Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Nova Lastriana 1.05.08.823. Latar Belakang Identifikasi Evaluasi Sistem Revisi Draft : Kesimpulan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Nova Lastriana 1.05.08.823. Latar Belakang Identifikasi Evaluasi Sistem Revisi Draft : Kesimpulan."— Transcript presentasi:

1 Nova Lastriana

2 Latar Belakang Identifikasi Evaluasi Sistem Revisi Draft : Kesimpulan

3 A. Latar Belakang : SMP Negeri 14 Bandung saat ini memang sudah terbiasa dengan penggunaan komputer sebagai media bantu untuk kegiatan akademik, hanya saja penggunaanya masih terbatas di beberapa bagian seperti di perpustakaan untuk pendataan buku, sedangkan pendaftaran siswa masih dilakukan dengan penyimpanan arsip pendaftaran dan diurutkan berdasarkan tanggal masuk daftar ulang dan harus dicatatkan kembali di buku arsip pendaftaran, Selain itu, pembagian kelas untuk siswa baru maupun siswa lama dilakukan setelah semua siswa melakukan pendaftaran. Dalam kegiatan pembagian jadwal pelajaran dibuat berdasarkan ketersediaan ruang sehingga dibutuhkan waktu yang lama Penilaian siswa masih dilakukan dalam lembar kertas ujian, dan di inputkan dalam excel, selain itu Media penyimpanan yang masih berupa dokumen juga menjadi cukup sulit dalam pencarian kembali data siswa atau pun nilai.

4 B. Identifikasi Masalah : 1.Proses daftar ulang siswa baru, yang masih dilakukan secara langsung oleh Guru dan petugas Tata usaha, yaitu siswa yang NEM yang dinyatakan lolos, masih harus menyerahkan berkas dan data diri ke pihak sekolah sehingga petugas TU harus mengarsipkan formulir siswa dalam media yang masih berbentuk dokumen. 2.Proses pembagian kelas dan penjadwalan yang harus harus mengunggu sampai kegiatan daftar ulang benar – benar selesai, sehingga membutuhkan waktu lama dan masih sering terjadi bentrok dalam penjadwalan 3.Proses penilaian dari guru masih harus mencatat satu persatu menunggu semua nilai terkumpul, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk memproses nilai akhir. 4.Dengan proses pendaftaran ulang, pembagian kelas, penjadwalan, dan penilaian seperti diatas menjadikan pembuatan laporan administrasi maupun laporan nilai siswa menjadi terhambat.

5 C. Evaluasi : No.PermasalahanWorkerSolusi 1. Proses pencatatan daftar ulang siswa baru masih di harus diarsipkan oleh petugas TU dalam bentuk dokumen. Bag. Tata Usaha Membangun aplikasi yang dapat dipakai untuk merekam data pendaftar ulang siswa baru, dan dapat memudahkan untuk pencarian data. 2. Proses pembagian kelas dan penjadwalan yang harus harus mengunggu sampai kegiatan daftar ulang benar – benar selesai, sehingga membutuhkan waktu lama dan masih sering terjadi bentrok dalam penjadwalan. Bag. Kurikulu m Dibuat sistem informasi akademik yang dapat mendukung proses pengolahan penjadwalan yang lebih cepat tanpa membutuhkan waktu yang lama 3. Proses penilaian yang masih harus mencatat kemudian diinputkan satu persatu hingga semua nilai terkumpul hingga masih membutuhkan waktu lama. Guru Dibuatkan aplikasi untuk pengolahan nilai akhir untuk dimasukan ke dalam buku laporan siswa. 4.Dengan proses pendaftaran ulang, pembagian kelas, penjadwalan, dan penilaian seperti yang dilakukan saat ini menjadikan pembuatan laporan administrasi maupun laporan nilai siswa menjadi terhambat. Bag. Tata Usaha, Guru. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan proses pembutan laporan siswa maupun penilaian sudah dimasukan dalam sebuah database sehingga untuk mencetak laporan dapat dilakukan dengan cepat.

6 D. Kesimpulan : 1.Dengan adanya aplikasi Sistem Informasi Akademik maka sekolah tidak perlu mengalami kesulitan dalam menyimpan data siswa yang lolos seleksi pada saat kegiatan daftar ulang siswa baru, mempermudah untuk petugas TU melakukan pendataan siswa dalam melakukan proses pendaftaran ulang tanpa perlu adanya pengarsipan formulir untuk penyimpanan data siswa. 2.Dengan adanya aplikasi ini maka sekolah perlu tidak merasa kesulitan dalam mengelola pembagian kelas siswa dan pembagian jadwal pelajaran, sehingga pembagian kelas bisa lebih cepat diumumkan dan dapat meminimalisir bentrok jadwal pelajaran. 3.Dengan adanya aplikasi ini, dapat membantu penyediaan berbagai laporan seperti laporan nilai siswa, laporan data pendataran ulang siswa baru, data siswa, data pengajar dan lain lain.

7 Penggunaam Simbol : Deskripsi Tugas 1.Kepala Sekolah Berkoordinasi dengan semua komponen sekolah dalam pembagian tugas sesuai dengan bidang keahliannya. Melaksanakan program kerja sekolah dibantu oleh semua komponen yang ada di sekolah. Deskripsi Tugas 1.Kepala Sekolah a.Berkoordinasi dengan semua komponen sekolah dalam pembagian tugas sesuai dengan bidang keahliannya. b.Melaksanakan program kerja sekolah dibantu oleh semua komponen yang ada di sekolah.

8

9

10 Revisi Program:

11

12 Laporan Hasil Nilai Siswa Per Kelas, dan Per Matapelajaran

13 Laporan Daftar Nama Siswa Per Kelas

14 Laporan Daftar Pelajaran Per Kelas

15 Laporan Daftar Nama Siswa Baru

16 Terima Kasih


Download ppt "Nova Lastriana 1.05.08.823. Latar Belakang Identifikasi Evaluasi Sistem Revisi Draft : Kesimpulan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google