Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kerajaan-kerajaan Islam di Sumatera. Kompetensi Inti KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kerajaan-kerajaan Islam di Sumatera. Kompetensi Inti KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku."— Transcript presentasi:

1 Kerajaan-kerajaan Islam di Sumatera

2 Kompetensi Inti KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3 Kompetensi Inti KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

4 Kompetensi Dasar Menghayati keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agamanya. (1.1) Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya pada zaman pra aksara, Hindu-Buddha dan Islam (2.1) Menganalisis karakteristik kehidupan masyarakat, pemerintahan dan kebudayaan pada masa kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia dan menunjukan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini. Indikator: Menjelaskan perkembangan kerajaan-kerajaan zaman Islam di Indonesia Menganalisis kehidupan sosial ekonomi masyarakat zaman perkembangan Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia Menganalisis perkembangan hasil-hasil kebudayaan zaman Kerajankerajaan Islam Menunjukkan buktibukti kehidupan dan hasil budaya Islam yang masih ada sampai sekarang 4.8. Menyajikan hasil penalaran dalam bentuk tulisan tentang nilai-nilai dan unsur budaya yang berkembang pada masa kerajaan Islam dan masih berkelanjutan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada masa kini. Indikator: Siswa dapat menyajikan hasil penalaran dalam bentuk tulisan tentang nilai-nilai dan unsur budaya yang berkembang pada masa kerajaan Islam dan masih berkelanjutan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada masa kini.

5 Materi Pembelajaran 1. proses lahirnya Kerajaan Samudera Pasai, 2. perkembangan Kerajaan Samudera Pasai, 3. perkembangan Kerajaan Aceh Darussalam, 4. hasil-hasil kebudayaan kerajaan-kerajaan Islam di Sumatra.

6 Kelompok Kecil Silahkan Berhitung 1-4… Siswa bernomor 1 silahkan berkumpul dengan siswa lain yang bernomor sama… demikan juga untuk nomor 2-4.

7 Tugas dalam Kelompok Anggota kelompok I untuk masing-masing kelompok bertanggung jawab untuk mengaji dan merumuskan tentang proses berdirinya Kerajaan Samudra Pasai. Anggota II bertanggung jawab untuk mengaji dan merumuskan perkembangan Kerajaan Samudera Pasai.

8 Tugas dalam Kelompok Anggota kelompok III bertanggung jawab untuk mengaji dan merumuskan tentang perkembangan Kerajaan Aceh Darussalam. Anggota IV bertanggung jawab untuk mengaji dan merumuskan tentang hasil-hasil kebudayaan Kerajaan-kerajaan Islam di Sumatra.

9 Mekanisme Kegiatan Pembelajaran Inti Tiap-tiap peserta didik yang mendapat tugas yang sama kemudian berkumpul untuk saling membantu mengaji dan merumuskan materi yang menjadi tanggung jawabnya. Kumpulan peserta didik yang mendapat tugas yang sama ini kemudian dikenal dengan sebutan kelompok pakar (expert group). Sedang kelompok asli yang beranggotakan empat anak tadi dinamakan home teams. Dengan demikian ada kelompok pakar yang membahas proses kelahiran Kerajaan Samudera Pasai, ada kelompok pakar yang mengaji perkembangan Kerajaan Samudera Pasai, ada kelompok pakar yang mendiskusikan perkembangan Kerajaan Aceh Darussalam, ada kelompok pakar yang membahas hasil-hasil kebudayaan Kerajaan-kerajaan Islam di Sumatra.

10 Mekanisme Kegiatan Pembelajaran Inti Setelah kelompok pakar selesai mendiskusikan dan merumuskan materi yang jadi tugasnya kemudian kembali ke home teams. Kelompok home teams kemudian mendiskusikan hasil kajian yang diperoleh dari kelompok pakar. Dengan demikian di kelompok home teams itu dapat memahami topik pelajaran “KerajaanKerajaan Islam di Sumatra”, terutama Kerajaan Samudera Pasai, Kerajaan Aceh Darussalam dan hasil-hasil kebudayaannya. Bila waktu masih cukup beberapa kelompok home teams dapat ditampilkan untuk presentasi agar memperkaya materi pelajaran yang sedang dikaji. Kegiatan Pembelajaran Inti ini berlangsung selama 60 menit …

11 Penutup Kamu dapat memberikan ulasan/refleksi terhadap materi yang baru didiskusikan. Tuliskan ulasan/refleksi kamu pada microsoft word, minimal 25 kalimat. Font type arrial narrow, font size 11, dan space 1,5. Kerjakan dalam 5 menit… Setelah selesai… Silahkan 1 orang dari masing-masing kelompok untuk membacakan hasil refleksinya di depan kelas… Masing-masing siswa diberikan waktu 2 menit…

12 Tugas Pertemuan Selanjutnya… Buatlah peta Sumatra. Kemudian gambarkan tempat-tempat letak kerajaan-kerajaan Islam di Sumatra pada peta itu. Tambahkan diskripsi singkat tentang kerajaankerajaan itu. Penilaian akan difokuskan kepada ketepatan letak kerajaan-kerajaan Islam pada peta, dan kriteria peta yang baik sesuai yang telah kamu pelajari dalam pelajaran Geografi.


Download ppt "Kerajaan-kerajaan Islam di Sumatera. Kompetensi Inti KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google