Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KEBIJAKAN DAN BANTUAN PEMERINTAH DI BIDANG TRANSPORTASI Oleh : Fatchurrochim Ghany FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TRUNOJOYO.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KEBIJAKAN DAN BANTUAN PEMERINTAH DI BIDANG TRANSPORTASI Oleh : Fatchurrochim Ghany FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TRUNOJOYO."— Transcript presentasi:

1 KEBIJAKAN DAN BANTUAN PEMERINTAH DI BIDANG TRANSPORTASI Oleh : Fatchurrochim Ghany FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TRUNOJOYO

2 Perlunya Campur Tangan dan Bantuan Pemerintah  Pemerintah memandang bahwa bidang transportasi adalah sangat urgen untuk kepentingan negara baik dari sudut perekonomian maupun sosial, politik, pemerintahan, pertahanan keamanan dan sebagainya.  Pemerintah berpendapat bidang transportasi perlu mendapat perhatian dan bantuan, bahkan pada bagian- bagian terpenting perlu diusahakan sendiri oleh pemerintah baik yang bersifat stimulus maupun BUMN.

3 Alasan dan Manfaat Pemberian Subsidi 1. Infant Industry Argument Untuk mempercepat perkembangan dan pertumbuhan industri transportasi, diperlukan subsidi atau bantuan fasilitas dari pemerintah. Alasannya industri yang baru tumbuh selalu mengalami berbagai kesulitan antara lain persaingan dengan industri yang sudah ada dan kesukaran dalam menarik pelanggan. Kelemahannya antara lain : (1) cenderung timbulnya pembangunan industri yang berlebihan, (2) cenderung terjadinya korupsi dan penyalahgunaan wewenang,(3) kemungkinan timbulnya industri yang bermental vested interest.

4 Alasan dan Manfaat Pemberian Subsidi 2. Menstimulir Terciptanya Konkurensi Konkurensi atau persaingan sampai batas-batas tertentu adalah baik dan bermanfaat ditinjau dari segi kepentingan umum. Misalnya konkurensi akan dapat mengakibatkan adanya usaha meningkatkan efisiensi untuk menurunkan tarif angkutan, memperbaiki pelayanan jasa yang diberikan dan sebagainya. Subsidi diberikan untuk menstimulir adanya konkurensi diantara para carriers atau berbagai jenis usaha angkutan. Misalnya subsidi kepada angkutan laut/sungai untuk merangsang persaingan usaha angkutan darat.

5 Alasan dan Manfaat Pemberian Subsidi Keberatan terhadap kebijakan tersebut antara lain (1) kebijakan tersebut adalah mahal dan seringkali tidak efisien, (2) tidak adil untuk memaksakan angkutan darat (misal kereta api) menghadapi persaingan dari perusahaan angkutan lainnya yang tidak dapat menutup ongkosnya sendiri, dan (3) kebijakan dapat mengakibatkan timbulnya penyediaan fasilitas transport yang berlebihan.

6 Keberatan dan Kelemahan Dalam Pemberian Subsidi Meskipun pemberian subsidi mengandung banyak kebaikan bagi perkembangan industri angkutan, tetapi terdapat keberatan dan kelemahan umum sebagai berikut : 1. Subsidi dapat mengakibatkan adanya hubungan persaingan secara tidak fair, karena tidakdidasarkan atas kemampuan atau kekuatan masing-masing secara ekonomis.

7 Keberatan dan Kelemahan Dalam Pemberian Subsidi 2. Subsidi dapat menyebabkan terjadinya pemborosan baik dalam arah investasi modal maupun dalam bentuk jumlah penyediaan fasilitas transport yang berlebihan (pemborosan dan ketimpangan investasi). 3. Subsidi dapat menimbulkan ketidakadilan diantara para pemakai jasa transport dan para pembayar pajak umum yang tidak langsung merasakan manfaatnya (keadilan).

8 Kebijaksanaan subsidi atau bantuan pemerintah sebaiknya diberlakukan sebagai berikut : 1. Pemberhentian (pemutusan) dana yang disalurkan pemerintah untuk pemberian subsidi sewaktu- waktu sudah dianggap atau diperhitungkan layak dan tepat. Atau besarnya jumlah subsidi semakin lama semakin dikurangi sehingga pada kondisi dan waktunya yang tepat subsidi tersebut dihentikan. 2. Memberikan bantuan lebih besar kepada usaha transport yang secara komparatif lebih patut dibantu. Kebijakan Subsidi Secara Umum

9 3. Memperbolehkan jenis usaha angkutan tertentu yang patut diberi subsidi, misalnya angkutan kereta api untuk secara bebas menggunakan pula fasilitas dari bentuk perusahaan angkutan lainnya. 4. Menghapuskan subsidi pemerintah dengan menempatkan semua alat transport sedemikian rupa sehingga memungkinkan untuk berjalan atas dasar self supporting.

10 KUIS Jelaskan faktor-faktor apa yang mempengaruhi penentuan tarif angkutan barang ?. 2. Jelaskan unsur-unsur ketidakpastian yang dapat menimbulkan resiko dalam pengangkutan !. 3. Jelaskan faktor-faktor apa yang mempengaruhi kepadatan dan kecepatan trafik ?.


Download ppt "KEBIJAKAN DAN BANTUAN PEMERINTAH DI BIDANG TRANSPORTASI Oleh : Fatchurrochim Ghany FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TRUNOJOYO."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google