Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMAPARAN HASIL MONITORING DAN EVALUASI PPDB TAHUN 2014 Oleh : Drs. Abdul Haris Nufika, M.Pd. KEPALA SEKSI PENDIDIKAN MADRASAH KANKEMENAG KABUPATEN SLEMAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMAPARAN HASIL MONITORING DAN EVALUASI PPDB TAHUN 2014 Oleh : Drs. Abdul Haris Nufika, M.Pd. KEPALA SEKSI PENDIDIKAN MADRASAH KANKEMENAG KABUPATEN SLEMAN."— Transcript presentasi:

1 PEMAPARAN HASIL MONITORING DAN EVALUASI PPDB TAHUN 2014 Oleh : Drs. Abdul Haris Nufika, M.Pd. KEPALA SEKSI PENDIDIKAN MADRASAH KANKEMENAG KABUPATEN SLEMAN

2 RESPONDEN Kepala MI, MTs dan MA sebanyak 63 responden. Status Madrasah terdiri atas : MI Negeri: 2 MI Swasta: 25 MTs Negeri: 10 MTs Swasta: 12 MA Negeri: 5 MA Swasta: 9

3 Apakah Bapak/Ibu sudah pernah mengikuti sosialisasi PPDB 2014/2015? 57 menjawab Sudah, 6 menjawab Belum Analisis :  Pada absensi kami ada 2 yang tidak berangkat. Perlu adanya peningkatan kesadaran akan arti pentingnya menghadiri undangan dari kami.  4 lainnya yang menjawab belum mengikuti sosialisasi artinya, kehadirannya diwakili orang lain dan yang mewakili tidak menyampaikan hasil sosialisasi ke Kepala Madrasah.

4 Apakah Bapak/Ibu sudah memiliki pedoman PPDB 2014/2015? 61 menjawab Sudah, 2 menjawab Belum Analisis :  Pedoman sudah kami upload di blog dan sudah kami informasikan melalui media yang tersedia. Sangat disayangkan jika masih ada yang belum memiliki pedoman.

5 Apakah kegiatan PPDB mengikuti dan sesuai dengan pedoman PPDB 2014/2015? 57 menjawab Ya, 6 menjawab Tidak Analisis :  4 menjawab karena menyesuaikan program pesantren, 1 menjaring siswa dari awal, 1 karena belum mempelajari pedoman.  Pedoman disusun untuk ditaati, meski dengan variasi tergantung kondisi di Madrasah. Namun pada prinsipnya, pedoman harus menjadi acuan dalam pelaksanaan PPDB.

6 Apakah kegiatan PPDB 2014/2015 masuk dalam RKM dan RAPBM tahun pelajaran berjalan? 63 menjawab Ya, 0 menjawab Tidak Analisis :  Seluruh Madrasah sudah melaksanakan manajemen PPDB yang baik dengan merencanakan kegiatan beserta anggarannya sedari awal.

7 Apakah rencana/informasi terkait PPDB 2014/2015, diberitahukan kepada masyarakat melalui media promosi, baik cetak maupun elektronik? 61 menjawab Ya, 2 menjawab Tidak Analisis :  1 menjawab karena hanya menyasar warga sekitar, dan 1 lagi menjawab sekedar menyediakan formulir.  Mestinya bagaimanapun segmen pasar yang dituju, promosi mestinya tetap dilakukan. Baik secara sederhana melalui media cetak (Brosur/Spanduk/dll) maupun dengan menggunakan media elektronik (TV/radio/Media Sosial/dll).

8 Apakah Madrasah melakukan sosialisasi PPDB 2014/2015 ke Madrasah satu jenjang di bawahnya? 57 menjawab Ya, 6 menjawab Tidak Analisis :  Dari 6 yang menjawab Tidak, 4 diantaranya karena menyesuaikan program Pesantren, dan 2 lainnya karena animo masyarakat sudah cukup tinggi.  Metode yang digunakan : 18 menyebar brosur saja; 16 melakukan sosialisasi langsung; 7 menyebar brosur dan sosialisasi langsung; 4 melakukan lomba2; 4 menjawab melakukan home visit; 2 melalui brosur dan film dokumenter; dan masing-masing 1 untuk : melalui organisasi msyarakat, brosur + home visit, Roadshow, Silaturahmi, jalan sehat, dan spanduk.

