUK MENGEVALUASI KINERJA INTERNAL PERUSAHAAN, LINI PRODUK, DEPARTEMEN DAN MANAJER. INTINYA INFORMASI YANG SANGAT TERINCI DIBUTUHKAN DAN DISEDIAKAN. SEDANGKAN AKUNTANSI MANAJEMEN MEMFOKUSKAN PADA KINERJA PERUSAHAAN SECARA KESELURUHAN DAN MEMBERIKAN SUDUT PANDANG YANG LEBIH AGREGAT.  KELUASAN, AKUNTANSI MANAJEMEN JAUH LEBIH LUAS DARIPADA AKUNTANSI KEUANGAN.

17 PERANAN AKUNTANSI MANAJEMEN  PERANAN AKUNTANSI MANAJEMEN DALAM PERUSAHAAN ADALAH PERANAN PENDUKUNG.  MEMBANTU ORANG-ORANG YANG BERTANGGUNGJAWAB LANGSUNG PADA TUJUAN DASAR ORGANISASI

18 Bahan diskusi

19

20 diminta

21

22 SEKIAN & TERIMA KASIH


Download ppt "Sistem informasi akuntansi manajemen adalah sistem yang menghasilkan keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google