Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

NamaMA Hamid Rusydi NPSN20533938 TipeSwasta AlamatJl. Mayjend Sungkono 22 PropinsiJawa Timur Kab/KtmdyKota Malang JenjangSMA PROFIL SEKOLAH.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "NamaMA Hamid Rusydi NPSN20533938 TipeSwasta AlamatJl. Mayjend Sungkono 22 PropinsiJawa Timur Kab/KtmdyKota Malang JenjangSMA PROFIL SEKOLAH."— Transcript presentasi:

1

2 NamaMA Hamid Rusydi NPSN TipeSwasta AlamatJl. Mayjend Sungkono 22 PropinsiJawa Timur Kab/KtmdyKota Malang JenjangSMA PROFIL SEKOLAH

3 Berdasarkan hasil observasi, penyusunan program Humas di MA Hamid Rusydi telah sesuai dengan teori, namun pelaksanaannya kurang maksimal. Hal tersebut dikarenakan kurangnya anggaran/dana. Penyusunan program Humas di MA Hamid Rusydi dalam pelaksanaannya memperhitungkan adalah: tujuan yang hendak dicapai sesuai dengan perencanaan yang telah diperhitungkan dengan baik oleh pihak-pihak terlibat dalam manajemen lembaga pendidikan, strategi yang digunakan dalam perencanaan, program kerja yang akan dilakukan sesuai langkah-langkah yang telah dijadwalkan dan menentukan anggaran atau dana yang sudah dipersiapkan, serta daya sebagai pendukung yang bersifat khusus.

4 1. Merencanakan Program Kerja Humas Langkah-langkah kegiatan Humas di MA Hamid Rusydi dalam merencanakan program kerja antara lain: Menganalisis perilaku umum dan hubungan organisasi terhadap lingkungan; Menentukan dan memahami secara benar perilaku tiap-tiap kelompok terhadap organisasi; Menganalisis tingkat opini publik, baik ke dalam maupun ke luar; Mengantisipasi kecenderungan masalah yang potensial, kebutuhan, dan kesempatan; Menentukan formulasi dan merumuskan kebijakan; Merencanakan alat atau cara yang sesuai untuk meningkatkan atau mengubah perilaku kelompok masyarakat sasaran; Menjalankan dan melaksanakan aktivitas sesuai dengan program yang direncanakan; Menerima umpan balik untuk dievaluasi, kemudian mengadakan penyesuaian yang diperlukan

5 2. Menyusun Rencana Program Kerja Humas Rencana program kerja Humas di MA Hamid Rusydi dibagi menjadi 2 kegiatan yakni: a. Program Kerja Rutin Berdasarkan hasil observasi di MA Hamid Rusydi program kerja rutinnya yaitu dengan mengadakan acara pengajian seperti istighosah, kothbah, pengajian kitab kuning serta mengadakan kunjungan rutin ke rumah orangtua murid pada saat penerimaan peserta didik baru untuk mempromosikan sekolahnya. b. Program Kerja Insidentil Program kerja insidentilnya berupa pengadaan alat transportasi yang berguna untuk memperlancar kegiatan humas. Pengadaan alat transportasi tersebut dapat berupa sepeda motor dan mobil. Pengadaan ini diperlukan karena pihak sekolah sering menggunakan teknik door to door.

6 Berdasarkan hasil observasi teknik-teknik yang digunakan oleh MA Hamid Rusydi yang sudah ada sesuai dengan teori, namun ada beberapa teknik humas yang masih belum mendapatkan respon yang baik dari masyarakat. Di MA Hamid Rusydi ada banyak teknik pelaksanaan program hubungan lembaga pendidikan dan masyarakat. Teknik penyelenggaraan hubungan lembaga pendidikan dan masyarakat di MA Hamid Rusydi adalah:

7 Surat Menyurat Observasi dan Partisipasi Teknik Tatap Muka Teknik Pertemuan Kelompok

8 Teknik pertemuan kelompok yang digunakan MA Hamid Rusydi berupa diskusi, sarasehan dan rapat. Pertemuan kelompok ini melibatkan guru, staf tata usaha, tokoh masyarakat, staf dari instansi yang terkait dengan penyelenggaraan program pendidikan, pengguna lulusan, guru/dosen dari lembaga pendidikan lain dan sebagainya. Teknik pertemuan ini lebih sering berupa kegiatan pengajian karena masyarakat sekitar sekolah sangat religius.

