Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perencanaan Usaha dan Study Kelayakan Bisnis Dian Kurniawan, SE., MSi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perencanaan Usaha dan Study Kelayakan Bisnis Dian Kurniawan, SE., MSi."— Transcript presentasi:

1

2 Perencanaan Usaha dan Study Kelayakan Bisnis Dian Kurniawan, SE., MSi.

3 Perencanaan Usaha adalah dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausaha yang menggambarkan semua unsur-unsur yang relevan baik internal maupun eksternal mengenai perusahaan untuk memulai suatu usaha.

4 Tujuan Perencanaan Usaha 1. Perlindungan (Protektive) 2. Kesepakatan (Affirmative) Perlindungan(Protektive) artinya perencanaan bertujuan untuk meminimalisasi risiko dengan mengurangi ketidakpastian disekitar kondisi usaha dan menjelaskan konsekuensi tindakan manajerial Kesepakatan (Affirmative) artinya perencanaan bertujuan untuk meningkatkan tingkat keberhasilan organisasi atau usaha

5 Keuntungan dari dibuatnya perencanaan usaha Membantu pengusaha untuk berorientasi ke masa depan Koordinasi Keputusan. Membantu pihak pengusaha untuk mudah mengingat apa yang ingin dicapai oleh perusahaan

6 Penyebab Gagalnya Perencanaan Usaha Tujuan yang ditetapkan oleh pengusaha kurang masuk akal, dan pengusaha kurang memiliki rasa tanggung jawab. Pengusaha tidak memiliki pengalaman dalam perencanaan bisnis Pengusaha tidak dapat menangkap ancaman dan kelemahan bisnisnya sendiri Kosumen tidak mengharapkan adanya barang dan jasa yang ditawarkan oleh perusahan tersebut

7 Studi Kelayakan Bisnis FEASIBILITY STUDY ATAU KELAYAKAN BISNIS MERUPAKAN SUATU CARA UNTUK MENGANALISIS RENCANA AGAR RENCANA USAHA BETUL-BETUL SEHAT DAN BAIK (SECARA EKONOMIS MAUPUN SECARA TEKNIS), BIASANYA DILAKUKAN APABILA AKAN SESEORANG ATAU PENGUSAHA MAU MENDIRIKAN SUATU PERUSAHAAN ATAU INGIN MENAMBAH MODAL UNTUK PERLUASAN USAHA.

8 Tujuan dibuatnya SKB »USAHA TERSEBUT MENGUNTUNGKAN BAGI PERUSAHAAN »USAHA TERSEBUT MEMBERI KEUNTUNGAN BAGI MASYARAKAT LUAS »USAHA TERSEBUT HARUS MENGHASILKAN INCOME DALAM JANGKA WAKTU PENDEK, BAIK BAGI INVESTOR MAUPUN NEGARA.

9 PENTINGNYA RENCANA USAHA (STUDI KELAYAKAN BISNIS) Hasil studi kelayakan bisnis pada prinsip nya bisa digunakan antara lain : 1. Merintis usaha baru: Membuka toko, membangun pabrik, mendirikan perusahaan jasa, membuka usaha dagang, Pabrikan dll. 2. Pengembangan usaha Menambah kapasitas pabrik, untuk memperluas skala & cakupan usaha dsb. 3. Pemilihan jenis usaha atau investasi Proyek yang paling menguntungkan, misalnya pilihan usaha dagang, pilihan usaha jasa, pabrikasi atau rakitan, pilihan proyek A atau proyek B. adapun fihak yang memerlukan dan berkepentingan dengan studi kelayakan usaha di antaranya : - Pihak Wirausaha (Pemilik Perusahaan). - Pihak Investor dan Penyandang Dana Pihak Masyarakat dan Pemerintah. PROSES DAN TAHAPAN RENCANA BISNIS/ STUDI KELAYAKAN BerdasarkaN tahapannya, Rencana/studi kelayakan usaha dapat dilakukan melalui langkah- langkah sebagai berikut : - Tahap Penemuan Ide atau Perumusan Gagasan. - Tahap Memformulasikan Tujuan. - Tahapan Analisis. - Tahap Keputusan.

10 PIHAK YG BERKEPENTINGAN DLM RU/SKB 1. Pihak Wirausaha (Pemilik Perusahaan ). 2. Pihak Investor, Penyandang dana (Bank dll). 3. Pihak Masyarakat dan Pemerintah.

11 PROSES DAN TAHAPAN RENCANA BISNIS/ STUDI KELAYAKAN Berdasarkan tahapannya, RU/SKB dpt dilakukan melalui langkah2 sbb: 1. Penemuan Ide atau perumusan Gagasan. 2. Memformulasikan tujuan. 3. Tahapan Analisis. 4. Tahap Keputusan.

12 1. TAHAP PENEMUAN IDE SUMBER-SUMBER IDE Koran, majalah bisnis, media elektronik dll. Melihat keberhasilan orang lain. Dirumuskan melalui: 1.Peluang dan kemampuan (75% - 25%). 2. Ikut-ikutan (25% - 75%).

13 2. TAHAP MEMFORMULASIKAN TUJUAN BISNIS Tahap perumusan misi dan visi melalui for- mulasi tujuan bisnis: 1.Kontinuitas usaha. 2.Keuntungan usaha.

14 3. ANALISIS KELAYAKAN BISNIS 1.Aspek legalitas/ manajemen. 2.Aspek pemasaran. 3.Aspek produksi/ operasi. 4.Aspek keuangan.

