Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

C. Mengapa Masyarakat Berperan Penting dalam Pendidikan? B. Bagaimana Bentuk Partisipasi Masyarakat yang Berkontribusi secara Konstruktif dalam Pendidikan?

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "C. Mengapa Masyarakat Berperan Penting dalam Pendidikan? B. Bagaimana Bentuk Partisipasi Masyarakat yang Berkontribusi secara Konstruktif dalam Pendidikan?"— Transcript presentasi:

1

2

3 C. Mengapa Masyarakat Berperan Penting dalam Pendidikan? B. Bagaimana Bentuk Partisipasi Masyarakat yang Berkontribusi secara Konstruktif dalam Pendidikan?

4 Pendidikan merupakan sebuah lembaga milik Negara dan masyarakat. Oleh karena itu, maka sudah pasti masyarakat berperan penting dalam terselenggaranya pendidikan. Dalam membuat sebuah tujuan pendidikan disamping pemerintah yang memegang kekuasaan untuk menentukan tujuan dasar, masyarakatpun berperan penting terhadap pendidikan yang akan di jalani oleh anak-anak mereka. Tanpa adanya peran masyarakat pendidikan yang berlangsung tidak akan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang pada akhirnya akan menjadi pelabuhan terakhir bagi anak-anaknya untuk bisa bersosialisasi lagi pada lingkungan masyarakat setelah mereka keluar dari sekolahnya.

5 Dalam kajian buku ini, partisipasi masyarakat yang berkontribusi dalam pendidikan ini berupa peran masyarakat dalam menentukan tujuan, merumuskan rencana dan kebijakan dan menciptakan program sesuai dengan kebutuhan masyarakat tersebut pada sekolah sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dimana dalam sekolah ini, masyarakat diwakilkan oleh sebagian anggota masyarakat yang disebut dewan pendidikan yang bekerja sama dengan sekolah. Maksud dari partisipasi masyarakat yang berkontribusi secara konstruktif ini adalah bahwa masyarakat berperan penting dalam pembangunan pendidikan pada sekolah secara aktif. Dalam kajian buku ini, partisipasi masyarakat yang berkontribusi dalam pendidikan ini berupa peran masyarakat dalam menentukan tujuan, merumuskan rencana dan kebijakan dan menciptakan program sesuai dengan kebutuhan masyarakat tersebut pada sekolah sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dimana dalam sekolah ini, masyarakat diwakilkan oleh sebagian anggota masyarakat yang disebut dewan pendidikan yang bekerja sama dengan sekolah. Maksud dari partisipasi masyarakat yang berkontribusi secara konstruktif ini adalah bahwa masyarakat berperan penting dalam pembangunan pendidikan pada sekolah secara aktif.

6 Selain peran masyarakat dalam pembuatan rencana dan kebijakan, ada beberapa macam tingkatan peran masyarakat yang dapat dijabarkan seperti hal di bawah ini: Peran serta dengan menggunakan jasa yang tersedia. Jenis peran serta masyarakat ini merupakan jenis paling umum. Masyarakat hanya memanfaatkan jasa sekolah dengan memasukkan anak ke sekolah; Peran serta dengan memberikan kontribusi dana, bahan, dan tenaga. Masyarakat berpartisipasi dalam perawatan dan pembangunan fisik sekolah dengan menyumbangkan dana, barang dan atau tenaga; Peran serta secara pasif. Artinya menyetujui dan menerima apa yang diputuskan oleh sekolah (komite sekolah), misalnya komite sekolah memutuskan agar orang tua membayar iuran bagi anaknya yang bersekolah dan orangtua menerima keputusan tersebut dengan mematuhinya; Selain peran masyarakat dalam pembuatan rencana dan kebijakan, ada beberapa macam tingkatan peran masyarakat yang dapat dijabarkan seperti hal di bawah ini: Peran serta dengan menggunakan jasa yang tersedia. Jenis peran serta masyarakat ini merupakan jenis paling umum. Masyarakat hanya memanfaatkan jasa sekolah dengan memasukkan anak ke sekolah; Peran serta dengan memberikan kontribusi dana, bahan, dan tenaga. Masyarakat berpartisipasi dalam perawatan dan pembangunan fisik sekolah dengan menyumbangkan dana, barang dan atau tenaga; Peran serta secara pasif. Artinya menyetujui dan menerima apa yang diputuskan oleh sekolah (komite sekolah), misalnya komite sekolah memutuskan agar orang tua membayar iuran bagi anaknya yang bersekolah dan orangtua menerima keputusan tersebut dengan mematuhinya;