9 Teknik tatap muka yang dilakukan di MA Hamid Rusydi antara pihak lembaga pendidikan dan masyarakat secara individual. Pihak lembaga pendidikan dapat berkunjung ke rumah siswa yang menghadapi masalah. Selain itu guru juga berkunjung ke rumah masyarakat yang mempunyai putra atau putri lulusan SMP/MTs sebelum kegiatan penerimaan peserta didik baru diselenggarakan.

10 Partisipasi masyarakat di sekitar MA Hamid Rusydi ini sangat kurang. Terbukti pada saat pengambilan raport sedikit sekali orangtua wali murid yang mau datang. Begitu pula pada saat diadakan rapat hanya beberapa orangtua murid saja yang menghadiri. Hal ini dikarenakan masyarakat di sekitar lingkungan MA Hamid Rusydi ini mayoritas berprofesi sebagai petani dan jiwa spiritualnya tinggi. Hal tersebut yang menjadi penyebab kurangnya partisipasi dari masyarakat.

11 Di MA Hamid Rusydi sudah menggunakan beberapa teknik surat menyurat. Selain biayanya yang cukup murah, teknik ini dianggap mampu dilakukan setiap lembaga yang sederhana maupun lembaga yang sudah besar perkembangannya. Namun teknik ini dirasakan kurang dapat memberikan pengaruh kepada masyarakat untuk mau berpartisipasi dalam kegiatan di Sekolah MA Hamid Rusydi.

12 Dipihak lain, secara teoritis Layanan Riset Pendidikan dan Asosiasi Nasional Kepala Pendidikan Dasar di Alexandria merumuskan berbagai teknik untuk meningkatkan keterlibatan berbagai pihak dalam menyelenggarakan pendidikan (dalam Maisyaroh, 2004:23). Teknik yang dimaksud dapat dikemukakan dengan asosiasi:

13 Pihak MA Hamid Rusydi membantu memenuhi kebutuhan masyarakat yang mayoritas berprofesi sebagai petani dan sangat religius. Misalnya saja sekolah menarik perhatian masyarakat dengan memberikan biaya gratis pada semua peserta didik yang mau bersekolah di sana dan mempromosikan kegiatan sekolah yang mengunggulkan agama.

14 Para alumni sekolah di MA Hamid Rusydi ini juga memanfaatkan alumni sekolah yang telah berhasil menempuh karir untuk diundang dalam acara pengajian pada saat ceramah ataupun pemberian sambutan. Terdapat juga alumni sekolah yang bekerja di bagian administrasi sekolah.

15 MA Hamid Rusydi memberikan kesempatan sukarela untuk membantu kegiatan lembaga pendidikan. Misalnya saja pada saat kegiatan pengajian ataupun pentas seni.

16 Anggota staf MA Hamid Rusydi mempromosikan program dan prestasi sekolah ke masyarakat. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memberikan brosur kepada masyarakat pada saat ada acara pengajian di sekitar sekolah.

17 Pihak sekolah MA Hamid Rusydi menanyakan kepada anggota masyarakat tentang isu-isu hangat terkait dengan pengembangan lembaga, hasilnya dibuat semacam rekomendasi untuk pengembangan lembaga pendidikan. Untuk menggambarkan keadaan sekolah kepada masyarakat ada beberapa cara atau metode yang lain. Ada teknik-teknik yang dapat dilakukan untuk memberikan gambaran tentang sekolah yang perlu diketahui oleh masyarakat, yaitu: Laporan kepada orangtua murid, bulletin bulanan, penerbitan surat kabar, pameran sekolah, kunjungan ke rumah murid, dan melalui media elektronik.

18 Berdasarkan hasil observasi teknik hubungan sekolah dan masyarakat dengan dunia usaha industri dan perusahaan di MA Hamid Rusydi tidak dapat berjalan sesuai harapan sekolah. Sekolah belum bisa menjalin kerjasama dengan perusahaan karena pihak Humas tidak dapat melaksanakan kinerjanya secara maksimal. Perusahaan yang pernah bekerjasama dengan sekolah ini hanya beberapa saja, seperti perusahaan rokok Suket Teki, AA dan Dollar. Sekolah ini tidak menjalin kerjasama dengan perusahaan negeri, tapi hanya dengan perusahaan swasta. Perusahaan ini adalah perusahaan yang berada di sekitar sekolah MA Hamid Rusydi. Kerjasamanya berupa bantuan untuk kelengkapan media belajar peserta didik.

19

20

21

22


Download ppt "NamaMA Hamid Rusydi NPSN20533938 TipeSwasta AlamatJl. Mayjend Sungkono 22 PropinsiJawa Timur Kab/KtmdyKota Malang JenjangSMA PROFIL SEKOLAH."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google