Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DOSEN: LIDIA EVELINA, MM Event Management Jurusan DKV, UMN 2010 1 Sponsorship Event Management Lidia Evelina MM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DOSEN: LIDIA EVELINA, MM Event Management Jurusan DKV, UMN 2010 1 Sponsorship Event Management Lidia Evelina MM."— Transcript presentasi:

1 DOSEN: LIDIA EVELINA, MM Event Management Jurusan DKV, UMN Sponsorship Event Management Lidia Evelina MM

2 Event Management Jurusan DKV, UMN Sumber sponsorship Organisasi Asosiasi Profesi Media massa Kelompok tertentu (Hobi, agama, pecinta seni dan sebagainya) Lembaga dan instansi Pemerintahan Lembaga dan instansi swasta Perusahaan Swasta

3 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Mengidentifikasikan sponsor potensial Sponsor potensial adalah mereka yang dalam tahap berpromosi. Cara mengidentifikasinya adalah mengamati promosi mereka di berbagai media. Bisa pula ditanyakan langsung, apakah mereka hendak melakukan promosi, melaunching atau mere-launching sesuatu yang baru.

4 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Berbagai bentuk sponsorship Barter, misalnya tempat, sound system, lighting, catering, dan sebagainya. Membiayai keseluruhan dari pelaksanaan event sebagai sponsor tunggal Membiayai sebagian besar dari pelaksanaan event sebagai sponsor utama. Berpartisipasi sebagian dari pelaksanaan event sebagai sponsor pendukung. Paket lainya berdasarkan negosiasi.

5 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Melakukan kontak dengan calon sponsorship Carilah contact person orang yang menangani hubungan dengan promosi atau lebih khusus tentang event-event. Lakukan pendekatan awal mengenai kemungkinan mereka untuk berpartisipasi sebagai sponsor untuk event kita (Animonya/responnya) Setelah itu baru mengirimkan proposal. Buatlah janji untuk menjelaskan proposal.

6 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Lakukan lobi dan negosiasi awal Untuk mendapatkan sponsor terutama sponsor tunggal dan utama perlu melakukan lobi dan negosiasi awal sebelum proposal dibuat. Tetapkan terlebih dulu 3 calon dan lakukan pendekatan dan jangan tergesa-gesa untuk menentukan mereka menjadi sponsor tunggal. Pertimbangkanlah dari berbagai segi dan dampak yang akan diterima.

7 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Waktu yang tepat mengajukan proposal sponsorship Untuk event besar, diajukan saat mereka menyusun anggaran tahunan di akhir tahun. Untuk event kecil hingga sedang. Bisa mengajukan kapan saja bila mereka mempunyai anggaran untuk berpartisipasi pada event-event. Waktu yang tepat bila event tersebut juga sedang trend seperti event-event kemanusiaan/sosial yang sedang digalakkan.

8 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Menetapkan harga sponsorship Harga sponsor harus rasional. Disesuaikan dengan besar kecilnya event. Harga untuk sponsor tidak baku, fleksibel. EO harus memperhitungkan faktor-faktor lainnya seperti kemungkinan sponsor tersebut dapat menarik sponsor lainnya.

9 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Bentuk lain dari sponsor Ada sponsor yang kita perlukan hanyalah sekedar nama dan sponsor ini tidak mengeluarkan dana. Sponsor semacam ini kadang kita perlukan karena dia bisa menjadi icon dari event kita untuk menggaet sponsor, peserta atau pendukung dari event yang akan kita laksanakan.

10 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Peranan Sponsor Untuk menaikkan image dari event itu sendiri. Untuk membantu biaya operasional dari penyelenggaraan event Untuk meramaikan acara dalam event tersebut.