15 4. TAHAP KEPUTUSAN Dievaluasi, dipelajari dan analisis maka, diambil keputusan dijalankan atau tidak usaha tersebut GAGASAN USAHA (BUSINESS IDEA) TUJUAN (Visi dan Misi) ANALISIS/EVALUASI 1. Legalitas/mjn 2. Pasar 3. Produksi/operasi 4. Keuangan 5. Ekonomi/dampak lingkungan KEPUTUSAN DILAKSANAKAN TDK dilaksanakan (GO) (No Go)

16 UNTUK APA SAUDARA DATANG KEMARI ? Mau dapat nilai baik. Mau santai, rileks, Jenuh dirumah. Net Working (Jaringan Bisnis). Ilmu pengetahuan Bisnis. Net Working (Jaringan Bisnis).

17 THE END Bertindaklah …!!!!!

18 KERANGKA RENCANA USAHA RENCANA USAHA YANG AKAN DISUSUN MEMUAT POKOK- POKOK PIKIRANPERENCANAAN YANG MENCAKUP ANTARA LAIN : 1. NAMA PERUSAHAAN CANON DAN WICHER MENYATAKAN CIRI-CIRI MERK ATAU NAMA PERUSAHAAN YANG BAIK ADALAH : PENDEK SEDERHANA MUDAH DIEJA MUDAH DIINGAT ENAK DIBACA TIDAK KETINGGALAN JAMAN BILA DIEKSPOR GAMPANG DIBACA OLEH ORANG LUAR NEGERI

19 2. LOKASI HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PENENTUAN LOKASI PABRIK ADALAH : DEKAT DENGAN SUMBER MATERIAL DEKAT DENGAN PASAR MUDAH MENDAPAT TENAGA KERJA MUDAH FASILITAS TRANSPORTASI MUDAH MEMPEROLEH BAHAN BAKAR SIKAP PEMERINTAH SETEMPAT DAN MASYARAKATNYA. 3. KOMODITI YANG AKAN DIUSAHAKAN. 4. KONSUMEN YANG DITUJU.

20 5. PASAR YANG AKAN DIMASUKI ADA 4 MACAM PASAR YANG HARUS DITUJU PEMIMPIN PASAR. PENANTANG PASAR. PENGIKUT PASAR. PERELUNG PASAR. 6. PARTNER YANG AKAN DIAJAK KERJA SAMA. 7. PENYEBARAN PROMOSI. ELEMEN-ELEMEN PROMOSI YANG BIASA DIGUNAKAN ANTARA LAIN: ADVERTISING, ADAPUN BENTUK-BENTUK ADVERTISING YANG SERING DIGUNAKAN DIANTARANYA : PAPAN REKLAME POSTER KATALOG FOLDER SPANDUK SLIDE IKLAN PAPAN NAMA PERUSAHAAN

21 BENTUK FORMAL PERENCANAAN USAHA PADA UMUMNYA PERENCANAAN USAHA MEMUAT HAL-HAL SEBAGAI BERIKUT : HALAMAN DEPAN ; DIHALAMAN INI DICANTUMKAN NAMA DAN ALAMAT PERUSAHAAN YANNG BISA DIHUBUNGI SEWAKTU-WAKTU MELALUI TELEPHONE. DAFTAR ISI ; HARUS DIBUAT DAFTAR ISI SECARA RINCI DENGAN NOMOR- NOMOR HALAMANNYA. RANGKUMAN EKSEKITIF ; RANGKUMAN INI SANGAT PENTING GUNA KEPENTINGAN PEMBACA YANG ANGIN MELIHAT SECARA CEPAT APA ISI DARI KESELURUHAN PERENCANAAN USAHA TERSEBUT. RANGKUMAN INI MERUPAKAN INTI DARI PERENCANAAN. PENJELASAN TENTANG PERUSAHAAN ; MEMUAT STRATEGI PERUSAHAAN DAN TIM MANAJEMEN.

22 PEMASARAN ; MEMUAT PASAR YANNG AKAN DITUJU BERAPA BESAR POTENSI PASARDAN BERBAGAI STRATEGI RENCANA RAMALAN TENTANG TARGET KONSUMEN DIMASA YANG AKAN DATANG BARANG DAN JASA YANNG DIHASILKAN ; MENCAKUP MENGENAI KUALITAS, KUANTITAS, KEGUNAAN DAN KEISTIMEWAAN BARANG YANG DITAWARKAN USAHA MENINGKATKAN PENJUALAN ; MENJELASKAN TENTANG BERBAGAI TEKNIS PROMOSI YANG AKAN DIGUNAKAN, TENAGA PENJUAL YANG DIGUNAKAN, ATAU PERWAKILAN-PERWAKILAN PENJUAL YANG PERLU DIANGKAT DI BERBAGGAI DAERAH. PERMODALAN ; MENJELASKAN RENCANA PERMODALAN, PROYEKSI PERMODALAN, ALIRAN KAS DAN PENDAPATAN. APENDIX ; MENCAKUP BERBAGAI KETERANGAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MELENGKAPI PERENCANAAN USAHA MISALNYA AKTE PENDIRIAN PERUSAHAAN, SIUP, SERTIFIKAT TANAH DAN SEBAGAINYA.


Download ppt "Perencanaan Usaha dan Study Kelayakan Bisnis Dian Kurniawan, SE., MSi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google