Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TEKNOLOGI DALAM SISTEM PEREDARAN DARAH Kelompok 8 Maria Retno Ayu K (XI MIA 1/12) Nadia Azka H P (XI MIA 1/13) Vera Setyanitami (XI MIA 1/21)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TEKNOLOGI DALAM SISTEM PEREDARAN DARAH Kelompok 8 Maria Retno Ayu K (XI MIA 1/12) Nadia Azka H P (XI MIA 1/13) Vera Setyanitami (XI MIA 1/21)"— Transcript presentasi:

1 TEKNOLOGI DALAM SISTEM PEREDARAN DARAH Kelompok 8 Maria Retno Ayu K (XI MIA 1/12) Nadia Azka H P (XI MIA 1/13) Vera Setyanitami (XI MIA 1/21)

2 1.Angioplasti Yaitu sebuah teknologi kesehatan yang digunakan untuk membuka aliran darah yang tersumbat oleh plak (timbunan lemak) dengan menggunakan balon yang dimasukkan pada kateter (tabung kecil panjang).

3 CARA KERJA ANGIOPLASTI 1.Lubang kecil dibuat, biasanya pada selangkang kaki, pergelangan tangan atau siku. 2.Kateter dimasukkan ke dalam pembuluh darah. 3.Kontras disuntikan melalui kateter supaya dokter dapat melihat arteri pada layar x- ray. 4.Setelah kateter sampai ke arteri tersumbat, dokter meletakkan balon pada bagian arteri tersumbat. 5.Balon dikembangkan untuk membuka penyumbatan sehingga aliran darah kembali normal.

4 Pemasangan ring / stent merupakan tindak lanjut dari angioplasti.

5 2. Elektrokardiogram adalah tes non-invasif (tidak memerlukan sayatan tubuh) untuk merekam aktivitas listrik pada jantung yang menentukan detak dan irama jantung dan berlangsung selama 5 hingga 8 menit.

6 Cara kerja : 1.Anda akan diminta untuk berbaring di kursi pemeriksaan ketika ahli teknik medis meletakkan 10 elektroda di dada, tangan dan kaki Anda. 2.Elektroda ini ditempel kuat sehingga bisa mendeteksi dan mengolah listrik yang terjadi di jantung Anda ke mesin EKG sehingga bisa direkam dan dicetak untuk tinjauan dokter Anda. 3.Anda dapat bernafas normal selama prosedur tetapi jangan bergerak, karena ini akan menggangu hasil tes. 4.Setelah prosedur, elektroda akan dibuka dan Anda dapat kembli ke aktivitas normal.

7 3. Alat pacu jantung adalah alat yang digunakan untuk mengatur detak jantung dengan mengalirkan sinyal listrik untuk merangsang jantung ketika berdetak terlalu pelan yang dilakukan di bawah bius lokal selama 24 hingga 48 jam setelah penanaman alat pacu.

8 Cara kerja : 1.Sayatan kulit dibuat di bawah selangkang, biasanya di bagian kiri. 2. Kantung berisi alat pacu dibuat. 3.Vena di belakang selangkang dilubangi dan melalui vena ini, timah pacu diletakkan ke bilik jantung. 4.Timah pacu kemudian disambungkan ke generator detak dan sistem keseluruhan ditempatkan dalam kantung yang tersedia.

9 4. Ceragem Yaitu alat kesehatan keluarga yang dirancang secara modern dengan menggunakan perpaduan ilmu kesehatan Timur dan Barat.

10

11 Cara kerja : 1.untuk menggunakan alat terapi ini anda cukup membaringkan tubuh diatasnya dan kemudian alat ini akan bekerja otomatis selama ± 40 menit. 2.terdapat dua buah susunan batu giok yang dapat digunakan untuk mengobati bagian- bagian tubuh lainnya yang mempunyai keluhan seperti pergelangan tangan, perut ataupun mata. 3.selama 4 jam setelah terapi sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman dingin dan mandi, karena panas yang dipancarkan oleh batu giok masih terasa di tulang.

