Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PELAKSANAAN PPG PASCA SM-3T PGSD KSDP FIP UM 1.Tahun 2013  Semi Blok (Satu Semester) 2.Tahun 2014  Blok (Satu Semester)Satu Semester 3.Tahun 2015.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PELAKSANAAN PPG PASCA SM-3T PGSD KSDP FIP UM 1.Tahun 2013  Semi Blok (Satu Semester) 2.Tahun 2014  Blok (Satu Semester)Satu Semester 3.Tahun 2015."— Transcript presentasi:

1

2

3 PELAKSANAAN PPG PASCA SM-3T PGSD KSDP FIP UM 1.Tahun 2013  Semi Blok (Satu Semester) 2.Tahun 2014  Blok (Satu Semester)Satu Semester 3.Tahun 2015  Blok (Dua Semester)Dua Semester)

4 PELAKSANAAN PPG UM 1.SEMUA DOKUMEN TERTATA RAPI 2.Peer Teaching External ( didampingi 2 Dosen dan Satu Guru SD), dilaksanakan di LAB MIKRO  5 M dg berbagai model (terekam) 3.PPL didampingi GP 4.Uji Kinerja (Ujian PPL) diamati oleh DPL, GP, dan GI 5.SD Mitra minimal terakreditasi B (MOU) 6.Guru sudah Tersertifikasi Pendidik

5

6 LEVEL 7 (PENDIDIKAN PROFESI ) Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya di bawah tanggung jawabnya, dan mengevaluasi secara komprehensif kerjanya dengan memanfaatkan IPTEKS untuk menghasilkan langkah-langkah pengembangan strategis organisasi. Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan monodisipliner. Mampu melakukan riset dan mengambil keputusan strategis dengan akuntabilitas dan tanggung jawab penuh atas semua aspek yang berada di bawah tanggung jawab bidang keahliannya.

7 TAHAPAN PELAKSANAAN PROGRAM SM-3T 2015 Rakor Penyelenggaraan PPG, Penyegaran Instruktur, GP, dan Pengelola Asrama (4 Maret 2015) WS Penyusunan Kurikulum, Silabus dan Jadwal Bersama Prodi Penyelenggara (6 Maret 2015) ORIENTASI AWAL (PRAKONDISI) (4-6 Maret 2015) Slide 9 PELAKSANAAN WORKSHOP SSP (9 MARET S/D 26 JUNI 2015) REMIDI WORKSHOP SSP (29 JUNI S/D 3 JULI 2015) PELAKSANAAN PPL dan UJI KINERJA (27 JULI S/D 20 NOPEMBER 2015)

8 TAHAPAN PELAKSANAAN PROGRAM SM-3T 2015 (Lanjutan) UJIAN KOMPETENSI PEDAGOGIK (17-15 DESEMBER 2015) PERSIAPAN UJIAN TULIS NASIONAL (JANUARI 2016) PELAKSANAAN UJIAN TULIS NASIONAL (JANUARI 2016) UPACARA YUDISIUM (FEBRUARI 2016) PELAKSANAAN WISUDA SEMESTER GASAL (MARET 2016)

9 KEJUJURAN MERUPAKAN MODAL HIDUP YANG TAK KAN TERKIKIS OLEH WAKTU dan KEADAAN

10 PEERTEACHING 1.DIMAKSUDKAN UNTUK MEMANTAPKAN BEKAL PESERTA PPG MELAKSANAKAN PPL DI SEKOLAH 2.DILAKSANAKAN DI KAMPUS SETELAH SELESAI SETIAP PUTARAN 2 S/D 5 WORKSHOP (TERJADWAL)  videoTERJADWALvideo 3.MASING-MASING PESERTA DIBERI WAKTU 50 MENIT  MENIT TAMPIL, SISANYA UNTUK RIVIEW (Supervisi Klinis)

11

12 3.PPL DI SEKOLAH DIMULAI BULAN JULI S/D NOPEMBER PPL DI SD DILAKSANAKAN SEBANYAK 24 KALI, TERIDIRI DARI: a.18 kali Praktik Terbimbing b.2 kali praktik mandiri c.2 kali ujian kinerja (kelas rendah dan tinggi) d.2 kali kesempatan remidial.

13 5.SD MITRA PPG PGSD SM-3T a.SDN MADYOPURO 1 b.SDN MADYOPURO 2 c.SDN MADYOPURO 3 d.SDN MADYOPURO 4 e.SDN MADYOPURO 5 f.SDN LESANPURO 1 g.SDN LESANPURO 3 h.SDN LESANPURO 4 i.SDN KEDUNGKANDANG 1 j.SDN SAWOJAJAR 1 k.SDN SAWOJAJAR 3

14 PELAKSANAAN PPL 1.Persiapan PPL a. Penetapan Peserta PPL b. Pendataan dan Pemetaan Sekolah c. Penetapan DP d. Koordinasi dengan Sekolah Mitra untuk Menetapkan GP dan Jadwal Pelaksanaan PPL e. Penyamaan Persepsi antara DP dan GP f. Pembekalan Peserta PPL

