Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ilmu Negara Masnur Marzuki, SH, LLM

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ilmu Negara Masnur Marzuki, SH, LLM"— Transcript presentasi:

1 Ilmu Negara Masnur Marzuki, SH, LLM

2 Klasifikasi Negara Hans Kelsen Kriteria; Sifat Mengikatnya UU dan Sifat Keleluasaan Penguasa Mencampuri Kehidupan WN Kriteria; Sifat Mengikatnya UU dan Sifat Keleluasaan Penguasa Mencampuri Kehidupan WN Berdasarkan kriteria pertama; A. Maximum Laws and Minimum Freedom (Heteronom). B. Minimum Laws and Maximum Freedom (Autonom) Berdasarkan Kriteria Kedua: A. Limitasi Kebebasan Maksimum dan Kebebasan Individu Minimum (Totaliter) B. Limitasi Kebebasan Minimum dan Kebebasan Individu Maksimum (Liberal)

3 Klasifikasi Negara R.M Mac Iver Bentuk Negara atau Pemerintahan bersifat Dinamis jadi tidak kekal. Bentuk Negara atau Pemerintahan bersifat Dinamis jadi tidak kekal. Ada 2 macam sistem klasifikasi negara; A. A tri partite classification of state B. A bi partite classification of state Ada 2 macam sistem klasifikasi negara; A. A tri partite classification of state B. A bi partite classification of state A. Siapa pemegang kekuasaan  jumlah pemegang kek. dan sifat pemerintahannya A. Siapa pemegang kekuasaan  jumlah pemegang kek. dan sifat pemerintahannya B. Sifat hubungan B. Sifat hubungan

4 Klasifikasi Negara Maurice Duveger “…selalu akan ada perbedaan orang yang memerintah dan yang diperintah…” Maka rupa dari perbedaan umum keduanya itulah yang disebut Tata Negara. “…selalu akan ada perbedaan orang yang memerintah dan yang diperintah…” Maka rupa dari perbedaan umum keduanya itulah yang disebut Tata Negara. Kriteria: Bagaimanakah sifat relasi atau hubungan antara penguasa dengan rakyat yang diperintah yang berhubungan dengan cara pemilihan kepala negara. Kriteria: Bagaimanakah sifat relasi atau hubungan antara penguasa dengan rakyat yang diperintah yang berhubungan dengan cara pemilihan kepala negara.

5 M. Duveger I. Rakyat tidak dilibatkan dalam memilih Ka. Negara  A. Perebutan Kekuasaan B. Sistem Keturunan C. Kooptasi D. Pengundian E. Pengangkatan I. Rakyat tidak dilibatkan dalam memilih Ka. Negara  A. Perebutan Kekuasaan B. Sistem Keturunan C. Kooptasi D. Pengundian E. Pengangkatan II. Rakyat dilibatkan dalam pemilihan Kepala Negara  Demokrasi Langsung dan Demokrasi Perwakilan II. Rakyat dilibatkan dalam pemilihan Kepala Negara  Demokrasi Langsung dan Demokrasi Perwakilan III. Sistem Kombinasi (transisi dari autokrasi ke demokrasi). III. Sistem Kombinasi (transisi dari autokrasi ke demokrasi).

6 Klasifikasi Negara Harold J. Laski “..inti organisasi negara adalah hubungan rakyat dengan undang-undang..” “..inti organisasi negara adalah hubungan rakyat dengan undang-undang..” I. Rakyat dilibatkan dalam membuat UU (demokrasi) I. Rakyat dilibatkan dalam membuat UU (demokrasi) II. Rakyat sedikitpun tidak dilibatkan dalam membuat UU (Autokrasi) II. Rakyat sedikitpun tidak dilibatkan dalam membuat UU (Autokrasi)

7 KLASIFIKASI NEGARA (H. J. Laski) Democracy (Rakyat Terlibat dalam Pembuatan UU) Autocracy (Rakyat Tidak Dilibatkan dalam Pembuatan UU)

8 A.R Mariott Kriteria: Sistem Kenegaraan  Kriteria: Sistem Kenegaraan  A. susunan pemerintahan, A. susunan pemerintahan, B. sifat konstitusinya dan B. sifat konstitusinya dan C. sistem pemerintahannya. C. sistem pemerintahannya.

9 Susunan Pemerintahan  1. Negara Kesatuan dan 2. Negara Federasi Susunan Pemerintahan  1. Negara Kesatuan dan 2. Negara Federasi Sifat Konstitusi  1. Negara dengan Konstitusi Rigid, Kaku tidak gampang berubah dan 2. Negara dengan Konstitusi Fleksibel dalam Perubahan. Sifat Konstitusi  1. Negara dengan Konstitusi Rigid, Kaku tidak gampang berubah dan 2. Negara dengan Konstitusi Fleksibel dalam Perubahan. Sistem Pemerintahan  1. Presidensiil dan 2. Parlementer. Sistem Pemerintahan  1. Presidensiil dan 2. Parlementer.

10 Klasifikasi Negara menurut S.D Leacock Ada dua klasifikasi Negara: 1. Despotik 2. Demokratis Ada dua klasifikasi Negara: 1. Despotik 2. Demokratis Negara Demokratis terbagi lagi menjadi Negara Republik dan Kerajaan Terbatas. Masing-masing terbagi lagi menjadi negara Federal dan Kesatuan. Negara Demokratis terbagi lagi menjadi Negara Republik dan Kerajaan Terbatas. Masing-masing terbagi lagi menjadi negara Federal dan Kesatuan.

11 Klaisifikasi Negara Menurut H.N Sinha Pada prinsipnya sama dengan Leacock, hanya saja Sinha berpendapat selain despotik dan Demokratis ada lagi yang lain yakni Anti Demokratis (Totaliter atau Autoriter); Pada prinsipnya sama dengan Leacock, hanya saja Sinha berpendapat selain despotik dan Demokratis ada lagi yang lain yakni Anti Demokratis (Totaliter atau Autoriter);

12 Klasifikasi Negara Menurut Islam Klasifikasi Negara Darul-Islam Darul-Harb

13 Pendapat Lain (Taha Jabir al Alwani) STATES/ WORLD DARUL ISLAM DARUL SULH DARUL HARB


Download ppt "Ilmu Negara Masnur Marzuki, SH, LLM"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google