12 5. Pemindaian dengan bahan radioaktif a.CT adalah singkatan dari Computerized Tomography/Tomografi Komputer. Sebuah berkas sinar-X berputar disekeliling pasien. Hasilnya kemudian ditangkap oleh detektor di sisi yang berlawanan, sehingga akhirnya dihasilkan gambar 3 dimensi.

13 b.PET adalah singkatan dari Positron Emission Tomography/Tomografi Pancaran Positron. Cara kerjanya, pemindai menangkap positron (proton) yang dipancarkan oleh zat radioaktif yang disuntikkan ke dalam pembuluh darah. PET dapat menunjukan bagaimana kerja otak manusia yang masih hidup

14 c. MRI adalah singkatan dari Magnetic Resinance Imaging/ Pencitraan Resosnansi Magnetik. Cara kerja pemindai MRI hampir sama dengan pemindai CT. Bedanya pemindai MRI menggunakan magnet, bukan Sinar-X. Pasien dikelilingi oleh magnet berkekuatan tinggi sehingga mampu menyejajarkan posisi semua proton yang ada dalam tubuh. Kerja pemindai MRI dimulai ketika sebuah gelombang radio dalam waktu singkat mengubah posisi proton dari posisinya yang sejajar. Pemindai tersebut akan mendeteksi gelombang radio yang dipancarkan proton pada saat proton kembali ke posisi sejajarnya.

15 6. Operasi bypass jantung Pembedahan Bypass Arteri Jantung (CABG) merupakan operasi yang dilakukan untuk mengembalikan pasokan darah ke jantung pada penyakit jantung koroner.

16 Cara kerja : Selama pembedahan bypass arteri jantung (CABG), cangkok pembuluh darah baru berupa arteri atau vena yang sehat diambil dari kaki, tangan atau dada pasien, dipindahkan dan dijahit disekitar daerah tersumbat.

17 7. Teknologi nano untuk terapi fotodinamik Terapi fotodinamik adalah terapi menggunakan molekul peka cahaya (photosensitizers, PSs) yang cenderung berkumpul pada sel tumor. Cara kerja : Jika diiradiasi dengan sinar yang memiliki panjang gelombang tertentu, PSs akan tereksitasi dan mentransfer energinya kepada molekul oksigen terdekat sehingga membentuk spesies oksigen reaktif (reactive oxygen species, ROSs) yang akan membunuh sel kanker di dekatnya.

18 8. Ekokardiogram merupakan suatu pemeriksaan yang memberikan gambaran jantung Anda yang sedang berdenyut dan digunakan untuk mencari penyebab bunyi tambahan pada jantung (murmur), untuk memeriksa ukuran ruang jantung, memeriksa cairan di sekitar jantung, atau untuk melihat kemampuan otot jantung dengan menggunakan gel untuk menggerakkan alat yang menyerupai mikrofon yang dinamakan transducer pada daerah dada.

19

20 9. Tranfusi darah proses menyalurkan darah atau produk berbasis darah dari satu organ ke sistem peredaran darah lainnya. tranfusi darah berhubungan dengan kondisi medis seperti kehilangan darah dalam jumlah besar disebabkan trauma, operasi, shock, dan tidak berfungsinya organ pembentuk sel darah merah.

21 DAFTAR PUSTAKA https://www.singhealth.com.sg/PatientCare/Overseas- Referral/bh/Conditions/Pages/Coronary- Angioplasty.aspx https://www.singhealth.com.sg/PatientCare/Overseas- Referral/bh/Conditions/Pages/ECG-Electrocardiogram- Heart.aspx ceragem.html scanner.html#ixzz3Fm99IyZj https://www.singhealth.com.sg/PatientCare/Overseas- Referral/bh/Conditions/Pages/Heart-Bypass-Surgery- Coronary-Artery-Bypass-Grafting-CABG.aspx book-ot/191-yang-perlu-anda-ketahui-dari-pemasangan- ring-jantung &2 jantung/#sthash.OaHUxCT1.dpuf


Download ppt "TEKNOLOGI DALAM SISTEM PEREDARAN DARAH Kelompok 8 Maria Retno Ayu K (XI MIA 1/12) Nadia Azka H P (XI MIA 1/13) Vera Setyanitami (XI MIA 1/21)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google