15 PELAKSANAAN PPL (Lanjutan) 2.Pelaksanaan PPL a. Penyerahan Peserta PPL oleh Pihak LPTK Penyelenggara ke Sekolah Mitra (oleh DPL) b. Pelaksanaan PPL di Sekolah Mitra c. Penarikan Peserta PPL (oleh DPL)

16 Kriteria Guru Pamong PPL PPG 1.Guru tetap dengan kualifikasi akademik minimal Strata 1 (S-1) Kependidikan yang relevan. 2.Telah bersertifikat guru profesional. 3.Telah mengikuti pelatihan Guru Pamong PPL program PPG yang dilaksanakan oleh LPTK penyelenggara PPG. 4.Memiliki masa kerja sekurang-kurangnya 5 tahun. 5.Memiliki komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pembimbing. 6.Aktif dalam kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). 7.Memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang cara-cara membimbing peserta calon guru. 8.Bersedia melaksanakan tugas sesuai dengan ketentuan P4G/UPT PPL.

17 KRITERIA GURU PENILAI UJIAN KINERJA PPL PPG 1.Guru tetap dengan kualifikasi akademik minimal Strata 1 (S-1) Kependidikan yang relevan. 2.Telah bersertifikat guru profesional. 3.Memiliki masa kerja sekurang-kurangnya 5 tahun. 4.Memiliki Bidang Studi yg relevan dengan peserta PPL PPG yg akan diuji kinerjanya. 5.Memiliki wawasan yg memadai tentang ilmu pedagogi dan berbagai inovasi dalam pembelajaran. 6.Aktif dalam kegiatan MGMP/KKG dan berbagai kegiatan penunjang profesi lainnya. 7.Bersedia melaksanakan tugas sesuai dengan ketentuan P4G.

18 TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB Dosen Pembimbing PPL PPG 1.Membimbing peserta PPG dalam jumlah 2 sampai 4 orang. 2.Membangun komunikasi yang positif dengan Guru Pamong dan Kepala Sekolah. 3.Membimbing peserta PPG dalam melakukan kegiatan praktik pembelajaran dengan prinsip supervisi klinis dalam kerangka Lesson Study. 4.Mendampingi pelaksanaan praktik Lesson Study peserta, mulai dari penyusunan perangkat pembelajaran (plan), praktik pelaksanaan pembelajaran (do/open class), sampai diskusi refleksi (see). 5.Membimbing peserta PPG dalam melaksanakan PTK. 6.Mengunjungi peserta PPG sekurang-kurangnya 4 kali selama masa PPL di sekolah. 7.Memberikan alternatif solusi terhadap kendala teknis atau akademik yang dihadapi peserta selama pelaksanaan PPL. 8.Menilai praktik pembelajaran peserta PPG dalam forum ujian. 9.Menilai PTK yang disusun peserta PPG.

19 Kriteria Dosen Pembimbing PPL PPG 1.Dosen tetap dengan kualifikasi akademik minimal Strata 2 (S2) yang relevan (minimal salah satu jenjang pendidikannya bidang kependidikan). 2.Diutamakan yang telah lulus program sertifikasi dosen. 3.Memiliki masa kerja minimal 6 tahun dan sudah memiliki golongan minimal III/c atau dengan jabatan fungsional Lektor. 4.Tidak sedang menduduki jabatan struktural/nonstruktural yang menyita banyak waktu. 5.Telah mengikuti pelatihan Dosen Pembimbing PPL program PPG yang dilaksanakan oleh LPTK penyelenggara PPG. 6.Memiliki komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pembimbing. 7.Memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang cara-cara membimbing peserta calon guru. 8.Bersedia melaksanakan tugas sesuai dengan ketentuan P4G.

20 TUGAS dan TANGGUNG JAWAB KEPALA SEKOLAH 1.MENGKOORDINASIKAN KEGIATAN ORIENTASI SEKOLAH YG MELIPUTI: a.Mempersiapkan program kegiatan orientasi sekolah, antara lain neliputi manajemen pendidikan di sekolah, serta berbagai kegiatan akademik dan non akademik lainnya. b.Memberi kesempatan kepada peserta untuk berkenalan dengan seluruh personil sekolah dan siswa. c.Memberi kesempatan kepada peserta untuk melakukan observasi di sekolah 2. MENGOORDINASIKAN PEMBIMBINGAN PPL PPG 3.MENGUSAHAKAN KELANCARAN PEMBIMBINGAN DAN PELAKSANAAN PPL PPG 4.Menilai aspek sikap/perilaku peserta PPL PPG 5.Mengoordinasikan penilaian PPL PPG dan menyerahkan kepada Kepala P4G Universitas Negeri Malang pada akhir kegiatan

21 Kriteria Guru Pamong PPL PPG 1.Guru tetap dengan kualifikasi akademik minimal Strata 1 (S-1) Kependidikan yang relevan. 2.Telah bersertifikat guru profesional. 3.Telah mengikuti pelatihan Guru Pamong PPL program PPG yang dilaksanakan oleh LPTK penyelenggara PPG. 4.Memiliki masa kerja sekurang-kurangnya 5 tahun. 5.Memiliki komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pembimbing. 6.Aktif dalam kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). 7.Memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang cara-cara membimbing peserta calon guru. 8.Bersedia melaksanakan tugas sesuai dengan ketentuan P4G.

