Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENCEMARAN UDARA Di Susun Oleh : Kelompok 2 IRA ANDINI PARANSA ELFIANA IBRAHIM WICA NURKASIH NUR ASIA SARI PUTRI KADEVI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENCEMARAN UDARA Di Susun Oleh : Kelompok 2 IRA ANDINI PARANSA ELFIANA IBRAHIM WICA NURKASIH NUR ASIA SARI PUTRI KADEVI."— Transcript presentasi:

1 PENCEMARAN UDARA Di Susun Oleh : Kelompok 2 IRA ANDINI PARANSA ELFIANA IBRAHIM WICA NURKASIH NUR ASIA SARI PUTRI KADEVI

2 PENGERTIAN PENCEMARAN UDARA Pencemaran udara adalah masuknya, atau tercampurnya unsur-unsur berbahaya ke dalam atmosfir yang dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan, gangguan pada kesehatan manusia secara umum serta menurunkan kualitas lingkungan.

3 FAKTOR PENYEBAB PENCEMARAN UDARA a. Faktor alam (internal), yang bersumber dari aktivitas alam, contoh : abu yang dikeluarkan akibat letusan gunung berapi gas-gas vulkanik debu yang beterbangan di udara akibat tiupan angin bau yang tidak enak akibat proses pembusukan sampah organik b. Faktor manusia (eksternal), yang bersumber dari hasil aktivitas manusia, contoh : hasil pembakaran bahan-bahan fosil dari kendaraan bermotor bahan-bahan buangan dari kegiatan pabrik industri yang memakai zat kimia organik dan anorganik pemakaian zat-zat kimia yang disemprotkan ke udara pembakaran sampah rumah tangga pembakaran hutan

4 KLASIFIKASI BAHAN PENCEMAR UDARA 1. Polutan primer Polutan primer adalah substansi pencemar yang ditimbulkan langsung dari sumber pencemaran udara atau polutan yang dikeluarkan langsung dari sumber tertentu 2. Polutan Sekunder Polutan sekunder adalah substansi pencemar yang terbentuk dari reaksi pencemar-pencemar primer di atmosfer ekunder biasanya terjadi karena reaksi dari dua atau lebih bahan kimia di udara, misalnya reaksi foto kimia

5 ZAT ZAT PENCEMARAN UDARA Ada beberapa polutan yang dapat menyebabkan pencemaran udara, antara lain: Karbon monoksida (CO 2 ) Nitrogen dioksida (NO 2 ) Sulfur dioksida (SO 2 ) Partikulat (asap atau jelaga) Hidrokarbon (HC) Chlorofluorocarbon (CFC) Timbal (Pb) Karbondioksida (CO 2 )

6 Efek Negatif Dari segi kesehatan dampak pencemaran udara oleh debu bisa menyebabkan penyakit paru-paru (bronchitis) serta penyakit saluran pernapasan lainnya. Sedangkan dampak pencemar udara oleh zat kimia seperti Karbon Monoksida bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada hemoglobin (metaloprotein pengangkut oksigen yang mengandung besi dalam sel darah merah).

7 Efek Positif Ternyata selain menimbulkan dampak yang negatif terdapat pula efek positif dari terjadinya pencemaran udara. Hal itu antara lain : Manusia mulai sadar akan kelestarian dan kebersihan alam Munculnya banyak ide tentang gerakan peduli lingkungan Munculnya ide untuk menciptakan alat pembersih udara (air purifier)

8 SOLUSI MENGURANGI PENCEMARAN UDARA Setiap pabrik diwajibkan melakukan pengolahan terlebih dahulu terhadap asap pabriknya sebelum di buang ke udara bebas bagi kendaraan bermotor yang sisa pembakarannya lebih banyak, sebaiknya menggunakan jalan-jalan di pinggir kota Melakukan penghijauan kota, karena tumbuh- tumbuhan dapat menghasilkan oksigen pada siang hari di samping menyerap karbon dioksida dari udara

9 THANK YOU FOR THE ATTENTION KELOMPOK II


Download ppt "PENCEMARAN UDARA Di Susun Oleh : Kelompok 2 IRA ANDINI PARANSA ELFIANA IBRAHIM WICA NURKASIH NUR ASIA SARI PUTRI KADEVI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google