9 Apakah kegiatan PPDB 2014 terlaksana tepat waktu sesuai dengan pedoman PPDB 2014/2015? 46 menjawab Ya, 17 menjawab Tidak Analisis :  6 menjawab masih ada peminat pasca PPDB, 4 menyesuaikan program pesantren, 3 menjawab karena menjaring siswa lebih awal, 2 karena kuota belum terpenuhi, 1 karena kekurangan SDM, dan 1 karena Casis luar daerah mendaftar pasca PPDB.  Memang secara prinsip untuk swasta boleh membuka PPDB selama kuota belum terpenuhi, namun juga mesti diingat untuk pendataan BOS menggunakan data PPDB.

10 Apakah siswa yang diterima seluruhnya memenuhi persyaratan sebagaimana diatur dalam pedoman PPDB? 59 menjawab Ya, 4 menjawab Tidak Analisis :  4 menjawab meski usia masih kurang dari ketentuan, namun tetap diterima untuk memenuhi kuota.  Mestinya aturan usia tetap diperhatikan.

11 Apakah jumlah siswa per kelas pasca PPDB seluruhnya tidak melebihi ketentuan sebagaimana diatur dalam pedoman PPDB 2014/2015? 56 menjawab Ya, 7 menjawab Tidak Analisis :  3 menjawab karena masih ada mutasi lagi pasca PPDB, 2 karena animo masyarakat yang begitu tinggi, 1 karena keterbatasan sarpra, 1 karena ada siswa tinggal kelas.  Karena adanya perbedaan aturan antara PPDB yang mengacu SNP dengan aturan SPM, maka dipersilahkan sedikit berbeda dengan pedoman PPDB namun jangan sampai melanggar ketentuan SPM (Standar Pelayanan Minimal).

12 Apakah berkas yang harus dikumpulkan oleh calon siswa saat PPDB, disesuaikan dengan kegiatan pendataan semisal BSM / BOS / EMIS / lainnya? 59 menjawab Ya, 4 menjawab Tidak Analisis :  2 menjawab menyusul pada agenda lain, 1 karena casis belum membawa kelengkapan berkas, 1 karena belum paham poin-poin pendataan.  Setiap tahun kita selalu melakukan pendataan rutin terkait siswa. Alangkah lebih baik jika segala bentuk data yang diperlukan untuk pendataan siswa disampaikan sejak awal yaitu sejak PPDB.

13 Apakah jadwal pelajaran telah selesai disusun sebelum hari pertama masuk Madrasah? 53 menjawab Ya, 10 menjawab Tidak Analisis :  Perlu kesadaran bersama bahwa PPDB merupakan awal kegiatan tahun pelajaran dan bukan tujuan. Sehingga setiap kegiatan Madrasah terutama jadwal pelajaran dan kalender pendidikan telah selesai disusun sebelum kegiatan PPDB. Jadi begitu kegiatan awal tahun dimulai, semua sudah siap.

14 PEMINAT / PENDAFTAR 3 TAHUN TERAKHIR 6 Stabil. 22 Naik. 8Turun. 27Fluktuatif.

15 SISWA DITERIMA 3 TAHUN TERAKHIR 14 Stabil. 23 Naik. 7Turun. 19Fluktuatif.

16 NILAI UN SISWA MTs/MA YANG DITERIMA 3 TAHUN TERAKHIR 6 Stabil. 14 Naik. 4Turun. 12Fluktuatif.

17 HAMBATAN YANG DIHADAPI KEPALA MADRASAH/PPS DALAM PPDB Responden menyatakan tidak ada masalah/kendala yang berarti 6Banyak pesaing 4 Animo masyarakat masih kurang 4Keterbatasan SDM untuk PPDB 4Keterbatasan casis jadi tanpa seleksi 3Adanya persyaratan yang belum terbit 3Casis luar daerah tidak lengkap datanya 3Menyesuaikan kebijakan pesantren 3Keterbatasan waktu seleksi 3Kebijakan baru yang membutuhkan adaptasi lagi 2Ketersediaan sarpra tidak sebanding dengan animo masyarakat 2Masih pilihan kedua setelah sekolah 1Casis diterima ternyata mengundurkan diri 1Faktor agama belum bisa menjadi nilai jual

18 TERIMA KASIH


Download ppt "PEMAPARAN HASIL MONITORING DAN EVALUASI PPDB TAHUN 2014 Oleh : Drs. Abdul Haris Nufika, M.Pd. KEPALA SEKSI PENDIDIKAN MADRASAH KANKEMENAG KABUPATEN SLEMAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google