Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Studi Kelayakan Bisnis. LOGO Bisnis Seluruh kegiatan yang diorganisasikan oleh orang-orang yang berkecimpung di dalam bidang perniagaan dalam rangka memperbaiki.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Studi Kelayakan Bisnis. LOGO Bisnis Seluruh kegiatan yang diorganisasikan oleh orang-orang yang berkecimpung di dalam bidang perniagaan dalam rangka memperbaiki."— Transcript presentasi:

1 Studi Kelayakan Bisnis

2 LOGO Bisnis Seluruh kegiatan yang diorganisasikan oleh orang-orang yang berkecimpung di dalam bidang perniagaan dalam rangka memperbaiki standar serta kualitas hidup mereka. (Husein Umar, 2005:4)

3 LOGO Konsep Bisnis dan Komponennya P3 P1P2 P4 P1 : pasar P2 : perusahaan P3 : persaingan dan aspek eksternal lainnya P4 : perubahan- perubahannya sendiri

4 LOGO Studi Kelayakan Bisnis Penelitian tentang rencana bisnis yang tidak hanya menganalisis layak atau tidak layaknya bisnis dibangun, tetapi juga saat dioperasikan secara rutin dalam rangka pencapaian keuntungan yang maksimum untuk waktu yang tidak ditentukan. (Husein Umar: 8)

5 LOGO Studi Kelayakan Bisnis vs Studi Kelayakan Proyek ProyekBisnis Memiliki tujuan khusus, produk akhir, hasil kerja akhir. Biaya, jadwal kerja, sumber daya, kriteria mutu yang diperlukan ditentukan. Kegiatan bersifat sementara, tidak rutin, tidak berulang-ulang. Memiliki kegiatan-kegiatan yang tidak hanya membangun proyek tetapi yang utama justru operasionalisasinya. Studi kelayakan proyek merupakan penelitian tentang layak atau tidaknya suatu proyek dibangun dalam jangka waktu tertentu. SKB merupakan penelitian rencana bisnis yang menganalisis layak atau tidaknya bisnis dibangun, juga saat operasional rutin untuk mencapai keuntungan maksimal dalam waktu yang tak ditentukan.

6 LOGO Manfaat SKB Bagi Investor. Menjadi masukan berguna untuk membuat keputusan investasi secara lebih objektif karena SKB telah mengaji berbagai aspek secara komprehensif dan detil. Bagi Analis. Dapat dipakai sebagai penunjang kelancaran tugasnya dalam melakukan penilaian usaha baru, pengembangan usaha, atau menilai kembali usaha yang sudah ada. Bagi Kreditor. Sebagai pertimbangan dalam memutuskan memberikan kredit atau tidak. Bagi Manajemen Perusahaan. Merupakan upaya dalam rangka merealisasikan ide proyek yang ujungnya bermuara pada peningkatan usaha untuk meningkatkan laba. Bagi Masyarakat. Hasilnya merupakan peluang untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian rakyat baik yang terlibat langsung maupun yang muncul akibat adanya nilai tambah. Bagi Pemerintah. Dari sudut pandang ekonomi dapat menghemat devisa, menggalakkan ekspor nonmigas, dll.

7 LOGO Tahapan SKB Penemuan Ide 1 Pertimbangan Alternatif 2 Penelitian 3 Analisis Data 4 Pengambilan Keputusan 5

8 LOGO Penemuan Ide Usaha  Melalui bacaan.  Melalui survei.  Melalui pengalaman.  Perkembangan teknologi.  Kebutuhan pasar.  Dari pesaing.  Melalui saluran distribusi.  Pemasok.  Perubahan lingkungan.

9 LOGO Analisis Data Komponen Aspek yang Diteliti Pasar Internal Perusahaan Pemasaran Manajemen Sumber Daya Manusia Teknik dan Teknologi Keuangan Lingkungan Ekonomi, Sosial, Politik Lingkungan Industri Yuridis Lingkungan Hidup

10 LOGO Persyaratan SKB

11


Download ppt "Studi Kelayakan Bisnis. LOGO Bisnis Seluruh kegiatan yang diorganisasikan oleh orang-orang yang berkecimpung di dalam bidang perniagaan dalam rangka memperbaiki."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google