11 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Pembahasan mengenai item sponsor EO memberikan point-point yang bisa melibatkan sponsor seperti merchandising, pemuatan logo, penyebutan slogan, pemutaran spot dan jinggle serta bentu-bentuk promosi lainnya. Sponsor berhak memberikan masukan dan hal ini perlu didiskusikan dan dituntaskan melalui kesepatan MOU termasuk pengaturan administrasi, tempat dan waktu penyerahannya.

12 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Kebutuhan Sponsor Kompensasi yang mengarah pada benefit dari perusahaan, organisasi atau lembaga yang memberikan sponsor. Menciptakan image yang positip bagi pemberi sponsor. Menunjukkan keberadaan (Eksistensi) dari sponsor kepada khalayak ramai.

13 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Langkah-langkah dalam mendapatkan sponsor 1. Inventarisasi semua sponsor 2. Buat daftar dan informasi terakhir mengenai calon sponsor potensial 3. Buat proposal sesuai calon sponsor 4. Kirim dan telpon untuk memastikan proposal diterima dan mintalah waktu khusus untuk membahas proposal tersebut. 5. Tindak lanjut dalam seminggu.

14 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Tips Berkerjasama dengan sponsor Menguntungkan keduabelah pihak artinya bagi pihak menyelenggara sukses dengan eventnya dan sponsor mendapatkan image dan namanya makin dikenal di kalangan masyarakat. Terjalin kerjasama yang baik, artinya komunikasi kedua belah pihak berjalan lancar sehingga semua yang dibutuhkan dapat terselenggara dengan baik.

15 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Tips Berkerjasama dengan sponsor Evaluasi. Buatlah selalu evaluasi dari setiap event. Perbaiki dan carilah solusi terbaik untuk event berikutnya. Ucapan terima kasih. Sampaikan dalam bentuk tertulis dan juga lisan setelah event selesai. Hal ini berguna untuk event selanjutnya.

16 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Tips Berkerjasama dengan sponsor Berkomunikasi secara berkala. Tetap menjalin hubungan meskipun belum ada event yang pas/cocok untuk disponsori. Kadang-kadang ide bisa saja datang dari pihak sponsor untuk dibuatkan event. Berikan perhatian pada sponsor, misalnya ucapan selamat atas prestasi yang diraihnya. Bahkan kita menyampaikan rasa gembira dengan kesuksesannya mensponsori event yang bukan diorganisir oleh kita.

17 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Trick Berkerjasama dengan sponsor Jangan mendikte pihak sponsor. Berikan keleluasaan bagi sponsor untuk memberikan masukan. Tugas pertama kita mendengarkan terlebih dahulu hal-hal yang mereka inginkan. Kemudian mencoba memberikan usulan-usulan berdasarkan hal yang mereka inginkan tersebut.

18 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Melanggengkan atau menutup hubungan dengan sponsor Rekomendasi. Sponsor yang puas dengan event dan jasa Anda mintalah mereka menunjukkan calon sponsor lain yang mereka kenal. Sponsor yang puas tidak hanya merekomendasi tetapi memberi trik untuk mendekati calon sponsor yang direkomendasikan bahkan ikut membujuk untuk menjadi sponsor event Anda.

19 Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Donatur dan sponsorship Sponsorship : perusahaan atau lembaga yang mensponsori mendapatkan benefit yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Sponsorship bertujuan lebih ke arah hubungan bisnis. Donatur : Tidak mengharapkan benefit/keuntungan apapun.Donatur keuntungannya lebih ke arah Citra atau image.

20 Langkah dalam mencari sponsor Lidia Evelina MM Event Management Jurusan DKV, UMN Usahakan mengirim proposal sponsorship kepada pihak yang kita sudah kenal sebelumnya Kirimkam maksimal 10 proposal untuk mendapatkan respon. Bila positip lanjutkan dan perbaiki bila ada yang kurang atau negosiasikan berdasarkan kebutuhan pihak sponsor.


Download ppt "DOSEN: LIDIA EVELINA, MM Event Management Jurusan DKV, UMN 2010 1 Sponsorship Event Management Lidia Evelina MM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google