Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMAPARAN HASIL MONITORING DAN EVALUASI BSM TAHUN 2014 Oleh : Drs. Abdul Haris Nufika, M.Pd. KEPALA SEKSI PENDIDIKAN MADRASAH KANKEMENAG KABUPATEN SLEMAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMAPARAN HASIL MONITORING DAN EVALUASI BSM TAHUN 2014 Oleh : Drs. Abdul Haris Nufika, M.Pd. KEPALA SEKSI PENDIDIKAN MADRASAH KANKEMENAG KABUPATEN SLEMAN."— Transcript presentasi:

1 PEMAPARAN HASIL MONITORING DAN EVALUASI BSM TAHUN 2014 Oleh : Drs. Abdul Haris Nufika, M.Pd. KEPALA SEKSI PENDIDIKAN MADRASAH KANKEMENAG KABUPATEN SLEMAN

2 RESPONDEN Kepala MI, MTs dan MA sebanyak 50 responden. Status Madrasah terdiri atas : MI Negeri: 2 MI Swasta: 23 MTs Negeri: 10 MTs Swasta: 5 MA Negeri: 5 MA Swasta: 5

3 Apakah Madrasah Bapak/Ibu sudah pernah mengikuti sosialisasi BSM 2014? 50 menjawab Sudah, 0 menjawab Belum Analisis :  Target tercapai.

4 Apakah Madrasah Bapak/Ibu sudah memiliki pedoman BSM 2014? 50 menjawab Sudah, 0 menjawab Belum Analisis :  Target tercapai.

5 Apakah Bapak/Ibu sudah mensosialisasikan program BSM ini kepada siswa/ortu siswa? 50 menjawab Ya, 0 menjawab Tidak Metode yang digunakan :  20 : Gabungan Pertemuan/Surat/Pengumuman.  14 : Pertemuan.  7 : Pengumuman.  4 : Surat  3 : Pertemuan dan surat  2 : Pertemuan dan pengumuman

6 Apakah proses seleksi siswa calon penerima BSM melibatkan dewan guru dan komite? 49 menjawab Ya, 1 menjawab Tidak Analisis :  Dari 49 yang menjawab “Ya”, 42 menggunakan metode “dimintai usul, saran, persetujuan” dan 7 “dibentuk tim pengelola BSM”.  Ada 1 yang menjawab “Tidak” dengan alasan “waktu yang sangat mendesak”.

7 Apakah seluruh siswa yang ditetapkan sebagai penerima/calon penerima BSM memenuhi persyaratan sebagaimana pedoman BSM 2014 serta mengumpulkan bukti fisik yang diperlukan? 50 menjawab Ya, 0 menjawab Tidak Analisis :  Target tercapai.

8 Apakah seluruh siswa yang ditetapkan sebagai penerima/calon penerima BSM ditetapkan dalam SK Kepala Madrasah diketahui Komite Madrasah? 50 menjawab Ya, 0 menjawab Tidak Analisis :  Target tercapai.

9 Apakah dana BSM periode Januari – Juni sudah tersalur kepada siswa penerima BSM 2014? 48 menjawab Sudah, 2 menjawab Belum Analisis :  2 yang menjawab belum dikarenakan : 1 menunggu kuota bantuan sejenis sehingga menghindari dobel anggaran, dan 1 dikarenakan adanya sangsi keterlambatan pelaporan periode sebelumnya.

10 Apakah siswa penerima beserta dana BSM yang diterima, diumumkan di papan pengumuman Madrasah? 37 menjawab Ya, 13 menjawab Tidak Analisis :  Rincian 13 yang menjawab “Tidak” adalah : 3 tanpa alasan, 2 diumumkan langsung ke penerima, 2 untuk mencegah kecemburuan, 2 karena mengadakan pertemuan, 2 melalui surat dan pertemuan, 1 karena belum cair dan 1 karena tidak punya papan pengumuman.

11 Apakah siswa penerima BSM diberi arahan perihal pemanfaatan dana sesuai pedoman BSM 2014? 50 menjawab Ya, 0 menjawab Tidak Analisis :  Metode yang digunakan : 22 gabungan Pertemuan/Surat/ Pengumuman, 17 melalui Pertemuan, 5 Pengumuman, 4 melalui surat, 1 surat dan pengumuman, 1 surat dan pengumuman.

12 Apakah pengambilan dana BSM oleh siswa mengalami hambatan/proses berbelit-belit? 10 menjawab Ya, 40 menjawab Tidak Analisis :  Birokrasi/aturan bank terkait pengambilan dana di bank mestinya tidak dianggap sebagai proses yang berbelit. Namun dengan pendekatan yang baik, BRI siap memberi pelayanan yang optimal untuk pelayanan dana BSM.

13 Apakah siswa penerima BSM sudah melaporkan penggunaan dana BSM kepada Madrasah? 48 menjawab Sudah, 2 menjawab Belum Analisis :  Dari 2 yang menjawab “belum”, 1 karena memang belum cair dan 1 karena memang belum diambil.

14 Apakah ada siswa penerima BSM yang belum mengambil/memanfaatkan dana BSM yang telah diterima? 46 menjawab Tidak Ada, 4 menjawab Ada Analisis :  Dari 4 yang menjawab “ada”, 1 karena memang belum cair, 1 karena kerepotan birokrasi bank, 1 lupa tanda tangan dan 1 karena untuk disimpan.  Berdasar surat edaran Dirjen Pendis maupun hasil temuan Irjen 2014, dana BSM yang sudah diterimakan wajib untuk diambil dan dipergunakan sesuai Juknis yang ada meski tidak harus langsung dihabiskan.

15 PERBANDINGAN ANTARA USULAN DAN KUOTA Usulan : 3434 Kuota/siswa penerima BSM : 1522 Masih banyak siswa yang semestinya membutuhkan BSM namun tidak tercover anggaran Semoga kebijakan KIP 2015 dapat menuntaskan masalah ini.

16 HAMBATAN YANG DIHADAPI KEPALA MADRASAH DALAM MENGELOLA BSM Responden menyatakan tidak ada masalah/kendala yang berarti 9Birokrasi bank yang menyulitkan 7 Pengumpulan berkas2 pendukung 6Prioritas bagi siswa berkartu 2Waktu sosialisasi yang mendesak 1Memastikan status aktif rekening siswa 1Dana untuk buka rekening yang memberatkan 1Format laporan yang menyulitkan 1Kuota terbatas 1Menagih laporan ke siswa / bukti penggunaan dana 1Rekening by siswa yang memberatkan 1Siswa lupa tanda tangannya

17 USUL/SARAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGELOLA BSM Responden menyatakan tidak ada usul 9Menggunakan rekening Madrasah 7 Kuota ditambah 6Persyaratan dipermudah 6Siswa Non kartu juga harus diperhitungkan 5Birokrasi bank dipermudah 2Ganti bank 2Nominal BSM ditingkatkan 2Saldo mengendap diminimalkan 1Pedoman dibagikan dalam bentuk buku

18 TERIMA KASIH


Download ppt "PEMAPARAN HASIL MONITORING DAN EVALUASI BSM TAHUN 2014 Oleh : Drs. Abdul Haris Nufika, M.Pd. KEPALA SEKSI PENDIDIKAN MADRASAH KANKEMENAG KABUPATEN SLEMAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google