7 Peran serta melalui adanya konsultasi. Orangtua datang ke sekolah untuk berkonsultasi tentang masalah pembelajaran yang dialami anaknya; Peran serta dalam pelayanan. Orangtua/masyarakat terlibat dalam kegiatan sekolah, misalnya orangtua ikut membantu sekolah ketika ada studi banding, kegiatan pramuka, kegiatan keagamaan, dan lain sebagainya; Peran serta sebagai pelaksana kegiatan yang didelegasikan/dilimpahkan. Misalnya, sekolah meminta orangtua/masyarakat untuk memberikan penyuluhan tentang pentingnya pendidikan, masalah gender, gizi dan lain sebagainya. Peran serta dalam pengambilan keputusan. orangtua/masyarakat terlibat dalam pembahasan masalah pendidikan (baik akademis maupun non akademis) dan ikut dalam proses pengambilan keputusan dalam rencana pengembangan Peran serta melalui adanya konsultasi. Orangtua datang ke sekolah untuk berkonsultasi tentang masalah pembelajaran yang dialami anaknya; Peran serta dalam pelayanan. Orangtua/masyarakat terlibat dalam kegiatan sekolah, misalnya orangtua ikut membantu sekolah ketika ada studi banding, kegiatan pramuka, kegiatan keagamaan, dan lain sebagainya; Peran serta sebagai pelaksana kegiatan yang didelegasikan/dilimpahkan. Misalnya, sekolah meminta orangtua/masyarakat untuk memberikan penyuluhan tentang pentingnya pendidikan, masalah gender, gizi dan lain sebagainya. Peran serta dalam pengambilan keputusan. orangtua/masyarakat terlibat dalam pembahasan masalah pendidikan (baik akademis maupun non akademis) dan ikut dalam proses pengambilan keputusan dalam rencana pengembangan

8 Masyarakat sangat berperan penting dalam pendidikan karena pendidikan adalah tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan Negara. Anak-anak sebagai pengenyam pendidikan berada di sekolah antara 6 sampai 9 jam saja, sehingga selebihnya anak-anak akan menempuh pendidikan di rumah dan lingkungan masyarakatnya. Oleh karena itu, maka masyarakat mampu melihat tentang hal apa saja yang dibutuhkan oleh anak-anak mereka. Masyarakat berhak dan berkewajiban untuk mendapatkan dan mendukung pendidikan yang baik. Kewajiban mereka tidak sebatas pada bantuan dana, lebih dari itu juga pemikiran dan gagasan juga bantuan teknis edukatif. Masyarakat pun berperan penting dalam pendidikan melihat bahwa kemampuan pemerintah dan sekolah ini tidak selalu dapat mencukupi kebutuhan dari pendidikan anak. Masyarakat sangat berperan penting dalam pendidikan karena pendidikan adalah tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan Negara. Anak-anak sebagai pengenyam pendidikan berada di sekolah antara 6 sampai 9 jam saja, sehingga selebihnya anak-anak akan menempuh pendidikan di rumah dan lingkungan masyarakatnya. Oleh karena itu, maka masyarakat mampu melihat tentang hal apa saja yang dibutuhkan oleh anak-anak mereka. Masyarakat berhak dan berkewajiban untuk mendapatkan dan mendukung pendidikan yang baik. Kewajiban mereka tidak sebatas pada bantuan dana, lebih dari itu juga pemikiran dan gagasan juga bantuan teknis edukatif. Masyarakat pun berperan penting dalam pendidikan melihat bahwa kemampuan pemerintah dan sekolah ini tidak selalu dapat mencukupi kebutuhan dari pendidikan anak.

9 Pendidikan merupakan tanggung jawab dari pemerintah, masyarakat dan sekolah. Oleh karena itu, perlu adanya hubungan yang sinergis antara ketiga pihak tersebut. Masyarakat sebagai komunitas terbesar dalam sebuah Negara, sangat berperan penting terhadap terselenggaranya pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat itu sendiri. Peran serta masyarakat dalam pendidikan ini dapat berupa partisipasi masyarakat yang berupa kontribusinya dalam penetapan rencana dan kebijakan sekolah. Dimana dari kontribusinya tersebut rencana berikut kebijakan ini dikomunikasikan dengan pihak sekolah agar rencana dan kebijakan tersebut dapat di aplikasikan oleh para guru dalam kegiatan mengajarnya dikelas. Pendidikan merupakan tanggung jawab dari pemerintah, masyarakat dan sekolah. Oleh karena itu, perlu adanya hubungan yang sinergis antara ketiga pihak tersebut. Masyarakat sebagai komunitas terbesar dalam sebuah Negara, sangat berperan penting terhadap terselenggaranya pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat itu sendiri. Peran serta masyarakat dalam pendidikan ini dapat berupa partisipasi masyarakat yang berupa kontribusinya dalam penetapan rencana dan kebijakan sekolah. Dimana dari kontribusinya tersebut rencana berikut kebijakan ini dikomunikasikan dengan pihak sekolah agar rencana dan kebijakan tersebut dapat di aplikasikan oleh para guru dalam kegiatan mengajarnya dikelas.

10


Download ppt "C. Mengapa Masyarakat Berperan Penting dalam Pendidikan? B. Bagaimana Bentuk Partisipasi Masyarakat yang Berkontribusi secara Konstruktif dalam Pendidikan?"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google