22 TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB GURU PAMONG PPL PPG 1.Membimbing peserta PPG dalam jumlah 2 sampai 4 orang. Penentuan Guru Pamong diatur oleh P4L berkoordinasi dengan kepala sekolah. 2.Bertanggung jawab terhadap semua aktivitas akademik peserta PPG selama masa PPL dengan prinsip supervisi klinis dalam kerangka Lesson Study. 3.Memberi informasi tentang SK/KI dan KD serta silabus yang akan diajarkan oleh peserta selama PPL PPG. 4.Mendampingi pelaksanaan praktik Lesson Study peserta, mulai dari penyusunan perangkat pembelajaran (plan), praktik pelaksanaan pembelajaran (open class/do), sampai diskusi refleksi (see). 5.Membimbing penyusunan dan menilai perangkat pembelajaran yang disusun peserta PPG. 6.Mendampingi peserta PPG dalam melakukan penelitian tindakan kelas. 7.Menilai praktik pembelajaran peserta PPG dalam forum ujian.

23

24 PPL PGSD PASCA SM3T a.Orientasi (minggu ke 1 bulan JUNI 2015)Orientasi b.Observasi (minggu ke 2 bulan Juni 2015) c.Praktik Pembelajaran Terbimbing (Juli s/d Nopember 2015) d.Praktik Pembelajaran Mandiri (Minggu ke 3-4 Nopember 2015) e.Penelitian Tindakan Kelas (Selama PPL) f.Ujian Praktik Mengajar (Bulan Desember 2015  menyesuaikan dengan JADWAL SD) 1. SISTEM  Lesson Study & Supervisi Klinis 2. PROSEDUR 

25 a.ORIENTASI: 1. Manajemen Pendidikan di Sekolah  Kepala Sekolah 2. Kegiatan Ekstra Kurikuler dll  Guru Koordinator PPL 3. Materi Lain yg diatur oleh Sekolah b.OBSERVASI: 1. Mengamati Guru Pamong Mengajar di sekolah 2. Mereview Perangkat Pembelajaran hasil Workshop SSP 3. Menyelaraskan perangkat pembelajaran dengan kondisi kelas c.PRAKTIK PEMBELAJARAN TERBIMBING: 1. Mengonsultasikan Perangkat Pembelajaran  Guru Pamong 2. Melakukan Praktik Pembelajaran dibimbing Guru Pamong di kelas 3. Menyimak Supervisi Klinis oleh Guru Pamong/Dosen Pembimbing 4. Merefleksi berdasarkan hasil supervisi klinis

26 d.PRAKTIK PEMBELAJARAN MANDIRI: 1. Mengonsultasikan setiap perangkat pembelajaran untuk mengajar 2. Melakukan praktik mengajar mandiri tanpa didampingi Guru Pamong/DPL 3. Bergantian mengamati teman sejawat yg mengajar 4. Melakukan diskusi refleksi dengan sejawat setelah selesai mengajar 5. Menarik Lesson Learned dari praktik pembelajaran yg diamati 6. Melaporkan perkembangan praktik pembelajaran mandiri kepada GP/DPL e.PENELITIAN TINDAKAN KELAS: 1. Mereview rencana PTK hasil workshop diselaraskan dengan kondisi subyek penelitian 2. Memastikan kesiapan semua perangkat penelitian 3. Melakukan Praktik Mengajar sesuai rencana (sebagai peneliti) 4. Secara bergantian mengamati praktik mengajar teman sejawat (sebagai observer) 5. Melakukan diskusi refleksi bersama observer 6. Menyusun Laporan Penelitian 7. Mengonsultasikan setiap perkembangan pelaksanaan penelitian kepada DPL f.UJIAN PRAKTIK MENGAJAR: 1. Mengonsultasikan perangkat pembelajaran yg akan digunakan untuk mengajar 2. Melaksanakan ujian praktik mengajar berdasarkan perangkat yg telah disiapkan, diamati dan dinilai oleh GP, Guru Penguji Indipenden dan DPL (berdasarkan hasil undian) 3. Melaksanakan ujian praktik mengajar berdasarkan perangkat yg telah disiapkan, diamati dan dinilai oleh GP, Guru Penguji Indipenden dan DPL (berdasarkan pilihan) 4. Mengulang ujian praktik mengajar, jika diperlukan

27

28

29

30

31

32

33


Download ppt "PELAKSANAAN PPG PASCA SM-3T PGSD KSDP FIP UM 1.Tahun 2013  Semi Blok (Satu Semester) 2.Tahun 2014  Blok (Satu Semester)Satu Semester 3.Tahun 2015."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google