Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

STUDI KELAYAKAN BISNIS. BUKU LITERATUR  Husen Umar, Study Kelayakan Bisnis; Manajemen, metode, dan Kasus, Gramedia,  Suad Husnan dan Suwarsono, Study.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "STUDI KELAYAKAN BISNIS. BUKU LITERATUR  Husen Umar, Study Kelayakan Bisnis; Manajemen, metode, dan Kasus, Gramedia,  Suad Husnan dan Suwarsono, Study."— Transcript presentasi:

1 STUDI KELAYAKAN BISNIS

2 BUKU LITERATUR  Husen Umar, Study Kelayakan Bisnis; Manajemen, metode, dan Kasus, Gramedia,  Suad Husnan dan Suwarsono, Study Kelayakan Proyek, UPP AMP YKPN.  Kasmir, Jakfar, Study Kelayakan Bisnis,Kencana.  Fred David, Manajemen Strategi consept and Cases, Prentice Hall  Eddy Harjanto, Manajemen Produksi dan Operasi, Gramedia.

3 STUDI KELAYAKAN BISNIS  TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM : Mahasiswa mampu membuat Business Plan yang laik bagi stakeholders dalam hubungannya dengan keputusan manajemen secara komprehensif pada semua aspek fungsional bisnis.  DESKRIPSI MATA KULIAH : Mata kuliah ini mempelajari tentang kelaikan suatu bisnis bagi stakeholder pada berbagai bentuk kelembagaan bisnis dan sektor industri dengan pendekatan aspek-aspek fungsional dalam bisnis.

4 DEFINISI PERUSAHAAN & BISNIS  PERUSAHAAN ialah organisasi yang memproses perubahan keahlian dan sumber daya ekonomi menjadi barang dan / jasa yang diperuntukkan bagi pemuasan kebutuhan para pembeli serta diharapkan akan memberikan laba kepada para pemiliknya (Raimond E. Glos)  BISNIS adalah kegiatan yang diorganisasikan oleh orang-orang yang berkecimpung didalam bidang perniagaan (produsen, pedagang, konsumen, dan industri dimana perusahaan berada) dalam rangka memperbaiki standar serta kualitas hidup mereka.

5 KONSEP KOMPONEN BISNIS  P1 = Konsep Pasar  P2 = Konsep Perusahaan  P3 = Konsep Persaingan  P4 = Konsep Perubahan P3 P1 P2 P4

6 STUDI KELAYAKAN PROYEK & STUDI KELAYAKAN BISNIS PROYEK : adalah suatu kegiatan sementara yang berlangsung dalam jangka waktu terbatas dengan alokasi sumber daya tertentu dan dimaksudkan untuk melaksanakan tugas sasarannya telah digariskan dengan jelas CIRI-CIRI PROYEK : Memiliki tujuan yang khusus, produk akhir, atau hasil kerja akhir. Biaya jadwal, jadwal kerja, sumber daya, kreteria mutu yang diperlukan telah ditentukan Kegitan bersifat sementara Kegiatan bersifat tidak rutin. STUDI KELAYAKAN PROYEK : Adalah merupakan penelitian tentang layak atau tidaknya suatu proyek dibangun untuk jangka waktu tertentu.

7 CIRI-CIRI KEGIATAN OPERASIONAL BISNIS berulang-ulang rutin berlangsung dalam jangka panjang batasan anggaran dan jadwal tidak setajam proyek perhatian pada beberapa aspek : pasar potensial, kepuasan konsumen, persaingan bisnis dll.

8 PENGERTIAN STUDI KELAYAKAN BISNIS Pengertian Sempit : Studi Kelayakan Bisnis, adalah merupakan penelitian terhadap rencana bisnis yang tidak hanya menganalisis layak atau tidak bisnis dibangun, tetapi saat dioperasionalkan secara rutin dalam rangka pencapaian keuntungan yang maksimal untuk waktu yang tidak ditentukan Pengertian Luas : Studi Kelayakan Bisnis, adalah suatu penelitian tentang dapat tidaknya proyek investasi dilaksanakan secara menguntungkan dengan indikasi adanya : penyerapan tenaga kerja, pemanfaatan sumber daya yang melimpah dilokasi tersebut, penambahan atau penghematan devisa bagi pemerintah dan membuka peluang usahalain akibat adanya proyek investasi.

9 MANFAAT STUDI KELAYAKAN BISNIS  Manfaat Finansial : menguntungkan bagi pelaku bisnis  Manfaat Ekonomi nasional : banyak tenaga kerja yang terserap, GNP meningkat dan manfaat makro yang lain  Manfaat Sosial : masyarakat merasa memperoleh manfaat atas bisnis yang dilakukan.

