Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tingkat Diskon & Diskon Tunai Pertemuan II. Konsep Diskon Pengertian diskon adalah “Potongan penjualan atau potongan tunai (cash discount) adalah potongan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tingkat Diskon & Diskon Tunai Pertemuan II. Konsep Diskon Pengertian diskon adalah “Potongan penjualan atau potongan tunai (cash discount) adalah potongan."— Transcript presentasi:

1 Tingkat Diskon & Diskon Tunai Pertemuan II

2

3 Konsep Diskon Pengertian diskon adalah “Potongan penjualan atau potongan tunai (cash discount) adalah potongan harga yang diberikan apabila pembayaran dilakukan lebih cepat dari jangka waktu kredit.” Soemarso (2002:162).

4 Diskon sederhana atau diskon bank(D) (Bunga dipotong dimuka) = Nominal akhir (S) – Pokok (P)

5 Perhitungan Tingkat Diskon D = S.d.t P = S – D P = S – ( S. d. t ) P = S ( 1- d. t )

6 Tingkat Diskon Pinjaman jangka pendek menghitung diskon dengan menggunakan nilai yang seharusnya dibayar pada tanggal jatuh tempo dengan menggunakan tingkat diskon (discount rate).

7 Jenis Diskon 1. Diskon Tunai, yaitu penurunan harga bagi pembeli yang segera membayar tagihan. 2. Diskon Kuantitas yaitu penurunan harga bagi orang yang membeli dalam jumlah besar. Biasanya dibagi menjadi : Diskon fungsional, musim dan potongan harga.

8 1.Diskon Fungsional, diskon (juga disebut diskon dagang), ditawarkan produsen kepada anggota-anggota saluran perdagangan jika mereka melakukan fungsi tertentu, seperti menjual, menyimpan, atau melakukan pencatatan. Produsen harus menawarkan diskon fungsional yang sama dalam masing-masing saluran. 2. Diskon Musim, yaitu penurunan harga untuk orang yang membeli barang atau jasa di luar musim. Hotel, motel, dan perusahaan penerbangan menawarkan diskon musim pada masa-masa penjualan yang lambat. 3. Potongan Harga, yaitu pembayaran ekstra yang dirancang untuk memperoleh partisipasi penjual ulang (reseller) dalam program khusus. Potongan harga tukar tambah (trade-in allowance) diberikan kepada orang yang mengembalikan barang lama ketika membeli barang yang baru. Potongan harga promosi (promotional allowances) memberikan kepada penyalur imbalan karena berperan serta dalam program pengiklanan dan dukungan penjualan.

9 Karakteristik  Pinjaman jangka pendek Lebih sering menggunakan tingkat diskon.  Pinjaman jangka menengah – panjang Besarnya tingkat diskon dan tingkat bunga sama sehingga hanya menggunakan satu persamaan untuk mencari nilai sekarang (pendiskontoan).

10 Manipulasi Persamaan Diskon D = S.d. tP = S – D


Download ppt "Tingkat Diskon & Diskon Tunai Pertemuan II. Konsep Diskon Pengertian diskon adalah “Potongan penjualan atau potongan tunai (cash discount) adalah potongan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google