10 TUJUAN DILAKUKAN STUDI KELAYAKAN BISNIS Adalah untuk menghindari keterlanjuran penanaman modal yang terlalu besar untuk kegiatan yang ternyata tidak menguntungkan (resiko kegagalan suatu bisnis/proyek yang menyangkut investasi dalam jumlah besar).

11 HAL-HAL YANG PERLU DIKETAHUI DALAM SKB  Ruang lingkup kegiatan bisnis/proyek  Cara kegiatan proyek dilakukan  Evaluasi terhadap aspek-aspek yang menentukan berhasilnya seluruh proyek.  Sasaran yang diperlukan oleh proyek  Hasil kegiatan proyek bisnis  Akibat yang bermanfaat dan tidak dari proyek tersebut  Langkah-langkah rencana untuk mendirikan proyek.

12 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEDALAMAN STUDY KELAYAKAN Besarnya dana yang ditanamkan Tingkat ketidakpastian proyek Kompleksitas elemen-elemen yang mempengaruhi proyek

13 LEMBAGA-LEMBAGA YANG MEMERLUKAN STUDI KELAYAKAN PROYEK  Pelaku bisnis itu sendiri  Pihak Investor  Pihak kreditor  Pihak manajemen perusahaan  Pihak pemerintah dan masyarakat  Pembangunan ekonomi

14 TAHAPAN STUDY KELAYAKAN BISNIS  Penemuan ide  Tahap penelitian  Tahap evaluasi  Tahap pengurutan usulan yang layak  Tahap rencana pelaksanaan  Tahap pelaksanaan

15 IDENTIFIKASI KESEMPATAN USAHA/BISNIS Mempelajari impor Menyelidiki material lokal Mempelajari ketrampilan tenaga kerja Melakukan studi industri Menerapkan kemajuan teknologi Mempelajari hubungan antar industri Menilai rencana pembangunan Melakukan pengamatan ditempat lain.

16 TUJUAN KEPUTUSAN INVESTASI Memaksimumkan tingkat keuntugan dan menurunkan resiko dari semua social cost and benefit (NPV)

17 ASPEK-ASPEK STUDY KELAYAKAN Aspek Pasar Aspek Teknis dan produksi Aspek Financial Aspek Manajemen/SDM Aspek Hukum Aspek Sosial Ekonomi

18 ASPEK PASAR  Permintaan  Penawaran  Harga  Program pemasaran  Perkiraan penjualan yang dicapai perusahaan  Market share yang dapat dikuasai perusahaan.

19 ASPEK TEKNIS & PRODUKSI Studi dan pengujian pendahuluan Skala produksi yang optimal Proses produksi yang dipilih Mesin dan kelengkapan Perlengkapan tambahan dan pekerjaan teknis Penanganan limbah produksi Tata letak dan fasilitas produksi Pemilihan lokasi dan site produksi Skedul kerja yang realistis Teknologi yang digunakan

20 ASPEK FINANCIAL Dana yang diperlukan untuk investasi Sumber-sumber pembelanjaan yang akan dipergunakan Taksiran penghasilan biaya dan laba rugi pada berbagai tingkat operasi Manfaat dan biaya dalam artian financial seperti : ROR, ROI, IRR, PI, PP, RESIKO PROYEK, dll. Proyek keuntungan.

21 ASPEK MANAJEMEN/SDM  Manajemen dalam masa pembangunan proyek  Manajemen dalam operasi

22 ASPEK HUKUM  Bentuk badan usaha  Jaminan dalam penggunaan dana  Berrbagai akte, sertifikat, ijin dll.

23 ASPEK SOSIAL EKONOMI  Pengaruh proyek bisnis terhadap penghasilan negara.  Pengaruh proyek bisnis terhadap penghematan devisa  Penambahan kesempatan kerja  Pemerataan kesempatan kerja  Pengaruh proyek terhadap industri lain  Pengaruh proyek terhadap listrik dan lalu listrik, dll.

24 DATA DAN SUMBER DATA Berbagai publikasi yang diterbitkan oleh BPS Publikasi yang dikeluarkan BKPM Publikasi yang dikeluarkan BI Publikasi yang dikeluarkan oleh asosiasi industri Publikasi yang dikeluarkan oleh lembaga yang bekerja sebagai lembaga penelitian.


Download ppt "STUDI KELAYAKAN BISNIS. BUKU LITERATUR  Husen Umar, Study Kelayakan Bisnis; Manajemen, metode, dan Kasus, Gramedia,  Suad Husnan dan Suwarsono, Study."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google